Bagaimana Kondisi Perbatasan Teritorial Indonesia – Insiden kapal nelayan China memasuki perairan Laut Natuna Utara menambah ketegangan antara negeri panda dan Indonesia. Pemerintah menilai aktivitas penangkapan ikan yang dikawal kapal penjaga pantai melanggar hak kedaulatan Indonesia di Laut Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

Sebagai negara maritim, batas wilayah Indonesia banyak yang terletak di lautan. Pengaturan perbatasan tersebut diatur dalam Konvensi Hukum Laut PBB (UNCLOS) yang ditetapkan pada tahun 1982. Ada tiga kategori perbatasan laut yang diatur dalam hukum maritim internasional.

Bagaimana Kondisi Perbatasan Teritorial Indonesia

Batas pertama adalah laut teritorial, diukur 12 mil laut dari garis pangkal pulau. Di kawasan ini, Indonesia berdaulat penuh (

Sepanjang 1.098,33 Km, Pembangunan Jalan Perbatasan Papua Dan Png Terus Dilanjutkan

Berikutnya adalah landas kontinen. Wilayah ini terdiri atas dasar laut dan daratan di bawahnya, terbentang melampaui laut teritorial sampai dengan 200 mil laut dari garis pangkal pulau. Indonesia hanya mempunyai hak berdaulat (

) untuk mengekstraksi dan mengeksploitasi mineral di daerah ini. Namun penggunaan landas kontinen oleh negara lain harus mendapat persetujuan Indonesia. Negara yang berbatasan laut dengan india adalah India, Thailand, Malaysia, Vietnam, Australia, dan Papua Nugini.

Kategori ketiga adalah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) yang diukur 200 mil laut dari garis pangkal pulau. Seperti halnya landas kontinen, Indonesia hanya mempunyai hak kedaulatan untuk mengeksplorasi, mengeksploitasi, dan melestarikan sumber daya alam yang ada di wilayah tersebut, khususnya perikanan. Filipina dan Australia berbagi ZEE dengan Indonesia. Selain laut yang luas dan garis pantai yang panjang, Indonesia mempunyai pulau-pulau kecil yang kaya akan sumber daya alam dan jasa lingkungan yang mempunyai potensi besar untuk pembangunan ekonomi. Padahal, pulau-pulau kecil terluar mempunyai kepentingan yang lebih strategis, yaitu menjadi titik pangkal yang tepat bagi Kepulauan dalam menentukan wilayah perairan Indonesia; zona ekonomi eksklusif Indonesia dan landas kontinen Indonesia; Sebagai beranda depan Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan merupakan zona lalu lintas internasional. Selain itu, karena posisi geostrategis dan geopolitik Indonesia terletak di tengah-tengah persimpangan benua Asia dan Australia serta menghubungkan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, maka posisi tersebut rentan terhadap persoalan perlindungan kedaulatan, khususnya di bidang maritim. wilayah.

Baca Juga  Merokok Merupakan Kebiasaan Yang Berdampak Negatif Rokok Terbuat Dari

Posisi pulau-pulau terluar yang strategis membuat pemerintah harus segera memperjelas batas wilayah dengan negara tetangga, karena seluruh potensi maritim dan sumber daya lainnya yang dimiliki Indonesia akan sia-sia jika perairannya tidak memiliki batas laut yang jelas. Tidak ada batas laut yang jelas, ibarat pekarangan rumah yang tidak berpagar. Oleh karena itu, dalam mengklaim potensi kekayaan sumber daya laut harus diikuti dengan penetapan batas laut. Hal ini sangat penting karena sebagian besar wilayah perbatasan kita berada di laut dan di pulau-pulau kecil. Batas wilayah Indonesia di laut dapat berupa batas laut teritorial, batas landas kontinen. benua, serta batas-batas zona ekonomi eksklusif. Batas-batas tersebut dapat menjadi pagar hukum dan pagar politik untuk melaksanakan kedaulatan nasional Indonesia dan yurisdiksi nasional Indonesia. Suatu negara dapat diakui sebagai suatu wilayah yang merdeka dan berdaulat (dalam hukum internasional disebut “wilayah tertentu” atau batas wilayah tertentu). Penetapan wilayah suatu negara didasarkan pada faktor-faktor tertentu, seperti aspek sejarah, politik, atau hukum. Sangat penting untuk menentukan batas wilayah dan yurisdiksi suatu negara.

Keluarga Asuh Dalam Pembinaan Teritorial Satgas Pamtas Yonif 407/pk

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2005 tentang Penatausahaan Pulau-Pulau Kecil Terluar, terdapat 92 pulau terluar yang termasuk dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 92 pulau tersebar di 18 provinsi dan berbatasan dengan 10 negara tetangga yaitu: Australia (27 pulau), Filipina (11 pulau), India (6 pulau), Malaysia (17 pulau), Papua Nugini (1 pulau), Republik Palau ( 7 pulau), Singapura (4 pulau), Thailand (1 pulau), Timor Leste (6 pulau) dan Vietnam (3 pulau), sedangkan 9 pulau berbatasan dengan Samudera Hindia. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2002 tentang Daftar Koordinat Geografis Titik Pangkalan Kepulauan Seluruh Indonesia, terdapat 183 titik pangkal (masih termasuk Pulau Sipadan dan Pulau Ligitan) sebagai acuan penentuan batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. . Indonesia. Dari 183 titik utama, 92 diantaranya berada di pulau terluar. Hal ini menunjukkan pentingnya pulau kecil terluar dalam konteks kedaulatan negara.

B. Untuk pulau-pulau berpenghuni, keadaan masyarakat di wilayah tersebut masih terisolir dan terpinggirkan, sehingga mempunyai kerentanan yang tinggi baik di bidang ekonomi, politik, dan keamanan.

D. Keterbatasan infrastruktur dan fasilitas kepemimpinan, pengawasan dan pembangunan, terutama di pulau-pulau terpencil, tidak dapat diakses, dan berpenduduk jarang.

E. Pulau-pulau perbatasan umumnya berukuran sangat kecil sehingga rentan terhadap degradasi alam dan manusia.

Israel Palestina: Garis Perbatasan Dalam Peta Dari Masa Ke Masa

T. Terdapat salah tafsir terhadap UU 34 Tahun 2004 tentang otonomi daerah sehingga menimbulkan konflik kewenangan dalam pengelolaan wilayah perairan.

Kawasan pulau-pulau terluar sangat penting bagi pembangunan bangsa dan negara, karena kawasan ini mempunyai nilai geopolitik yang strategis dan ekonomis. Hal ini terkait dengan penguasaan zona ekonomi eksklusif dan wilayah landas kontinen serta secara politis terkait dengan batas wilayah maritim. Kawasan ini juga berpotensi menjadi zona perselisihan dan konflik dengan negara tetangga, serta menentukan struktur geografis dan cakupan kawasan.

Baca Juga  Lamanya Permainan Softball Dalam Satu Kali Pertandingan Adalah

Strategi pengembangan pulau-pulau kecil terluar tersebut di atas hendaknya dilaksanakan secara terpadu lintas sektor. Pembangunan yang dilaksanakan harus terpadu dengan prioritas peningkatan kesejahteraan dan keamanan masyarakat, mulai dari tahap perencanaan, sampai dengan pelaksanaan konsep kemitraan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan pembangunan dengan keterlibatan mandiri. lembaga. Integrasi pembangunan daerah lintas batas memerlukan manajemen kemitraan, karena beban pembangunan tidak dapat ditanggung oleh pemerintah daerah hanya dengan sumber daya keuangan, sumber daya manusia, dan kelembagaan. Seluruh lembaga sektor terkait harus berperan serta dalam pembangunan pulau kecil terluar tersebut, dengan menggunakan berbagai sumber dana pembangunan (lokal, nasional dan internasional), kekuatan perekonomian daerah, serta peran pemerintah dan swasta perbankan dan non perbankan. keuangan. lembaga.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2005, pengelolaan pulau-pulau kecil terluar dikoordinasikan oleh Kelompok Koordinasi Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil Terluar yang selanjutnya disebut Kelompok Koordinasi. Tim tersebut merupakan forum koordinasi yang tidak terstruktur dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Tim tersebut bertugas mengkoordinasikan dan merekomendasikan rencana serta pelaksanaan pengelolaan pulau-pulau kecil terluar; serta pemantauan dan evaluasi pelaksanaan. Tugas sehari-hari kelompok koordinasi dibantu oleh gugus tugas yang dikoordinasikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Tahukah Anda seberapa besar Indonesia? Simak pengertian beserta batas darat, laut, dan udara Indonesia pada artikel geografi kelas 11 dibawah ini.

Letak Geografis & Astronomis Indonesia Serta Pengaruhnya Bagi Indonesia

Bagaimana jika mantan Menteri Perikanan dan Kelautan RI Ibu Susi Pujiastuti suka menenggelamkan kapal-kapal pencuri ikan negara lain yang melintasi batas negara kita? Selain itu, mencuri ikan adalah suatu tindakan

Yang dilarang undang-undang, wilayah, juga tidak dilarang mengambil ikan dan memasuki kedaulatan negara kita tanpa izin.

Mari mengenal batas negara kita agar anda bisa lebih mencintai dan mengenal negara Indonesia tercinta ini.

Tahukah Anda kalau Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia? Menurut Badan Informasi Geospasial, Indonesia memiliki luas sekitar 5.180.053 km2 dan memiliki 17.499 pulau. Dari luas total tersebut, luas perairan di Indonesia mencapai 3.157.483 km2, dan luas daratan sekitar 1.922.570 km2. Secara geografis, Indonesia juga berbatasan dengan beberapa negara, baik di darat maupun di laut.

Pdf) Pendampingan Pengelolaan Wilayah Perbatasan Di Indonesia: Lesson Learned Dari Kkn Ppm Ugm Di Kawasan Perbatasan

Menurut undang-undang no. 43 Tahun 2008 menegaskan bahwa wilayah negara Indonesia meliputi daratan, wilayah perairan, dasar laut dan tanah di bawahnya, serta wilayah udara di atasnya, termasuk seluruh sumber kekayaan. Dengan adanya pembagian batas-batas hukum tentunya akan mengurangi berbagai bentuk pelanggaran yang dapat terjadi, seperti masuknya warga negara asing ke wilayah Indonesia tanpa izin.

Baca Juga  Bagaimana Cara Termudah Untuk Melestarikan Pancasila Dewasa Ini

Dalam menentukan batas laut di Indonesia, biasanya kita menggunakan cara menggambar garis dari bagian pantai terendah pada saat air pasang beberapa mil ke belakang. Terdapat beberapa pembagian dalam batas maritim ini, antara lain sebagai berikut.

Laut teritorial adalah batas maritim yang membentang sepanjang 12 mil (19,3 km) dari garis pangkal hingga laut lepas. Garis pangkal yang dimaksud adalah garis yang ditarik di pantai pada saat air pasang. Batasan wilayah menjadikan wilayah maritim Indonesia menjadi satu kesatuan seperti saat ini. Laut antar pulau bukanlah laut lepas sehingga kapal asing tidak bisa leluasa keluar masuk wilayah Indonesia.

Jika dua negara menguasai laut yang lebarnya kurang dari 24 mil, maka cara menentukan wilayah teritorial negara tersebut adalah dengan menarik garis yang berjarak sama dari pantai luar.

Ini Batas Pulau Jawa Di Laut Dan Darat Serta Ukurannya

Di laut teritorial ini, Indonesia mempunyai hak kedaulatan penuh. Negara lain boleh berenang di kawasan ini dengan izin dari pemerintah Indonesia.

Landas kontinen merupakan perpanjangan benua yang terendam air laut. Batas landas kontinen diukur pada kedalaman 200 meter di bawah permukaan laut. Namun jika landas kontinen sangat mulus, maka batasnya akan diukur 200 mil dari pantai.

Oleh karena itu, wilayah laut dangkal seluas 200 m pada zona laut ini merupakan bagian dari wilayah negara. Batas landas kontinen diukur keluar dari garis pantai, jarak terjauhnya adalah 200 mil.

Negara dapat memanfaatkan sumber daya alam yang ada di landas kontinen negaranya. Pemerintah mempunyai hak dan wewenang dalam pemanfaatan, misalnya ikan atau komoditas pertambangan, dengan menghormati dan tidak melanggar jalur pelayaran internasional.

Apa Yang Melatarbelakangi Sengketa Batas Wilayah Antara Indonesia Dan Malaysia?

Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE adalah wilayah seluas 200 mil laut yang diukur dari garis pangkal pantai terjauh pulau itu ke arah laut. Apabila ZEE suatu negara tumpang tindih dengan ZEE negara lain, hal tersebut dapat ditentukan melalui perundingan antar negara dan dibagi rata.

Di ZEE, negara mempunyai hak untuk melakukan eksplorasi, pemanfaatan dan

Bagaimana kondisi pendidikan di indonesia saat ini, bagaimana kondisi ekonomi indonesia pasca pengakuan kedaulatan, bagaimana kondisi indonesia dilihat dari keunggulan komoditasnya, bagaimana kondisi pendidikan indonesia saat ini, bagaimana kondisi perekonomian indonesia saat ini, bagaimana kondisi pengangguran di indonesia saat ini, bagaimana kondisi ekonomi indonesia saat ini, bagaimana kondisi, bagaimana kondisi palestina saat ini, bagaimana kondisi kekayaan laut indonesia, bagaimana kondisi ekonomi indonesia pada awal kemerdekaan, bagaimana kondisi tanah di indonesia