Bahan Dan Alat Yang Digunakan Untuk Membuat Replika Monas Adalah – Eri Sudarmono untuk replika robot yang dibuatnya di Er Studio Art, Padukuhan Kauman, Desa Gilangharjo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (14/11/2021). Eri Sudarmono yang dulunya seorang pelukis terpukul dengan pandemi, kini ‘menyulap’ sepeda motor tua menjadi replika robot yang bernilai ekonomi dan menembus pasar internasional. (KOMPAS.com/MARKUS YUWONO)

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Pria bernama Eri Sudarmono lulusan Institut Seni dan Kerajinan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta berhasil menciptakan replika robot dengan bahan dasar sepeda motor bekas.

Bahan Dan Alat Yang Digunakan Untuk Membuat Replika Monas Adalah

Pria yang juga pecinta mesin lawas ini awalnya berprofesi sebagai pelukis di studionya Er Studio Art. Namun setelah pandemi dan sepinya pesanan lukisannya, Eri mendapat tawaran untuk membuat replika robot tersebut.

Ape Buatan Guru Uswatun

“Awalnya dari pelanggan di China yang meminta saya membuat replika robot. Setelah pengusaha pesan, dia suka dengan karyanya dan berlanjut hingga saya kirim 30 unit ke China,” kata Eri saat ditemui.

Dalam proses produksi, bahan baku dikumpulkan terlebih dahulu. Sepeda motor bekas tersebut kemudian dibongkar untuk diambil bagian-bagiannya yang dapat digunakan.

KOMPAS.com/MARKUS YUWONO Proses pembuatan replika robot di Er Studio Art, Padukuhan Kauman, Desa Gilangharjo, Kapanewon Pandak, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (14/11/2021). Eri Sudarmono yang dulunya seorang pelukis terpukul dengan pandemi, kini ‘menyulap’ sepeda motor tua menjadi replika robot yang bernilai ekonomi dan menembus pasar internasional.

Baca Juga  Penduduk Banyak Membangun Tempat Tinggal Di Daerah

“Saat sepedanya sampai di sini, saya bongkar semuanya, bersihkan dan simpan plastiknya, dan saya juga menggunakan bagian yang bagus untuk restorasi,” ujarnya.

Alat Bahan Dan Teknik Pembuatan Miniatur Rumah

Suku cadang sepeda motor bekas dipotong sesuai ukuran yang diinginkan setelah dibongkar dan dibersihkan. Atau yang bisa digunakan tanpa harus dipotong juga langsung digunakan untuk membuat replika robot.

‘Iya sesuai keinginan, lalu dilas jadi satu. Lalu didetailkan lalu dicat,” kata Eri.

Eri membutuhkan waktu satu bulan kerja untuk membuat replika robot setinggi 10 kaki. Namun dengan bantuan empat belas karyawan, Eri bisa memproduksi lima robot dalam satu bulan.

Karya mesin bekas produksi Eri dijual dengan harga Rp 25 juta hingga Rp 60 juta, tergantung tingkat kerumitannya.

Menilik Kerumitan Proses Pembuatan Film

Dapatkan berita pilihan dan berita terkini dari Kompas.com setiap hari. Gabung di grup Telegram “Update Berita Kompas.com”, klik link https://t.me/kompascomupdate dan gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Jixie mencari pesan yang sesuai dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan berita ini disajikan sebagai berita kurasi yang lebih sesuai dengan minat Anda.

[POPULER ] Kisah Mobil Baru Yang Meninggalkan Dealer dan Mengalami Kecelakaan Saat Diantar ke Konsumen | Kirim Mobil Baru ke Konsumen, Kenapa Tidak Pakai Derek?

Amperemeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur, alat gambar yang digunakan untuk membuat sketsa adalah, hidrometer adalah alat yang digunakan untuk, higrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur, hidrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur, alat yang digunakan untuk membersihkan telinga adalah, alat dan bahan yang digunakan untuk melukis, alat dan bahan yang digunakan untuk hidroponik, cara membuat replika monas, alat yang digunakan untuk membuat biopori sederhana adalah, alat yang digunakan untuk membuat batik adalah, alat yang digunakan untuk membuat batik tulis adalah

Baca Juga  Diantara Hikmah Beriman Kepada Hari Akhir Adalah Kecuali