Bagian Tubuh Katak Dan Fungsinya – Katak adalah kelompok penguat. Amfibi adalah hewan berdarah panas (berdarah dingin). Tubuhnya terbagi menjadi kepala, badan dan ekor. Kulit lembab dan menipis dengan epidermis dan epidermis. Warna kulit berubah karena adanya pigmen pada kulit (biru, hijau, hitam, coklat, merah dan kuning) di bawah kulit. Ada dua lubang hidung yang menempel di mulut. Endoskeleton terdiri dari kolom tulang belakang (vertebral column). Ada rahang, gigi, lidah dan langit-langit.

Tubuh dapat dibagi menjadi 3 bagian: kepala (head), badan (trunchus) dan anggota badan (ekstremitas). Di kepala, rima oris (mulut) dibentuk oleh maxilla (rahang atas) dan mandibula (rahang bawah). Nares anterior (nares eksternal) memiliki sepasang lubang hidung eksternal dan memasuki cavum oris (mulut terbuka). Organ visus (mata) besar terdiri dari kelopak mata atas (upper eyelid), kelopak mata bawah (lower eyelid). Pada bagian mata juga terdapat selaput nicittans (lapisan mata) yang merupakan kelanjutan dari penutup bagian atas. Katak jantan memiliki kulit. Ekstremitas (lokomotif) memiliki dua bagian: kaki depan (kaki depan) dan kaki belakang (tungkai bawah). Ekstremitas atas memiliki cabang (lengan atas), antebranchium (lengan bawah), manus (telapak tangan) dan digit (jari atas) sebagai alat gerak. Rima Oris berfungsi untuk menangkap binatang buas dengan bantuan lidahnya yang ramping. Lubang hidung (nares eksternal) adalah sepasang lubang kecil yang terletak di atas mulut, dan lubang hidung ini terhubung ke rongga mulut melalui bagian dalam hidung.

Bagian Tubuh Katak Dan Fungsinya

Bagian otot pada katak adalah otot pectoralis epicoracoidea, yaitu otot yang menempel pada dada dan meregang. Otot pectoralis pars abdominalis adalah otot yang menempel di dada dan memanjang ke perut. Prasasti Terdinae terlihat seperti garis putus-putus dengan banyak saraf. Otot rektus abdominaris terdiri dari otot tebal dan pipih yang membentuk lapisan yang memanjang di dekat linea alba dan berfungsi untuk dinding perut. Otot vastus internus terletak di bagian ventral dan fungsinya untuk mengatur otot. Otot sartorius berfungsi melindungi otot vastor internus. Otot kranial dan ekstensor fibriaris adalah otot yang melindungi tibia dan fibula. Otot triceps demori adalah otot di bagian paha yang berfungsi untuk meluruskan. Musculus gastrosnaemus, otot betis yang muncul di bagian dorsal dan ventral untuk melindungi tibia, fibula, dan punggung.

Baca Juga  Yang Tidak Termasuk Dalam Bentuk Motif Ragam Hias Adalah

Manfaat Daging Kodok Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Organ dalam rongga (cavum abdominalis) katak yang dilapisi oleh peritoneum (lapisan dalam rongga perut) merupakan jantung (cor) yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Paru-paru adalah organ pernapasan utama katak dewasa. Hati (liver) berperan sebagai penangkal racun yang masuk ke dalam tubuh. Ventrikulus (lambung) adalah entitas atau tempat pencernaan yang berhubungan langsung dengan duodenum (usus besar) menuju ke ileum dan jejenum (usus halus). Pankreas bertanggung jawab untuk produksi hormon insulin. Ovarium (kantung telur) bertindak sebagai reservoir untuk sel telur. Hati terbagi menjadi 3 lobus. Cor terletak di depan dan ditutupi oleh perikardium yang dibagi menjadi tiga bagian: 2 atrium (serambi) dengan dinding tipis dan atrium kanan dan atrium kiri dicocokkan dengan dinding (septum atmonim) yang terletak di muka depan. ventrikel. Sinus venosus, terletak di posterior dan berwarna dari vena cava anterior dan posterior, dan 1 ventrikel (bilik) terletak di posterior, memiliki dinding tebal, dan kontaknya dengan atrium dikendalikan oleh atriovalve.

Rangka katak terdiri dari ujung-ujung tulang yang ditopang oleh bagian-bagian lunak Fungsi rangka adalah untuk melindungi bagian-bagian utama tubuh, menghubungkan otot-otot, otot berguna untuk bergerak dan berjalan, serta memberikan bentuk tubuh 3 .Bentuknya besar dan rata. tengkorak meliputi: tengkorak sempit. Banyak ekspresi dan lubang hidung, sepasang ekspresi telinga dan bola mata yang besar. Tulang rahang, tulang rusuk, puncak iliaka dan tulang rawan di kerangka.

Kolom tulang belakang, yang bersambung dengan kepala (vertebra) dan ekstremitas, berfungsi untuk menopang tubuh dan melindungi sumsum tulang belakang, yang memiliki sembilan badan tulang belakang dan urostyle silinder. Tulang belakang terdiri dari 10 vertebra, atlas, akses, 8 vertebra dan sacculis. Setiap vertebra adalah sumsum tulang belakang yang fleksibel dengan tubuh pusat dengan bagian atas (archus neuralis) untuk menampung sumsum tulang belakang. Katak tidak memiliki tulang rusuk. Vertebra I tidak memiliki proses transversal, di depan terdapat cekungan yang sesuai dengan condyrus ocuptalae dan melekat pada tengkorak. Vertebra II memiliki proses melintang menghadap deoan (anterior). Vertebra III memiliki proses melintang sedikit tegak lurus ke samping. Vertebra IV memiliki proses melintang yang mengarah ke belakang. Vertebra V-VII memiliki proses melintang yang mengarah ke atas. Vertebra IX memiliki proses terbesar.

Baca Juga  Salah Satu Aspek Trigatra Dalam Wawasan Nusantara Adalah

Bab 1 Pendahuluan a.Latar belakang kulit adalah lapisan jaringan yang terdapat di bagian luar yang menutupi dan melindungi permukaan tubuh. Kulit merupakan organ terluar yang menentukannya ke dunia luar. Organ vital dan cermin kesehatan dan kehidupan. Kulit juga kompleks, fleksibel, dan sensitif, tergantung kondisi cuaca, usia, jenis kelamin, ras, dan posisi tubuh. Luas kulit sekitar 1,5-2 m2, berat kulit sekitar 4 kg. Pada orang dewasa, 7% berat badan memiliki ketebalan 1,5-4 mm, berbeda pada setiap bagian tubuh. Setiap 1 cm2 kulit mengandung 70 cm pembuluh darah, 55 cm saraf, 100 kelenjar keringat, 15 kelenjar, 230 reseptor sensorik dan jutaan sel mati dan baru. Kulit memiliki sistem saraf yang terjalin dengan baik dan berguna untuk sentuhan, atau dengan kata lain alat sentuh. Kulit adalah organ hidup dengan banyak kondisi. Kulit Dalam pelajaran hewan, Anda akan menemukan materi yang membahas tentang bagian-bagian tubuh katak dan fungsinya. Katak adalah hewan yang hidup di dua kerajaan, di darat dan di air.

Pdf) Phenacoccus Madeirensis (hemiptera: Pseudococcidae): A New Species Of Mealybug In Tunisia

Berdasarkan buku Amfibi Jawa Bali, Djoko T. Iskandar, 1991, dijelaskan bahwa dalam bahasa Indonesia tidak ada kesepakatan penggunaan kata kodok atau kodok. Dijelaskan juga bahwa benih merupakan nama yang berasal dari bahasa Jawa.

Di Jawa Barat, kodok atau kodok disebut bangkong, sedangkan bancetes untuk kodok kecil. “Sedangkan di Jawa Tengah, katak kecil disebut percil, yang mengacu pada anak katak.”

Katak atau kodok termasuk Bangsa Anura yang penyebarannya hampir merata di seluruh dunia. Ciri-cirinya tubuh pendek dan lebar, kepala, tubuh dan dua pasang kaki dengan tungkai belakang lebih besar.

Baca Juga  Apa Arti Pante

Bagian tubuh katak pasti sudah beradaptasi dengan habitat tempatnya tinggal. Bagian-bagian tubuh tersebut juga memiliki fungsi masing-masing, seperti:

Katak Pohon Bergaris

Fungsinya untuk melihat. Mata katak berbentuk bulat dan dilindungi oleh kelopak mata atas dan bawah. Di dalam mata terdapat nicittans, yang melindungi mata dari kekeringan dan membersihkan bola mata.

Kaki katak digunakan untuk melompat dan berenang. Kodok atau kodok memiliki senar yang biasa digunakan pejantan untuk mengeluarkan “lagu” untuk menarik perhatian betina.

Telur yang menetas biasanya tumbuh menjadi cacing yang berbeda dengan bentuk dewasanya dan dikenal sebagai itik. Hampir semua juvenil akan mengalami metabolisme ketika menjadi dewasa, tetapi pada beberapa spesies ada yang langsung menjadi dewasa. (DNR) Katak adalah hewan amfibi yang hidup di daerah tropis. Hewan ini bisa ditemukan di tempat-tempat seperti hutan, sungai, ladang, perkebunan, rawa, hingga pemukiman.

Katak berkembang biak melalui tiga tahap: larva dan dewasa. Untuk bertahan hidup, katak berburu serangga seperti nyamuk atau lalat.

Baru Ditemukan, Katak Pucat Asal Garut Butuh Perlindungan

Katak tidak memiliki gigi, jadi ia menggunakan lidahnya. Lidah katak memiliki otot-otot penting yang bekerja dengan menelan makanan ke tenggorokan.

Katak itu dengan rajin mengangkat kepalanya dan mengangkat hidungnya saat makan. Tujuannya agar makanan yang ada di dalam mulut dapat terdorong ke tenggorokan dengan lebih mudah.

Pada saat yang sama, katak juga memiliki organ motorik yang penting untuk kelangsungan hidupnya. Organ ini membantu katak melompat dan bergerak.

Katak memiliki empat kaki depan. Bagian depan katak ditutupi oleh selaput di antara jari-jari kaki, yang membantu katak untuk berenang.

Tuliskan Bagian Tubuh Dan Fungsinya Pada Hewan Berikut! Tolong Di Bantu Nya

Kaki belakang katak dilengkapi dengan lima jari kaki. Seperti kaki depan, kaki belakang juga ditutupi jaring di antara jari kaki untuk membantu katak berenang.

Kaki belakang katak sebenarnya lebih panjang dari kaki belakangnya. Selain itu, otot kaki belakangnya lebih kuat, sehingga katak dapat melompat lebih jauh dan lebih cepat.

Pada beberapa spesies, hewan ini memiliki bintik perekat berbentuk cakram di ujung jarinya. Cakram ini berfungsi untuk membantu katak menjaga kakinya di permukaan vertikal seperti pohon.

Bagian spektrofotometer dan fungsinya, bagian theodolit dan fungsinya, bagian tubuh manusia dan fungsinya, bagian kacamata dan fungsinya, bagian tubuh dan fungsinya, bagian tubuh hewan dan fungsinya, bagian tubuh kucing dan fungsinya, organ tubuh katak dan fungsinya, bagian tubuh katak, bagian genset dan fungsinya, bagian tubuh udang dan fungsinya, bagian laptop dan fungsinya