Berdasarkan Fungsinya Sumber Daya Perikanan Di Indonesia Terdiri Dari – Sejarah Visi dan Misi Logo dan Makna Jabatan dan Fungsi Struktur Organisasi Profil Menteri Kelautan dan Perikanan Profil Pejabat

Sekretariat Jenderal Direktorat Jenderal Kelautan dan Kelautan Direktorat Jenderal Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Hasil Laut dan Perikanan Direktorat Jenderal Pemantauan Sumber Daya Laut dan Ikan.

Berdasarkan Fungsinya Sumber Daya Perikanan Di Indonesia Terdiri Dari

Inspektorat Jenderal, Badan Konsultasi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Laut dan Perikanan

Fungsi Dan Manfaat Kelembagaan Kelompok Perikanan

Ketika era reformasi dimulai di pusat politik Indonesia, maka terjadilah perubahan-perubahan mendasar dalam kehidupan hampir di seluruh kehidupan berbangsa dan bernegara. seperti pergolakan berbagai krisis yang melanda Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satunya terkait tren perkembangan. Pada masa Orde Baru, orientasi pembangunan masih terpusat pada wilayah daratan.

Sektor kelautan bisa dikatakan hampir tidak tersentuh, padahal kenyataannya sumber daya kelautan dan ikan yang dimiliki Indonesia sangat beragam, baik dari segi spesies maupun potensinya. Sumber daya potensial tersebut terdiri dari sumber daya terbarukan seperti sumber daya perikanan, budi daya perairan, kelautan dan kelautan, energi dan energi non-konvensional, serta sumber daya tidak terbarukan seperti sumber daya minyak dan gas serta berbagai jenis mineral. Selain kedua jenis sumber daya tersebut, terdapat juga berbagai jasa lingkungan laut yang dapat dikembangkan untuk pengembangan kelautan dan perikanan, seperti wisata bahari, industri kelautan, jasa transportasi dan lain sebagainya. Tentunya hal ini berdasarkan Keputusan Presiden Abdurahman Vahid Presiden No. 355/M pada Oktober 1999 26 Oktober 1999 pada kabinet periode 1999-2004. yang bernama Ir. Sarvono Kusumaatmaja Menteri Penelitian Kelautan.

Pengangkatan ini disusul dengan pembentukan Departemen Eksplorasi Kelautan (DEL) yang rincian tugas dan tanggung jawabnya berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 136 Tahun 1999 yang dikeluarkan pada tanggal 10 November 1999 tentang kedudukan, tugas, fungsi, susunan organisasi dan proses operasional. dari Departemen Penggunaan nomenklatur DEL ternyata tidak bertahan lama karena sesuai usulan DPR dan berbagai pihak, terjadi perubahan penunjukan dari Menteri Riset Kelautan menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan dari Presiden. kantor. SK No. 145 Tahun Desember 1999 1. Perubahan ini menyusul perubahan nomenklatur DEL menjadi Departemen Penelitian Kelautan dan Perikanan (DELP) berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 147 Tahun Desember 1999 yang diterbitkan pada tanggal 1 Desember 1999.

Baca Juga  Meloncat Berputar Dari Atas Peti Dilakukan Dengan Sikap Awal

Dalam perkembangan selanjutnya, susunan kabinet pasca Sidang Tahunan MPR 2000 pada tahun 2000 diperbaharui, dan juga dilakukan perubahan nomenklatur DELP pada Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) sesuai dengan Keputusan Presiden. Nomor 165 Tahun 2000 tanggal 23 November 2000 mengeluarkan pernyataan mengenai kedudukan, tugas, fungsi, wewenang, peraturan dan tugas beracara.

Pdf) Jurnal Sumberdaya Kelautan Dan Perikanan, Vol. 2, No. 2, Edisi Maret 2017.pdf

Nanti ke Kementerian Kelautan dan Perikanan sesuai Keputusan Presiden No. 47 Tahun 2009 untuk membentuk dan menyelenggarakan kementerian umum, Nomenklatur Departemen Kelautan dan Perikanan menjadi Kementerian Kelautan dan Perikanan, sedangkan struktur organisasi Kementerian Kelautan dan Perikanan tidak mengalami perubahan.

Sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 165 Tahun 2000, pada bulan November 2000 dilakukan perubahan Peraturan DKP. Pada akhir tahun 2000, dikeluarkan Keputusan Presiden Nomor 177 Tahun 2000 tentang Susunan dan Tugas Departemen tempat terbentuknya organisasi DKP yang baru;

Menurut Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Kementerian Negara Republik Indonesia sebagaimana telah diubah terakhir dengan Keputusan Presiden Nomor 94 Tahun 2006, struktur organisasinya adalah:

Pembentukan Kementerian Kelautan dan Perikanan pada hakikatnya merupakan sebuah tantangan, namun juga merupakan peluang bagi pengembangan sektor kelautan dan perikanan Indonesia. Artinya, ia menempatkan sektor kelautan dan perikanan sebagai salah satu sektor utama yang mampu mengeluarkan bangsa Indonesia dari krisis ekonomi yang mendalam. Setidaknya ada beberapa alasan utama yang mendasari hal ini.

Kkp Accelerate Edisi 03

Pertama, Indonesia sebagai negara kepulauan dengan 17.508 pulau dan panjang garis pantai 81.000 km, tidak hanya merupakan wilayah kepulauan terbesar di dunia, namun juga memiliki banyak sumber daya alam kelautan yang belum dimanfaatkan dengan baik.

Kedua, selama beberapa dekade, orientasi pembangunan negara menjadi lebih berbasis lahan, sehingga mengakibatkan menipisnya sumber daya lahan. Oleh karena itu, wajar jika stok laut dan ikan akan meningkat di masa depan.

Ketiga, terkait peningkatan apresiasi masyarakat dan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya perikanan dan hasil kelautan bagi kesehatan dan kecerdasan manusia, diyakini bahwa perikanan dan hasil kelautan ke depan masih bisa ditingkatkan. Keempat, wilayah pesisir dan laut yang dinamis tidak hanya mempunyai potensi sumber daya, namun juga berpotensi untuk mengembangkan berbagai kegiatan pembangunan ekstraktif, seperti energi, permukiman, konservasi dan lain sebagainya.

Baca Juga  Salah Satu Contoh Karangan Fiksi Adalah

Perubahan Nomenklatur Departemen pada Kementerian : Dengan Keputusan Dekrit. TIDAK. 47 Tahun 2009 untuk membentuk dan menyelenggarakan kementerian umum, nomenklatur Departemen Kelautan dan Perikanan menjadi Kementerian Kelautan dan Perikanan, sedangkan struktur organisasi Kementerian Kelautan dan Perikanan tidak mengalami perubahan. . Artikel geografi akan membahas tentang hakikat sumber daya alam, potensi dan sebarannya. Simak penjelasannya sampai habis ya! –

Pertemuan Ke Tiga Potensi Sda Dan Kemaritiman

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita tidak pernah lepas dari sumber daya alam yang dapat memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Misalnya: apakah mustahil manusia hidup tanpa makanan dan air? Namun makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari berasal dari alam. Oleh karena itu bahan-bahan ini disebut sumber daya alam.

Namun apa yang dimaksud dengan sumber daya alam? Lalu apa saja contoh benda yang tergolong sumber daya alam?

Sumber daya alam adalah kekayaan alam yang terdapat di muka bumi dan dapat dimanfaatkan oleh manusia. Oleh karena itu, segala macam benda atau bahan yang berasal dari alam dan dapat kita manfaatkan untuk kehidupan disebut sumber daya alam. Tahukah Anda bahwa sumber daya alam ini menyatu dengan cara yang berbeda-beda! Jenis-jenis sumber daya alam dapat dibedakan menurut bentukannya, bahannya dan letaknya. Untuk informasi lebih lanjut tentang ini, silakan!

Ini adalah kemampuan alami yang terdapat pada benda mati. Contohnya adalah kepentingan tanah, angin, air, dan pertambangan.

Fri Vol Xvi/12 2021 By Foodreview Indonesia

Merupakan sumber daya alam yang berupa benda atau bahan yang dapat diperoleh dari dalam bumi. Contohnya termasuk kayu dan tanah.

Ini adalah sumber daya alam yang terdiri dari benda atau bahan yang dapat ditemukan di air. Contohnya adalah air dan ikan.

Indonesia merupakan negara yang dikatakan memiliki potensi energi alam yang besar, karena Indonesia merupakan negara maritim yaitu negara yang dikelilingi oleh lautan atau perairan yang sangat luas. Selain itu, Indonesia juga merupakan negara tropis sehingga mudah untuk menanam berbagai tanaman.

Nah, potensi yang dimiliki Indonesia terdiri dari sumber daya alam yang bermacam-macam lho! Apa saja jenis sumber daya alam yang ada di Indonesia? Yuk jelaskan berikut ini!

Pdf) Penerapan Prinsip Good Governance Dalam Peraturan Pengelolaan Perikanan Yang Berkelanjutan Di Indonesia

Hutan merupakan ekosistem terestrial yang menyediakan oksigen, kayu dan tempat berlindung bagi berbagai flora dan fauna. Hutan dapat dibagi menurut iklim, topografi dan jenis tanah menjadi hutan hujan tropis, hutan monsun, hutan Diana, dan hutan bakau.

Tanah merupakan media yang menjadi tempat tumbuhnya berbagai tumbuhan dan menjadi landasan segala kehidupan di bumi. Tanah yang subur merupakan sumber daya alam yang kelestariannya harus dijaga.

Baca Juga  Tujuan Awal Mempelajari Beladiri Pencak Silat Adalah

Tahukah Anda bahwa hampir 71% permukaan bumi ditutupi oleh air? Oleh karena itu, air merupakan sumber daya alam terpenting dan istimewa bagi kehidupan di bumi. Air juga merupakan sumber tenaga dan kekuatan di bumi.

Endapannya berbentuk cair. Banyaknya air hujan yang turun disetiap daerah dalam jangka waktu tertentu disebut curah hujan.

Juknis Bidang Kelautan Dan Perikanan

Ini adalah tempat di mana air mengalir dari darat ke laut. Sungai dimulai dari tempat yang tinggi sampai ke tempat yang rendah (sungai).

Itu adalah kolam berisi air, baik alami maupun buatan. Air danau dapat timbul dari mata air, air hujan, sungai dan akuifer.

Bahan tambang juga merupakan sumber daya alam yang potensial lho! Dikatakan ampuh karena banyak bahan yang bisa didapat dari logam. Sayangnya, sebagian besar jenis bahan tambang bukanlah sumber daya alam terbarukan. Bahan apa yang dapat digunakan untuk memproduksi logam? Diantaranya adalah;

Minyak bumi termasuk dalam kategori sumber daya alam yang tidak terbarukan. Minyak terbentuk dari sedimentasi mikroplankton yang terdapat di danau, rawa, teluk atau laut dangkal. Daerah penghasil minyak bumi Indonesia antara lain Aceh, Riau, Sumatera Selatan, Bawang Merah, Cilacap, Majalengka, Balikpapan, Maluku, Sorong dan Delta Mahakam (Kalimantan Timur).

Letak Geografis & Astronomis Indonesia Serta Pengaruhnya Bagi Indonesia

Gas alam merupakan hasil pertambangan yang pembentukannya sama dengan minyak bumi, hanya saja berupa gas. Gas alam juga dapat diubah menjadi bentuk cair yaitu liquefied natural gas (LNG). Daerah penghasil gas alam Indonesia antara lain Arun (Nangroe Aceh Darussalam), Bontang (Kalimantan), Tangguh (Papua) dan Pulau Natuna.

Kalsium merupakan salah satu bahan bakar fosil yang termasuk dalam kategori tidak terbarukan. Kalkulus terbentuk dari tumbuhan yang membusuk dan mengendap di lapisan tanah selama jutaan tahun. Daerah penghasil batubara: Savahlunto (Sumatera Barat), Tanjung Enim (Sumatera Selatan), Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Samarinda (Kalimantan Timur), Pulau Sebuku (Kalimantan Selatan), Makassar dan Papua.

Penangkapan ikan di Indonesia dapat dibedakan menjadi perikanan dan akuakultur. Penangkapan ikan adalah kegiatan menangkap ikan di habitat aslinya, seperti danau, sungai, dan laut. Sedangkan budidaya perikanan adalah usaha penangkapan ikan pada suatu lokasi tertentu, yang kemudian dapat ditangkap.

Hutan mangrove adalah hutan yang terdapat di rawa-rawa atau daerah pesisir pantai. Wilayah pesisir dipengaruhi oleh air pasang. Selain itu, hutan mangrove mempunyai banyak manfaat seperti mencegah erosi, memberikan perlindungan bagi hewan dan ikan, peluang pariwisata dan produksi kayu.

Optimalisasi Potensi Sumber Daya Laut Di Indonesia

Terumbu karang merupakan kumpulan karang yang menjadi rumah bagi banyak biota laut kecil. Sejenis binatang yang disebut karang

Sumber daya alam berdasarkan sifatnya, potensi sumber daya perikanan indonesia, sumber daya alam berdasarkan jenisnya, sumber daya alam hayati terdiri dari, potensi sumber daya perikanan, sumber daya perikanan, s2 manajemen sumber daya manusia di indonesia, sumber daya di indonesia, sumber daya perikanan di indonesia, sumber daya alam berdasarkan habitatnya, pemanfaatan sumber daya perikanan, manajemen sumber daya perikanan