Batas Benua Afrika – Geografi benua Afrika – Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia. Benua Afrika mempunyai luas 30,365 juta kilometer persegi, yaitu sekitar 8 ribu kilometer dari utara ke selatan, dan 7.400 kilometer dari timur ke barat.

Benua Afrika terletak pada 37°LU – 34°LS dan 17°BB – 51°BT. Secara geografis, benua Afrika terletak di antara Samudera Atlantik dan Samudera Hindia. Benua Afrika terletak di sebelah selatan benua Eropa.

Batas Benua Afrika

Titik paling utara di benua Afrika adalah Al-Ghiran, Tunisia, dan titik paling selatan adalah Tanjung Agulhas, Afrika Selatan. Titik paling timur berada di Xaafuun (Hafun) Point, dekat Cape Gwardafuy, Somalia. Dan titik paling barat adalah titik Almadi, Tanjung Verde, Senegal.

Solution: D Benua Afrika 1

Benua Afrika mempunyai luas hingga 30,365 juta km persegi menjadikan negara ini sebagai benua terbesar kedua di dunia setelah Asia. Jaraknya 8.000 km dari utara ke selatan dan 7.400 km dari timur ke barat.

Titik paling utara benua Afrika terletak di Al-Ghiran, Tunisia, dan titik paling selatan adalah Tanjung Agulhas, Afrika Selatan. Selain itu, titik paling timur berada di Xaafuun (Hafun) Point yang berada di dekat Tanjung Gwardafuy (Guardafui), Somalia. Kini titik paling barat adalah Almadi Point, Cape Verde, Senegal.

Dahulu, pada masa imperialisme Eropa, benua Afrika disebut Benua Hitam. Nama ini diberikan bukan karena warna kulit penduduknya, melainkan karena Afrika dianggap sangat misterius dan penuh misteri. Saat itu belum banyak orang yang menjelajahi benua Afrika dan belum banyak yang terdokumentasi.

Selain itu, benua Afrika menyandang predikat “Benua Ibu”. Menurut National Geographic, Afrika merupakan negara dengan penduduk tertua di dunia. Manusia dan nenek moyangnya hidup di Afrika lebih dari 5 juta tahun yang lalu.

Benua Afrika Merupakan Salah Satu Benua Yang Dilal

Menurut Encyclopedia Britannica, konon pada zaman dahulu negara ini disebut Libya oleh orang Yunani dan disebut Afrika oleh orang Romawi. Nama-nama ini diyakini berasal dari bahasa Latin, yaitu

Baca Juga  Surah Ar-rahman Ayat 26-27 Menerangkan Tentang Asmaul Husna

Berdasarkan letak geografis benua Afrika, negara ini dapat dibagi menjadi 4 zona iklim, yaitu:

Benua Afrika mempunyai zona tropis di sekitar garis khatulistiwa, yang membagi benua Afrika menjadi dua di bagian tengahnya. Negara ini mencakup Guinea-Kongolia dan Madagaskar. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa, wilayah ini menerima curah hujan sekitar 1.000 hingga 2.000 milimeter per tahun. Inilah sebabnya mengapa kawasan ini ditumbuhi banyak tanaman dan menciptakan hutan hujan serta hutan gugur yang lembab.

Wilayah Afrika yang beriklim subtropis merupakan tempat yang jauh dari garis khatulistiwa. Negara ini dipenuhi dengan sabana, salah satu yang paling terkenal adalah kawasan Serengeti.

Letak Geografis Benua Australia, Kondisi Iklim, Dan Alamnya

Luasnya daratan Afrika membuat negara ini mempunyai banyak perbukitan. Meningkatnya penggurunan dapat dilihat di utara, selatan dan barat daya. Dikutip dari Safaris Africana, gurun diartikan sebagai wilayah yang kering dan menerima curah hujan kurang dari 12 inci per tahun. Afrika memiliki gurun terpanas di dunia yaitu Gurun Sahara yang membentang hingga 9,4 juta kilometer atau setara dengan Amerika Serikat.

Bagian paling utara Afrika merupakan jenis laut Mediterania, yang meliputi sekitar Pegunungan Atlas, Laut Mediterania dan sebagian kecil Afrika Barat Daya. Wilayah ini kering di musim panas dan memiliki angin dingin serta suhu rendah di musim dingin.

Afrika juga mempunyai iklim pegunungan, khususnya di dataran tinggi Ethiopia. Terletak di timur laut Afrika. Menurut National Geographic, 80 persen gunung tertinggi di Afrika berada di dataran tinggi Ethiopia. Di dataran tinggi terdapat beberapa spesies hewan seperti Walia ibex dan serigala Ethiopia yang terancam punah.

Afrika dan Eropa dipisahkan oleh Selat Gibraltar, Laut Mediterania, dan Laut Merah. Benua Afrika terhubung dengan benua Asia di bagian timur lautnya melalui Terusan Suez yang lebarnya 130 km.

Benua Afrika, Batas Wilayah Dan Daftar Negara Kunci Jawaban Ips Kelas 9, Aktivitas Kelompok Halaman 5 2022

Benua Afrika dilintasi oleh beberapa sungai besar. Salah satu sungai yang mengalir melalui Afrika adalah Sungai Nil yang panjangnya mencapai 6.400 km. Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia dan mengalir antara negara Sudan dan Mesir. Selain itu, Afrika dilintasi sungai Zambesi, Kongo, Niger, dan Orange. Danau-danau yang ada di benua Afrika adalah Danau Victoria, Tanganyika, Chad dan Nasser.

Baca Juga  Contoh Krama Alus

Benua Afrika sangat luas dan meliputi sekitar seperlima permukaan daratan dunia. Bentang alam ini terdiri dari pegunungan dan barisan pegunungan. Terdapat pegunungan terlipat di bagian utara benua Afrika yaitu Pegunungan Atlas.

Pegunungan yang ada di Afrika adalah Gunung Kilimanjaro (5.890 m) di Tanzania, Gunung Margherita (5.109 m) di Kongo, Gunung Ras Dashen (4.629 m) di Etiopia, Gunung Kamerun (4.070 m) di Kamerun, Gunung Emi Koussi (3.415 m) di Chad, dan Gunung Kinyeti (3.187 m) di Sudan.

Letak astronomis benua Afrika dipengaruhi oleh iklim dan kondisi alam sebaran bunga dan hewan di benua Afrika. Oleh karena itu, flora di benua Afrika merupakan campuran tumbuhan hujan, misalnya berbagai jenis lumut, pakis, perdu, dan tumbuhan berdaun keras yang ada di Afrika Tengah dan Afrika Barat. Di wilayah utara, tumbuhan yang bertahan adalah rerumputan, pepohonan, dan tumbuhan berakar lunak. Begitu pula di bagian selatan terdapat tumbuhan hidup seperti rerumputan, pepohonan, dan tumbuhan lunak.

Daftar Negara Di Benua Afrika Beserta Ibu Kota Dan Luas Wilayahnya

Fauna di wilayah Afrika Utara merupakan campuran dari spesies khas Eurasia, sedangkan di wilayah tengah dan selatan terdapat spesies yang berukuran besar dan kuat seperti singa, gajah, zebra, gorila, hyena, burung unta dan lain-lain.

Benua Afrika terbagi menjadi lima wilayah yaitu Afrika Utara, Afrika Barat, Afrika Tengah, Afrika Timur, dan Afrika Selatan. Menurut data PBB tahun 2018, benua Afrika dihuni oleh sekitar 1,3 miliar jiwa dengan rata-rata 36 jiwa per km persegi.

Selain itu, di Afrika Utara Kepulauan Canary merupakan wilayah Spanyol. Spanyol mencakup kota-kota independen Melilla dan Ceuta. Saat ini Portugal memiliki Pulau Madeira di kawasan tersebut.

Ada pula Republik Demokratik Arab Sahrawi yang mengklaim wilayahnya sebagai seluruh wilayah Sahara Barat, bekas jajahan Spanyol. Negara ini dideklarasikan pada tanggal 22 Februari 1976 di Bir Lehlu oleh Frente Popular de Liberacion de Saguia el Hamra y Rio de Oro atau Front Polisario.

Karakteristik Benua Afrika Halaman All

Selain itu ada juga Somaliland dengan ibu kota Hargeisa. Kelompok ini tidak diakui sebagai negara oleh PBB.

Kawasan Afrika Barat memiliki organisasi regional yang disebut Komunitas Ekonomi Negara-negara Afrika Barat (ECOWAS). Organisasi ini didirikan pada tahun 1975 berdasarkan Konvensi Lagos.

Perlu diketahui bahwa negara Afrika Selatan memiliki tiga ibu kota. Pretoria adalah ibu kota eksekutif, Bloemfontein untuk lembaga peradilan, dan Cape Town untuk badan legislatif.

Baca Juga  Berikut Alat Yang Digunakan Dalam Senam Irama Kecuali

Demikianlah gambaran bentang alam astronomi benua Afrika beserta pemandangannya. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang lebih baik mengenai letak astronomis benua Afrika.

Letak Astronomis Benua Afrika Dengan Iklim Geografis Negara Negaranya

EPerpus merupakan layanan perpustakaan digital baru yang mengambil pendekatan B2B. Kami di sini untuk memudahkan pengelolaan perpustakaan digital Anda. Pelanggan perpustakaan B2B kami meliputi sekolah, universitas, organisasi, dan tempat ibadah.”

Menulis artikel menjadi salah satu hal yang membuat saya tertarik melihat berbagai hal dan informasi baru yang terjadi saat ini. Saya suka tema olah raga dan wisata Kontributor: Rizal Amril Yahya, – 16 Agustus 2021 22:05 WIB | Diperbarui 20 Januari 2022 15:48 WIB

Kondisi alam negara Afrika dibandingkan dengan negara lain di dunia. Benua Afrika diperkirakan berumur 3,8 miliar tahun.

Afrika adalah salah satu dari enam benua di dunia. Benua Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia setelah benua Asia.

Batas Wilayah Benua Asia Beserta Kawasannya

Secara geografis benua Afrika terbagi menjadi lima wilayah yaitu Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan.

Lebih dari 800 juta orang tinggal di benua Afrika. Jumlah ini setara dengan sepertujuh penduduk dunia.

Menurut ahli paleoantropologi, Afrika merupakan tempat kelahiran manusia modern (homo sapien). Ian Tattersall aktif

Letak dan Sebaran Benua Afrika Garis lintang benua Afrika berada antara 35°S – 38°LU dan 17°BT – 57°BT. Kini, secara geografis, Afrika terletak di selatan Eropa dan Asia.

Penakluk Afrika Penguasa Maroko

Benua Afrika terbagi menjadi lima wilayah berbeda, yaitu Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan. Berikut daftar 54 negara di negara-negara tersebut menurut Worldometers.

Nigeria; Ghana; Pantai Gading; Nigeria; Burkina Faso; Mali; Senegal; Guinea; Benin; Untuk pergi; Sierra Leone; Liberia; Mauritania; Gambia; Guinea-Bissau; Tanjung Verde.

Etiopia; Tanzania; Kenya; Uganda; Mozambik; Madagaskar; Malawi; Zambia; Somalia; Mauritius; Rwanda; Zimbabwe; Burundi; Sudan Selatan; Eritrea; Jibuti; Komoro; Seychelles.

Republik Demokrasi Kongo; Republik Kongo; Republik Afrika Tengah; Angola; Kamerun; Gabon; anak; Guinea Khatulistiwa (Guinea Khatulistiwa); Sao Tome dan Principe.

Karakteristik, Letak Astronomis Dan Geografis, Luas, Batas Batas, Keadaan Bentang Alam, Iklim, Dan Penduduk Di Benua Antartika

Kondisi alam negara Afrika dan ciri-cirinya Dari segi umur dan kondisi internasional, negara Afrika lebih beragam dibandingkan negara lain di dunia. Benua Afrika secara geologis diperkirakan berumur 3,8 miliar tahun.

Benua Afrika bagian utara dan barat dikenal oleh banyak negara dataran rendah. Saat ini Afrika bagian selatan dan timur didominasi oleh dataran tinggi.

Dataran tinggi di selatan dan timur benua Afrika berada dekat dengan pantai. Ini adalah bagian selatan dan timur benua Afrika

Batas benua, sebutkan batas batas benua afrika, benua afrika, bendera negara benua afrika, foto peta benua afrika, batas benua afrika sebelah utara, batas benua asia dan afrika, batas batas benua afrika, batas alam benua asia dan afrika, batas wilayah benua afrika, peta benua afrika lengkap, batas utara benua afrika