Bentuk Pemerintahan Myanmar – Myanmar merupakan negara di kawasan Asia Tenggara dan menjadi anggota ASEAN pada tanggal 23 Juli 1997. Bagaimana sistem pemerintahan Myanmar?

Secara historis, Myanmar memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1948. pada tanggal 4 Januari. Kemudian empat belas tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1962, militer Myanmar menggulingkan pemerintahan sipil dan mengangkat rezim otoriter.

Bentuk Pemerintahan Myanmar

Lalu bagaimana sistem pemerintahan Myanmar? Berikut penjelasan sistem pemerintahan Myanmar beserta ibu kota dan letak geografisnya, dikutip dari jurnal Democracy in Suspense karya Yayasan Obor Indonesia.

Negara Bagian Rakhine

Namun, sepanjang sejarah politiknya, Myanmar memiliki beberapa sistem pemerintahan lain yang muncul akibat kudeta, faksi, dan perbedaan regional.

Buku “Democracy on Hold” juga menjelaskan bahwa sistem pemerintahan Myanmar berada di bawah Junta Militer dengan dua kendali yaitu Dewan Perdamaian dan Pembangunan Negara (SPDC) yang dipimpin oleh Jenderal Senior Tan Shwe dan Perdana Menteri ditunjuk sebagai Letnan Jenderal. (Letnan Jenderal) Jadi Menang.

Meski Myanmar memiliki perdana menteri, seluruh kehidupan bernegara praktis berada di bawah kendali Tan Shwe.

Dengan sistem pemerintahan seperti itu, tidak serta merta akan ada kekuatan oposisi yang berbentuk kekuatan pemerintahan seperti Junta Militer.

Perbandingan Sistem Pemerintahan Negara Myanmar Dengan Malaysia Dalam Teori Pengambilan Keputusan

Bahkan pada Februari 2021, junta militer resmi berkuasa di Myanmar setelah angkatan bersenjata Tatmadaw menangkap pemimpin de facto Aung San Suu Kyi dalam kudeta.

Baca Juga  Jelaskan Makna Tindakan Kuratif Dalam Prinsip Nasionalisme Di Indonesia

Angkatan bersenjata Tatmadaw juga telah menahan sejumlah pejabat pemerintah sipil lainnya, seperti Presiden Myanmar Win Myint dan sejumlah tokoh senior dari partai yang berkuasa, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD).

Saat ini kekuasaan di Myanmar dipegang oleh Panglima Min Aung Hlaing. Ia adalah sosok yang memiliki pengaruh politik yang cukup besar dan mampu mempertahankan kekuasaan Tatmadaw (militer Myanmar) bahkan ketika negara tersebut sedang dalam masa transisi menuju demokrasi.

Myanmar dulu dikenal dengan nama Burma dengan Yangon (Rangoon) sebagai ibu kotanya, namun kemudian ibu kota Myanmar dipindahkan ke Pyinmana.

Statement From Milk Tea Alliance Indonesia: Myanmar Junta Terrorists Beyond Condemnation

Jumlah penduduk berdasarkan perhitungan tahun 2004 adalah 54 juta jiwa. Penduduk ini terdiri dari sejumlah suku bangsa yang berbeda-beda, baik secara bahasa, agama, maupun mobilitas sosialnya.

Kelompok etnis yang dominan adalah Bamar, dengan bahasa Burma sebagai bahasa sehari-hari. Kelompok etnis lainnya termasuk:

Hanya Chin dan Kain yang beragama Kristen, sedangkan etnis Rohingya beragama Islam, dan hanya sebagian kecil yang beragama Hindu atau animisme.

Letak geografis Myanmar cukup strategis, dimana wilayahnya berbatasan langsung dengan 5 negara tetangga: Tiongkok di utara, Laos di timur, Thailand di tenggara, Bangladesh di barat, dan India di barat laut.

Junta Myanmar Mainkan Isu China

Dari segi luas daratan, Myanmar memiliki luas 678.500 km², dimana hanya 3,06% yang tertutup air (wilayah pesisir selatan menghadap Laut Andaman dan barat daya berbatasan dengan Teluk Benggala).

Kepala pemerintahan negara myanmar, bentuk pemerintahan brunei darussalam, pemerintahan negara myanmar, kepala pemerintahan negara myanmar adalah, bentuk pemerintahan denmark, bentuk pemerintahan negara myanmar, myanmar pemerintahan, kepala pemerintahan myanmar, bentuk pemerintahan, kepala pemerintahan myanmar adalah, bentuk pemerintahan negara qatar, bentuk pemerintahan orde baru

Baca Juga  Di Antara Pernyataan Berikut Yang Bukan Ciri Pembuluh Arteri Adalah