Bahasa Yang Digunakan Ketika Mendongeng Harus – Mendengar cerita yang sama memungkinkan mereka memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya, dan menciptakan rasa aman dan terstruktur.

Membacakan dongeng atau cerita kepada anak-anak mungkin belum populer saat ini dan semakin jarang dilakukan. Pesatnya perkembangan teknologi informasi nampaknya membuat kegiatan ini semakin terpinggirkan, tergantikan oleh sejumlah pilihan informasi atau hiburan digital yang lebih menarik dan cepat.

Bahasa Yang Digunakan Ketika Mendongeng Harus

Meski kegiatan yang terkesan sederhana ini ternyata memiliki banyak manfaat, terutama bagi tumbuh kembang anak. Para ahli dari Pusat Pengembangan, Pengajaran dan Pembelajaran Anak Usia Dini menjelaskan bahwa membacakan dongeng kepada anak meningkatkan jumlah dan variasi kata yang mereka gunakan.

Sejarah Hari Dongeng Sedunia

Hal ini didukung oleh penelitian yang menemukan bahwa orang tua yang membacakan dongeng kepada anak sejak lahir hingga usia 5 tahun, terpapar 1,4 juta kata lebih banyak dibandingkan anak yang tidak terpapar aktivitas serupa. Paparan ini berdampak langsung pada kemampuan berbahasa anak di masa depan.

Namun bukan hanya kekayaan kosa kata yang pada akhirnya akan diperoleh si kecil. Pendidik kesejahteraan keluarga bilingual Cornell Cooperative Extension Dinah Castro mengatakan ketika anak-anak mendengarkan dongeng, mereka juga mengembangkan fokus dan pengendalian diri.

“Anak-anak yang mendengarkan lebih cenderung duduk diam, mengembangkan lebih banyak perhatian, dan juga menggunakan kemampuan ingatannya,” katanya.

Termasuk juga pertanyaan bagaimana kreativitas anak dimunculkan melalui membacakan dongeng. Cerita dapat membuka dunia baru bagi anak, misalnya cerita tentang dinosaurus, serangga atau pesawat terbang, atau dongeng yang penuh dengan kue dan buah. Semua ini menyebabkan imajinasi dan kreativitas mengembangkan minat dan gagasan.

Suara Hingga Gestur, Hal Penting Dalam Mendongeng

Pada saat yang sama, membacakan dongeng kepada anak-anak dapat membantu mereka dalam pelajaran hidup serta perkembangan sosial dan emosional.

“Membaca cerita tentang situasi yang berpotensi emosional seperti memulai sekolah baru dapat menunjukkan kepada anak-anak bahwa perasaan mereka adalah hal yang normal dan membantu mereka untuk tidak merasa sendirian ketika menghadapi sesuatu yang baru dan tidak nyaman,” jelas Castro.

Berkaca dari berbagai pengaruh tersebut, lalu kapan waktu terbaik untuk bercerita kepada anak? Lucia Peppy Novianti, S.Psi., M.Psi., psikolog mengatakan, kegiatan membacakan dongeng kepada anak bisa dimulai sejak usia muda meski masih bayi.

Baca Juga  Bagaimana Cara Melakukan

American Academy of Pediatrics juga merekomendasikan hal serupa. Sekalipun mereka tidak bisa memegang buku atau tidak mengetahui huruf-huruf alfabet, tidak ada kata terlalu dini untuk memulai kegiatan ini.

Mendongeng Jadi Sarana Edukasi Dan Melatih Meningkatkan Imajinasi

Meskipun anak baru mungkin belum memahami apa yang Anda baca, mereka akan mengenali nada dan ritmenya. Suara orang tua juga akan menenangkan mereka, jelas Danielle Roberts, MD, dokter anak di Muskingum Valley Health Center, Ohio.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, membaca dongeng juga harus dilakukan secara rutin. Heather Turner, M.Ed., seorang instruktur membaca bersertifikat dalam ilmu membaca, menyarankan untuk menyisihkan waktu setiap hari, seperti sebelum tidur, setelah mandi atau waktu tenang lainnya, untuk membaca sebuah cerita.

“Jika Anda membacakan cerita untuk anak Anda, buatlah cerita yang singkat, sekitar 5-10 menit, selama mereka tertarik,” kata Turner.

Dengan adanya rutinitas yang terjalin ini, orang tua akan lebih mudah mengenalkan nilai-nilai yang ingin diajarkannya, termasuk ketika ada pengalaman anak yang ingin mereka diskusikan atau perilaku anak yang harus mereka perbaiki.

Dongeng Si Kancil Terbaik Sepanjang Masa Penuh Nasihat

“Membiasakan acara cerita secara rutin setiap hari juga dapat membantu mendekatkan dan menyelaraskan komunikasi antara orang tua dan anak,” kata Peppy.

Terkait pemilihan dongeng yang cocok untuk anak, Peppy mengatakan tidak ada kriteria atau tema khusus dongeng yang boleh diceritakan kepada anak. Sebenarnya yang perlu dipahami adalah orang tua harus bisa melihat bahwa proses mendongeng dan bercerita kepada anak merupakan salah satu cara mengkomunikasikan dan mengajarkan sesuatu, baik pengetahuan maupun keterampilan. Jadi, ketika orang tua misalnya ingin mengajarkan anaknya tentang nilai penderitaan, mereka bisa memilih dongeng dengan tokoh yang menunjukkan penderitaan itu.

Pemilihan dongeng hanya dilakukan dalam konteks pemilihan bahasa atau cerita yang sesuai dengan usia anak. Semakin dini usia anak, disarankan untuk menyederhanakan konteks dan gambar serta menggunakan gambar yang dekat dengan kehidupan anak sehari-hari. Sementara itu, dongeng dengan alur cerita yang kompleks lebih cocok untuk anak-anak yang, misalnya, mulai memasuki sekolah dasar.

Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Psychology menemukan bahwa anak-anak lebih menyukai cerita yang lebih banyak mengandung informasi kausal (menjelaskan sebab dan akibat).

Jsit Jateng Gelar Pelatihan Mendongeng Bagi Guru Paud

Anak-anak mempunyai keinginan yang besar untuk memahami mekanisme dunia di sekitar mereka dan sering kali membombardir orang tua mereka dengan pertanyaan tentang bagaimana dan mengapa segala sesuatunya berjalan.

“Para peneliti telah lama menyadari keinginan anak-anak terhadap informasi sebab akibat. Namun, sebelumnya belum ada yang menghubungkan fenomena tersebut dengan aktivitas dunia nyata seperti membaca atau belajar,” jelas peneliti studi Margaret Shavlik dari Vanderbilt University, Tennessee.

Baca Juga  Pengertian Hak Dan Kewajiban Warga Negara Menurut Para Ahli

Dalam penelitian ini, peneliti melibatkan 48 anak berusia antara 3-4 tahun dari Austin, Texas serta relawan dewasa sebagai pembaca dongeng. Setelah membaca dongeng, anak-anak yang terlibat dalam penelitian kemudian ditanyai pilihan cerita mereka.

“Kami membacakan dua buku untuk anak-anak. Yang pertama kaya akan informasi biasa, dalam hal ini tentang mengapa hewan berperilaku dan berpenampilan seperti itu. Buku kedua berisi cerita kausal yang sangat kecil yang menggambarkan karakteristik dan perilaku hewan,” kata Shavlik.

Jadilah Lokal Seutuhnya Untuk Mengglobal

Anak-anak tertarik dan antusias dengan kedua cerita tersebut. Namun ketika ditanya mana yang mereka sukai, mereka cenderung memilih cerita yang mengandung informasi sebab akibat.

Hal ini mengarahkan para peneliti untuk menyimpulkan bahwa anak-anak memiliki keinginan bawaan untuk belajar tentang bagaimana dunia bekerja. Dan mengetahui jenis-jenis buku yang disukai anak dapat membantu orang tua memilih buku-buku menarik yang dapat meningkatkan minat serta mendorong anak untuk membangun kemampuan literasi dan bahasa sejak dini.

Namun, seringkali anak-anak ingin membaca dongeng yang sama dalam waktu yang lama. Selain membosankan bagi pembaca, apakah cerita yang sama memiliki manfaat yang sama? Mengapa si kecil senang dengan cerita yang sama?

Anak tertarik untuk menceritakan kembali karena merasa mengetahui cerita tersebut dan juga memiliki unsur yang menarik. Latihan teratur membantu si kecil memahami dunia, dan membuat mereka merasa aman mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya. “Anak-anak merasa terdorong untuk mengulangi tindakan atau aktivitas tertentu berulang kali,” kata Pamela Green, pendidik dan konsultan Montessori serta pemilik Ananda Montessori. “Anak-anak suka mengulang laporan sampai selesai, dan kemudian melanjutkan ke penemuan baru mereka.” Pengulangan juga merupakan cara anak Anda mengingatkannya akan apa yang ia ketahui. Dia menikmati kegembiraan karena melakukan hal yang benar setiap saat. Dengan mendengarkan ceritanya berulang kali, mereka dapat memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya, sehingga menciptakan rasa aman dan terstruktur.

Rekomendasi Buku Dongeng Terbaik (terbaru Tahun 2023)

Selain memilih buku yang cocok untuk anak, orang tua juga harus turut serta agar anak semangat membaca dongeng.

Diane Ferlatte, seorang pendongeng yang telah berpartisipasi dalam festival dongeng di lima benua dan menerima nominasi Grammy dalam kategori “Buku Kata Terbaik untuk Anak-Anak”, mengatakan bahwa penting untuk berhenti saat Anda bercerita. Hal ini membuat anak-anak penasaran dan membuat mereka tetap memperhatikan.

“Saat Anda bercerita, suara juga sangat penting. Anda bisa mengubah ritme, nada, suara, dan mempercepat atau memperlambatnya,” jelas Ferlatte.

Baca Juga  Sumber Daya Alam Vietnam

Berikutnya, jangan hanya fokus pada bukunya saja, tapi gunakan seluruh tubuh dan ekspresimu, atau bisa juga menggunakan alat peraga agar cerita menjadi lebih menarik.

Festival Budaya Bahasa Sunda 2022 Di Sman 4 Bogor

“Manfaat lain dari mendongeng adalah kegiatan ini dapat menstimulasi sebagian indera tubuh anak, apalagi dilakukan dengan menampilkan gambar-gambar seperti gambar atau menggunakan boneka,” ujar Peppy yang juga CEO Wiloka Workshop Yogyakarta.

Bahkan di era digital saat ini, orang tua juga bisa mencari cara baru dalam membaca dongeng. Misalnya, ketika orang tua tidak berada di tempat yang sama, mereka dapat menggunakan platform konferensi video seperti Zoom atau layanan perpesanan seperti WhatsApp. Jadi, meski si Kecil tidak duduk di pangkuan Anda atau menyentuh buku secara langsung, ia tetap bisa merasakan nikmatnya mendengarkan dongeng.

Dengan keleluasaan tersebut, pembacaan dongeng bisa melibatkan anggota keluarga lainnya juga. Mungkin suatu saat, kakek-nenek juga bisa membacakan dongeng untuk anak-anaknya.

“Perkembangan teknologi saat ini dapat memberikan tantangan dalam konteks mendongeng karena anak-anak belum pernah mengenal atau asing dengan proses mendengarkan dongeng. Selain itu, tantangan tersebut juga mungkin terjadi karena anak menganggap dongeng itu tidak menyenangkan dan belum merasakan nikmatnya prosesnya. “Namun jika penceritaan dilakukan dalam suasana yang sesuai untuk anak, nyaman, menggunakan bahasa serta diskusi yang menarik dan interaktif, maka dongeng dapat menjadi hal yang menyenangkan dan menarik bagi anak,” jelas Peppy.

Disbudpar Gelar Lomba Mendongeng Berbahasa Jawa

Cara interaktif ini juga bisa dilakukan dengan memilih buku digital. Selain banyaknya pilihan yang tersedia, buku digital mungkin lebih menarik bagi anak-anak, seperti visual atau gerakan.

Dengan berbagai manfaat yang bisa diperoleh, rasanya membacakan dongeng untuk anak masih sangat relevan untuk dilakukan kapan saja dan tidak ada kata terlambat untuk memulainya JABODETABEK BANTEN JAWA BARAT JAWA TENGAH & DIY JAWA TIMUR KALIMANTAN SULAWESI SUMATERA BALI NUSA TENGGARA BERITA DAERAH PAPUA MOLUCU

Membaca dan mendengarkan dongeng merupakan kesukaan setiap orang terutama anak-anak. Biasanya sebelum tidur adalah waktu terbaik bagi anak untuk mendengarkan cerita orang tuanya. Selain itu, dongeng kini banyak dibaca oleh pendongeng profesional. Ya, mendongeng bisa jadi karier lho. Melalui artikel yang disebutkan dari Bobo ini, yuk ikuti tips menjadi pendongeng dari pendongeng hebat dan berpengalaman berikut ini.

Hal pertama yang perlu kita persiapkan adalah menceritakan sebuah kisah. Kita harus memutuskan cerita apa yang ingin kita sampaikan.

Pdf) Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Menyimak Di Kelas V Sekolah Dasar

Saat memutuskan sebuah cerita, kita juga perlu memastikan bahwa kita benar-benar memahami cerita tersebut. Adikku bilang padaku bahwa cerita yang akan kami ceritakan pasti kami sukai, seperti milikmu.

Nah, bagian yang kurang penting ini ketika bercerita, yaitu ekspresi wajah dan

Apa yang harus dilakukan ketika hamil muda, bahasa yang digunakan iklan harus, bahasa yang digunakan dalam iklan harus, yang harus dilakukan ketika hamil muda, yang harus dihindari ketika diet, apa yang harus dilakukan ketika depresi, yang harus dihindari ketika hamil, perlengkapan yang harus dibawa ketika melahirkan, yang harus dilakukan ketika diare, yang harus dilakukan ketika kontraksi, yang harus dibawa ketika utbk, yang harus dihindari ketika batuk