Bahan Dasar Yang Digunakan Untuk Pembuatan Komponen Elektronika Adalah – Kali ini saya akan membagikan artikel dimana saya akan menjelaskan tentang unsur-unsur elektronika dan fungsinya. Setiap komponen elektronik memiliki keahliannya masing-masing. Meski kecil, potensinya besar. Disini saya akan menjelaskan komponen-komponen elektronika seperti resistor, kapasitor, transistor, kumparan, dioda, rangkaian terpadu, trafo. itu penjelasannya.

Resistor merupakan komponen elektronika pasif, artinya tidak memiliki kemampuan untuk menaikkan dan mengontrol aliran arus listrik pada rangkaian elektronika. Memiliki bagian tubuh yaitu memiliki 2 kaki, dan terdapat lingkaran berwarna yang mengelilingi bagian tubuh tersebut. Resistor terbuat dari bahan isolasi yang nilainya sesuai dengan nilai resistansi yang dibutuhkan. Resistor dirancang dengan dua buah batangan yang berguna untuk menahan arus listrik jika gaya listrik mengalir diantara kedua kutubnya. Mereka juga biasa disebut resistor, resistor atau resistor. Resistor dapat disingkat dengan huruf “R” dan memiliki satuan “Ohm”. Kata Ohm sendiri diambil dari nama penemunya, tentunya George Simon Ohm, yang merupakan ilmuwan besar dari Jerman.

Bahan Dasar Yang Digunakan Untuk Pembuatan Komponen Elektronika Adalah

Fungsi resistor secara umum juga dikenal sebagai penahan arus atau untuk membatasi arus listrik dalam suatu rangkaian elektronika. Selain itu, resistensi memiliki beberapa fungsi lain yaitu;

Pdf) Aplikasi Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android: Studi Kasus Pada Mata Kuliah Elektronika Analog Dan Digital

Kapasitor pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday (1791-1867). Satuan kapasitor disebut Parad (F). Satu Parad = 9×1011 cm2 yang mewakili luas permukaan chip. Kapasitor juga disebut kondensor. Kata “kapasitor” pertama kali disebutkan oleh Alessandro Volta, seorang fisikawan Italia pada tahun 1782 (dari bahasa Italia “kapasitor”), yaitu kemampuan suatu mesin untuk menyimpan muatan listrik. Kondensor (Kondensor) atau bahkan Kondensor (Kondensor) adalah komponen elektronika yang termasuk dalam komponen elektronika pasif, yang tidak memiliki kemampuan untuk menaikkan dan mengarahkan aliran listrik dalam rangkaian elektronika. Kapasitor biasanya terbuat dari dua pelat logam yang dipisahkan oleh bahan dielektrik. Bahan dielektrik biasa dikenal dengan sebutan, misalnya vakum, keramik, kaca, dan sebagainya. Jika kedua ujung pelat logam menerima tegangan listrik, mereka akan membangun muatan positif di ujung logam lainnya. Muatan positif tidak dapat mengalir ke ujung kutub negatif dan sebaliknya, muatan negatif tidak dapat mengalir ke kutub positif karena dipisahkan oleh bahan dielektrik non-konduktor. Muatan listrik ini disimpan selama tidak ada konduksi pada ujung kaki.

Baca Juga  Terangkan Cara Melakukan Passing Bawah

Setiap komponen elektronik memiliki fungsinya masing-masing, mirip dengan kapasitor. Fungsi kapasitor yang umum dan dikenal luas adalah untuk menyimpan arus listrik. Inilah fungsi dari kapasitor pada rangkaian elektronik yang terdapat pada sistem.

Dioda adalah komponen semikonduktor yang paling sederhana. Kata dioda berasal dari kata akses yaitu dua elektroda yang memiliki dua elektroda yaitu anoda dan katoda. Dioda termasuk dalam kategori komponen elektronika aktif. Dioda terdiri dari kombinasi bahan semikonduktor tipe P dan N. Ini sering disebut dioda PN-junction. Dioda memiliki sifat dapat menghantarkan arus dengan tegangan searah, dan arus balik dengan tegangan balik (retifier). Dioda memiliki dua kaki, kaki anoda dan kaki katoda. Dengan kata sederhana, kita dapat mengasumsikan katup dioda, di mana katup akan terbuka ketika air mengalir dari belakang katup ke depan, sedangkan katup akan menutup dengan mendorong air dari depan katup. Dioda disempurnakan oleh William Henry Eccles pada tahun 1919 dan beliau mulai memperkenalkan istilah dioda yang berarti dua arah, meskipun sebelumnya dioda kristal (semikonduktor) telah dikembangkan oleh seorang peneliti Jerman, yaitu Karl Ferdinand Braun pada tahun 1874, dan dioda termionik. . . pada tahun 1873 ketika Frederic Gutherie kembali mengembangkan prinsip kerja.

Secara umum, fungsi dioda adalah untuk menghantarkan arus listrik dalam suatu rangkaian. Namun, masih banyak fungsi lain yang juga terdapat pada jenis dioda tertentu yang tidak semua orang mengetahuinya. Oleh karena itu, berikut ini akan saya berikan fungsi-fungsi lain dari dioda;

Fungsi Kapasitor Dalam Komponen Elektronika

Transistor termasuk komponen elektronika yang umum digunakan dan banyak dijual di pasaran. Transistor biasa digunakan di berbagai perangkat elektronik seperti televisi, radio, komputer, dll. Untuk kursus adalah kursus itu sendiri. Persimpangan pertama kali ditemukan oleh William Shockley, John Barden dan W. H Brattain pada tahun 1948. Mereka mulai menggunakannya dalam praktik pada tahun 1958. Persimpangan semikonduktor adalah komponen yang menghantarkan dan menahan arus listrik. Transistor adalah komponen elektronika yang terbuat dari bahan semikonduktor dan tiga elektroda (trioda), yaitu basis, kolektor, dan emitor. Dengan tiga elektroda (terminal) ini, tegangan atau arus yang dipasang di satu terminal mengatur arus yang lebih tinggi melalui 2 terminal lainnya.

Transition terdiri dari gabungan dua kata yaitu “transfer” yang artinya transfer dan “resist” yang artinya rintangan. Jadi, transistor dapat diartikan sebagai perpindahan atau peralihan dari suatu bahan semikonduktor ke suatu konduktor pada temperatur atau kondisi tertentu. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat transistornya sendiri antara lain adalah germanium, silicon dan gallium arsenide. Sedangkan kemasan transistor sendiri biasanya terbuat dari dudukan plastik, permukaan logam, dan lebih banyak lagi transistor dalam satu wadah, yang disebut sirkuit terpadu (IC).

Baca Juga  Contoh Perubahan Sosial

Fungsi transistor yang biasa dan terkenal adalah untuk memutuskan dan menghubungkan arus: selain fungsi ini, masih banyak fungsi transistor lainnya, yaitu sebagai berikut:

Induktor adalah elemen elektronik pasif yang menyimpan energi listrik dalam bentuk energi magnet. Konduktor melingkar dengan demikian digunakan di sirkuit. Saat listrik mengalir dalam koil dari kiri ke kanan, medan magnet akan dihasilkan searah jarum jam. Induktor adalah salah satu elemen elektronik yang digunakan dalam rangkaian di mana arus dan tegangan bervariasi karena kemampuan induktor untuk memproses arus bolak-balik.

Dunia Ilmu Pengetahuan: Cara Menghitung Komponen Elektronika Resistor, Kapasitor Dan Dioda

Induktor yang ideal memiliki induktansi tetapi tidak memiliki resistansi atau kapasitansi dan tidak menghilangkan daya. Induktor sebenarnya adalah campuran induktansi, beberapa hambatan karena hambatan kawat, dan beberapa kapasitansi. Pada frekuensi berapa pun, induktor dapat menjadi rangkaian resonansi karena kapasitansi parasit. Selain disipasi daya pada resistansi kawat, induktor inti magnetik juga menghilangkan daya pada inti karena efek histeresis dan dapat mengalami arus tinggi karena nonlinier saturasi.

Induktor sering digunakan dalam sirkuit analog dan pemroses sinyal. Induktor berpasangan dengan kapasitor dan komponen lain untuk membentuk rangkaian termodulasi. Penggunaan induktor bervariasi dari induktor besar di catu daya untuk menghilangkan sumber kebisingan, hingga induktor kecil yang terpasang di kabel untuk mencegah interferensi frekuensi radio dari dprd melalui kabel. Sirkuit induktor-kapasitor digunakan dalam pemancar dan penerima radio. Dua atau lebih induktor yang digabungkan secara magnetis membentuk transformator.

Induktor digunakan sebagai penyimpanan energi dalam beberapa catu daya mode sakelar. Dia bekerja sebagai induser untuk sementara waktu dan menghabiskan sisa balapan dengan kelelahan. Rasio transfer daya ini menentukan tegangan output. XLR induktif ini digunakan dengan semikonduktor aktif untuk mempertahankan voltase yang akurat. Induktor juga digunakan dalam sistem transmisi daya di mana lonjakan petir digunakan untuk melawan tegangan dan juga digunakan untuk membatasi arus switching dan gangguan. Dalam bidang ini, induktor sering disebut reaktor.

Integrated Circuit (IC) adalah suatu komponen elektronika yang terbuat dari bahan semikonduktor, dimana suatu Integrated Circuit tersusun dari beberapa komponen seperti Resistor, Kapasitor, Dioda dan Transistor, yang diintegrasikan ke dalam suatu rangkaian kecil berupa chip. dengan peralatan yang dikurangi. Sebelum penemuan IC, peralatan elektronik pada umumnya menggunakan tabung vakum sebagai komponen utamanya, yang kemudian diganti dengan transistor yang berukuran lebih kecil. Namun untuk masuk ke dalam lingkungan elektronik yang kompleks dan kompleks, dibutuhkan transistor dalam jumlah yang banyak, sehingga ukuran alat elektronik yang dihasilkan besar dan tidak cocok untuk dibawa bepergian (portable).

Baca Juga  Berikut Tanaman Yang Dapat Tumbuh Di Dataran Rendah Kecuali

Timer 5 Minutes Circuit Design Using Ic Ne555

Teknologi sirkuit terpadu (IC) pertama kali diperkenalkan pada tahun 1958 oleh Jack Kilby, yang menggantikan Texas Instruments setengah tahun setelah Robert Noyce, untuk memproduksi sirkuit terintegrasi dengan sistem interkoneksi pada chip silikon. Circuit (IC) merupakan salah satu kemajuan teknologi yang sangat penting di abad 20. Mungkin tanpa komponen IC (integrated circuit), peralatan elektronik seperti handphone, laptop, PC, portable game console, kamera digital tidak dapat dinikmati saat ini dan lainnya. komponen elektronik. mereka kecil dan dapat dibawa kemana-mana.

Banyak sekali fungsi dari rangkaian elektronika ini, berbeda jenis dan tipe memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda.Ada beberapa hal yang harus anda ketahui tentang fungsi IC secara umum, berikut fungsinya ;

Trafo, juga dikenal sebagai sakelar, adalah perangkat listrik yang mengubah daya arus bolak-balik pada satu level tegangan ke level tegangan lain berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik tanpa mengubah frekuensi. Transformator digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan (tegangan AC). Selain itu, transformator juga dapat digunakan untuk sampling tegangan, sampling arus, dan transformasi impedansi. Transformator terdiri dari dua atau lebih kumparan yang melilit inti besi feromagnetik. sirkuit biasanya tidak terhubung langsung satu sama lain. Satu kumparan dihubungkan ke sumber listrik AC (kumparan primer) dan kumparan lainnya dihubungkan ke beban listrik (kumparan sekunder). Namun jika ada lebih dari dua lilitan, maka lilitan tersebut harus dirujuk ke filter tersier, keempat dan seterusnya.

Trafo bekerja dengan prinsip kelistrikan. Ketika kumparan pertama dihubungkan ke sumber tegangan bolak-balik, perubahan arus listrik kumparan pertama menyebabkan perubahan medan magnet. Medan magnet yang berubah dibantu oleh adanya inti besi. Inti besi berfungsi untuk memfasilitasi lewatnya fluks listrik yang dihasilkan melalui kumparan sehingga fluks magnet yang dihasilkan mengalir pada sudut sekunder sehingga ggl induksi muncul di ujung-ujung kumparan sekunder. Efek ini disebut induksi

Apa Itu Pcb (printed Circuit Board)