Bagaimana Posisi Kaki Saat Melakukan Lompat Kangkang – Pernahkah Anda mendengar tentang lompat mengangkang? Straddle jumping merupakan olahraga yang menggunakan gerakan melompat (peregangan) dengan kaki terbuka lebar. Nantinya, pelompat straddle harus berhasil mengatasi rintangan yang diberikan. Agar lebih jelas, simak pengertian straddle jump di bawah ini!

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan lompat straddle? Straddle high jump mempunyai nama lain yaitu straddle high jump yang artinya gerakan mudah dan gerakan mudah. Saat melakukan straddle jumper, pemain disuguhkan jump box sebagai rintangan yang harus berhasil dilewati.

Bagaimana Posisi Kaki Saat Melakukan Lompat Kangkang

Di sini, pemain harus menguasai banyak keterampilan penting dan kemampuan alami, seperti kecepatan lari dan kelenturan saat memulai lompatan. Posisi tubuh atlet harus sedemikian rupa sehingga condong ke depan (berayun) dengan kaki terbuka saat melewati jump box. Nama lain dari kotak lompat ini adalah kuda lompat.

Loncat Kangkang Di Atas Peti Lompat Termasuk Ke Dalam Olahraga

Perlu anda ketahui bahwa straddle jumping merupakan olahraga yang digemari di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dilihat dari jenisnya, straddle jump termasuk dalam latihan tanah yang memerlukan kelenturan dan keindahan sesuai dengan ritme gerakan yang diberikan. Selain itu, melompat dengan straddle membutuhkan kemampuan mencapai kecepatan yang seimbang.

Organisasi induk yang membawahi lompat mengangkang adalah PERSANI (Persatuan Senam Seluruh Indonesia). Dan hal ini sudah berlangsung lama, sejak zaman penjajahan Belanda pada tahun 1912. PERSANI mencakup berbagai macam olah raga yang berhubungan dengan kebugaran jasmani, seperti straddle jump, arm curling, kayaking, jungkir balik dan jenis senam lantai lainnya.

Lompatan straddle ini memiliki sejarah awal yang menarik untuk disimak. Awalnya straddle jump dilakukan tanpa menggunakan pembatas atau pipa. Akhirnya muncul kendala pada perlengkapan yang dibutuhkan untuk lompat mengangkang, karena lompat kotak dan lompat kuda dianggap terlalu mudah.

Baca Juga  Apa Itu Wawasan

Pada awalnya, straddle jump hanya disebut ‘jumps’ atau kompetisi lompat, namun seiring dengan munculnya rintangan, namanya pun berubah. “Papan loncatan” yang digunakan pada kompetisi pertama adalah sebuah kotak yang sangat sederhana dan panjang, yang ukurannya masih belum diketahui.

Senam Lantai Adalah Kegiatan Olahraga Yang Menggunakan Matras, Ketahui Manfaatnya

Akhirnya, pada Olimpiade Athena pertama pada tahun 1896, lompat mengangkang ditambahkan ke daftar cabang olahraga pemenang. Namun lompat mengangkang ini masih bersifat mandiri dan tidak termasuk dalam kelompok mana pun. Penemu permainan ini adalah seorang Jerman bernama Carl Schuhmann.

Dari sinilah straddle jump mulai banyak diikutsertakan dalam kompetisi kelas dunia karena dianggap menantang. Sekitar tujuh tahun setelah pertandingan Athena, pertandingan kelas dunia digelar di Antwerp, Belgia. Lompat straddle merupakan salah satu kompetisi terpenting yang mendapat perhatian.

Seperti halnya olahraga lainnya, straddle jumping memiliki beberapa tujuan tertentu yang harus dicapai saat melakukannya. Beberapa gol dari lompatan tersebut dapat ditemukan di bawah!

Seperti namanya, tujuan utama straddle jump adalah melompat setinggi-tingginya. Di sini Anda harus mendapatkan angka tertinggi untuk memenangkan perlombaan. Pemain dengan skor tertinggi menang.

Cara Melakukan Teknik Lari Cepat Jarak Pendek Dan Lari Jarak Jauh

Tujuan utama olahraga adalah untuk menjaga tubuh tetap bugar, begitu pula dengan lompat mengangkang. Straddle jumper perlu menggerakkan tubuhnya untuk melompat dengan benar. Jelas ini sebenarnya melatih detak jantung dan otot Anda.

Olah raga pribadi mempunyai manfaat bagi tubuh, antara lain menjadi lebih aktif dan tidak mudah terserang penyakit. Straddle jumping bisa menjadi olahraga lain yang bisa Anda coba.

Memiliki tubuh yang fleksibel memberikan keuntungan tertentu, salah satunya adalah berkurangnya cedera atau kerusakan. Straddle jump tidak hanya mengajarkan kecepatan, tetapi juga kelenturan saat straddle jumping. Jika tubuh tidak lentur, maka kaki akan sulit ditekuk saat melompat.

Semakin berotot dan fleksibel tubuh Anda, semakin mudah menjaga keseimbangan. Tubuh yang seimbang membuat Anda lebih percaya diri saat berjalan atau melakukan aktivitas fisik lainnya. Anda tidak akan mudah terjatuh dan akan lebih mudah mengendalikan tubuh Anda.

Penjasorkes Kelas 4 Nuryono Agus Budhi Juli Hari Pariman 2010 By Bimasakti Day

Banyak orang Indonesia yang kehilangan massa otot di usia tua sehingga menyebabkan tubuh menjadi kendur, terutama seiring bertambahnya usia. Hal ini disebabkan karena kita enggan melatih otot saat masih muda. Lompatan straddle bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk melatih otot Anda dan berinvestasi di tahun-tahun berikutnya.

Baca Juga  What Does The Word Adjust Means In The Caption

Ini hampir seperti sebuah gol. Setelah itu, Anda perlu mengetahui apa saja manfaat yang ditawarkan straddle jump. Manfaat ini untuk Anda atau pelompat straddle. Beberapa manfaat yang dibahas adalah:

Manfaat melakukan straddle jump yang pertama adalah membuat Anda bugar. Bukan rahasia lagi bahwa olahraga dapat membantu Anda menjadi bugar. Olahraga memperkuat otot-otot Anda dan mengurangi lemak tubuh. Inilah rahasia para atlet tetap bugar jika rutin berolahraga.

Apakah Anda kesulitan berkonsentrasi? Cobalah lompat mengangkang. Permainan ini memerlukan konsentrasi yang tinggi untuk mencapai kecepatan lari dan tinggi lompatan. Jadi, jika Anda tidak fokus, melompat dengan kaki terbuka bisa jadi sulit.

Ini 7 Gerakan Dasar Senam Aerobik Yang Mudah Dilakukan, Apa Saja?

Lompatan straddle menggabungkan beberapa gerakan kuat, jadi semakin sering Anda melakukannya, semakin banyak kalori yang Anda bakar. Hal ini berkaitan erat dengan bentuk tubuh yang baik – semakin banyak kalori yang Anda makan, semakin mudah untuk mendapatkan bentuk tubuh yang baik.

Gerakan straddle jump menggunakan berbagai macam gerakan tubuh, termasuk lengan dan kaki. Olahraga teratur ini akan membuat kaki Anda lebih indah dan memberikan mobilitas yang kuat.

Straddle jumping bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan stres sehari-hari. Jika hobi Anda adalah olahraga, Anda dapat menjadikan olahraga sebagai sumber kesenangan yang penting dalam hidup.

Untuk membuat straddle jumper sebenarnya Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan. Pertama Anda perlu menyiapkan kasur dengan alas berukuran 100cm x 60cm x 4cm. Kasur yang digunakan untuk melompat biasanya memiliki bantalan yang baik, busa yang empuk dan ketebalan yang baik untuk mencegah kaki pegal.

Langkah Langkah Latihan Lompat Kangkang Untuk Menguasai Teknik Dasar

Bahan luarnya juga terbuat dari kulit sintetis yang anti slip sehingga tidak tergelincir saat pemain duduk. Kedua, untuk lompat straddle diperlukan jump box berukuran 104cm x 120cm dan bagian bawah 84cm. Kemudian ukuran bagian atasnya sekitar 41,5 cm (ukuran bagian atas lebih sempit dibandingkan bagian bawah).

Peti lompat ini memiliki berat 42 kg dan terbuat dari kayu keras atau kayu MDF berkualitas tinggi. Ketiga, straddle jump mengharuskan Anda meluncurkan menggunakan kickboard. Mula-mula pelompat harus berlari lalu melompat dengan bantuan papan untuk membantunya melompat lebih tinggi.

Papan ini biasanya terbuat dari baja padat dan memiliki pegas di bagian bawah untuk meningkatkan kekuatan pantulan. Ukuran “papan dorong” yang digunakan kurang lebih 120 cm x 71 cm dan tebal pegas 28 cm. Semua sumber daya ini harus ada untuk mendukung straddle jump berkinerja tinggi.

Baca Juga  Gambar Berikut Ini Adalah Alat Musik Yang Berasal Dari

Seperti olahraga lainnya, straddle jumping memiliki aturan tertentu yang harus dipatuhi oleh atlet. Pertama-tama, lompat mengangkang mungkin tampak mudah dan menyenangkan bagi pemula, tetapi mereka yang belum pernah melakukannya sebaiknya pergi ke pelatih profesional. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang tidak diinginkan.

Macam Macam Gerakan Dasar Dalam Senam Lantai, Lengkap Beserta Caranya

Kedua, lompat straddle membutuhkan ketangkasan dan kelenturan yang tinggi sehingga tidak peduli seberapa bagus seorang atlet, mereka perlu melakukan pemanasan sebelum lompat straddle. Ketiga, pada saat seseorang melompat dengan straddle maka posisi badan yang benar juga menjadi ujian dimana atlet harus berlari cepat dan posisi badan miring ke depan.

Keempat, dalam permainan lompat online ini pemenangnya adalah pemenang terbesar. Oleh karena itu, sangat penting untuk memprediksi kemampuan Anda sejak dini dan akurat. Metode ini mencegah lompatan yang tidak tepat atau penargetan yang salah.

Selain aturan di atas, aturan lain yang tidak boleh Anda lewatkan adalah straddle jump hanya bisa dilakukan jika semua perlengkapan keselamatan telah disediakan. Lompat tinggi dan aktivitas fisik memerlukan perlindungan terbaik bagi para atlet. Itu sebabnya lomba lompat straddle tidak bisa diadakan di ajang apapun.

Saat melakukan straddle jump, Anda perlu mengetahui banyak teknik khusus agar tidak melakukan kesalahan atau cedera. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini agar lebih jelas!

Cara Melakukan Loncat Jongkok Pada Senam Ketangkasan

Seperti halnya lompatan lainnya, lompatan straddle memerlukan kehati-hatian saat mengambil posisi pertama. Pertama, Anda harus berada sekitar 15cm dari toilet. Bersiaplah dan berlari secepat mungkin menuju kotak kutukan dengan berjinjit.

Pada saat ini, posisi kepala Anda harus tetap lurus dan mata Anda harus melihat lurus ke depan. Saat ingin ke kamar mandi, Anda perlu meningkatkan kecepatan lari untuk mendapatkan tenaga lompatan yang lebih besar. Di sini Anda perlu mencari titik awal yang tepat karena akan mempengaruhi hasil lompatan Anda nantinya.

Selanjutnya Anda perlu mendorong untuk mendapatkan ketinggian maksimal. Anda perlu fokus pada dada terlebih dahulu, lalu sedikit menutup kaki untuk menciptakan langkah cepat. Kedua, Anda dapat menggunakan kaki Anda untuk menopang diri sendiri dan menopang tubuh Anda agar dapat melompat ke depan dengan baik.

Ketiga, pada posisi ke atas (melayang) perlu mempersiapkan kaki untuk mendarat. Di sini Anda perlu menggunakan tangan sebagai penopang dan sedikit menyandarkan tubuh untuk mendapatkan postur yang baik. Setelah itu, gerakkan tangan Anda ke depan untuk mendapatkan dukungan yang memadai.

Gerakan Kaki Saat Melayang Dalam Lompat Kangkang

Saat memaksakan hal tersebut, Anda tidak boleh kehilangan konsentrasi apapun, termasuk menatap ke depan. Jika Anda mendorong dengan tidak sempurna, lompatan Anda tidak akan cukup tinggi.

Saat melompat dengan straddle, Anda harus tahu bahwa ada dua metode yang bisa dipilih. Artinya, melompat di atas straddle dengan panggul lurus dan panggul ditekuk. Kedua cara tersebut bisa digunakan sama, namun caranya berbeda. Agar Anda dapat melihat dengan lebih jelas