Apa Yang Mempengaruhi Keanekaragaman Flora Dan Fauna Indonesia – Apa saja faktor yang mempengaruhi persebaran tumbuhan dan satwa di Indonesia? Yuk simak penjelasan dibawah ini beserta sebaran wilayah distribusinya.

Siapa yang suka mengunjungi kebun binatang? Adakah di antara Anda yang tertarik mempelajari keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia? Keanekaragaman hayati inilah yang harus kita lindungi bersama.

Apa Yang Mempengaruhi Keanekaragaman Flora Dan Fauna Indonesia

Namun tahukah Anda faktor apa saja yang mempengaruhi persebaran hewan dan tumbuhan di Indonesia? Jenis apa saja yang ada, kan? Yuk, kita belajar bersama!

Peneliti Biodiversitas Se Asia Pasifik Gelar Konferensi Di Aceh

Ada empat faktor yang berkontribusi terhadap persebaran tumbuhan dan hewan. apa pun? Yuk, kita bahas satu per satu.

Faktor iklim merupakan faktor yang berhubungan dengan cuaca dan iklim suatu daerah yang mempengaruhi flora dan fauna daerah tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi iklim antara lain suhu udara, kelembaban, sinar matahari, hujan dan angin.

Namun faktor iklim yang paling berpengaruh adalah suhu. Semakin panas atau dingin suhu suatu daerah, maka semakin sedikit tumbuhan atau hewan yang dapat bertahan hidup di daerah tersebut.

Misalnya di daerah gurun yang sangat panas, hanya sedikit hewan yang dapat bertahan hidup, seperti unta, kadal gurun, dan tanaman kaktus. Demikian pula di daerah kutub yang sangat dingin hanya hewan berbulu tebal seperti beruang kutub atau lumut yang dapat bertahan hidup.

Bukti Kekayaan Tak Terbatas Dalam Keanekaragaman Hayati Di Indonesia

Faktor tanah merupakan faktor yang berhubungan dengan keadaan tanah pada suatu daerah yang mempengaruhi keberadaan flora dan fauna pada daerah tersebut. Unsur-unsur tersebut dapat berupa pH tanah, tekstur tanah, struktur tanah, jenis tanah, kadar air tanah, dan kadar udara.

Semakin subur tanah suatu daerah maka semakin banyak pula flora dan fauna yang dimiliki daerah tersebut. Misalnya, tanaman pasti akan lebih banyak tumbuh di tanah aluvial yang subur. Berbeda dengan tanah kapur, tidak banyak tanaman yang bisa tumbuh di sana.

Faktor fisik geografis merupakan faktor yang berkaitan dengan kondisi alam suatu wilayah. Ada dua faktor yang mempengaruhi hal tersebut yaitu ketinggian dan topografi. Oleh karena itu, flora dan fauna di daerah pegunungan akan berbeda dengan di daerah pesisir.

Baca Juga  Sifat Yang Tidak Tampak Pada Individu Dikendalikan Oleh Gen

Misalnya, kambing bisa ditemukan di daerah pegunungan, namun tidak di daerah pesisir. Sebaliknya, kepiting bisa ditemukan di wilayah pesisir, namun tidak di dataran tinggi.

Faktor Persebaran Flora Dan Fauna Didunia​

Misalnya, kelelawar menjatuhkan biji dari buah yang dimakannya. Benih tersebut kemudian tumbuh menjadi tanaman di lokasi baru. Contoh lainnya adalah manusia membantu menyebarkan berbagai tumbuhan dan hewan ke seluruh dunia. Hal ini memberikan kita kesempatan untuk melihat di negara kita flora dan fauna endemik dari negara lain.

Setelah memahami faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran hewan dan tumbuhan, kini kita bahas wilayah persebaran hewan dan tumbuhan Indonesia. Sebaran flora dan fauna Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah. apa pun? Dengarkan penjelasannya.

Flora dan fauna wilayah ini terdapat di kepulauan Indonesia bagian barat, mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Flora dan fauna di kawasan ini mirip dengan daratan Asia.

Sebaran flora di Indonesia bagian barat dipengaruhi oleh iklim Af (tropis lembab) dan Am (tropis monsun). Fitur-fiturnya adalah sebagai berikut:

Faktor Dan Zona Persebaran Flora & Fauna Di Indonesia

Flora daerah ini antara lain Gandaria, Kasturi, Vine, Mayegao, Meranti, Rafflesia dan anggrek hutan.

Fauna kawasan ini antara lain gajah, harimau sumatera, badak bercula satu, elang jawa, tapir, orangutan, harimau, marmot, dan merak jawa hijau.

Flora dan fauna di wilayah ini dapat ditemukan di seluruh pulau-pulau di Indonesia bagian tengah, seperti Sulawesi dan Nusa Tenggara. Beberapa flora dan fauna di kawasan ini mempunyai ciri khas tersendiri sehingga disebut endemik.

Sebaran flora di Indonesia bagian tengah dipengaruhi oleh iklim Am (musim tropis) dan Aw (sabana tropis). Fitur-fiturnya adalah sebagai berikut:

Gorontalo, Wilayah Penting Keragaman Hayati Indonesia

Hewan yang terdapat di Indonesia bagian tengah sering dikatakan endemik atau hanya ditemukan di wilayah ini dan tidak ditemukan di daerah lain. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

Flora dan fauna Indonesia bagian timur terdapat di wilayah timur Indonesia yaitu Kepulauan Maluku dan Papua.

Satwa yang ada di kawasan ini antara lain kanguru pohon, kanguru tanah, burung cendrawasih, burung beo, kasuari, walabi, dan burung bowerbird.

Nah, Anda lebih paham bukan? Nah, jika Anda menemukan tumbuhan dan hewan di kebun binatang atau taman konservasi, Anda bisa mengklasifikasikannya sendiri. Ingin mempelajari lebih dalam? Yuk nyalakan video animasi interaktif di ruang belajar.

Pdf) Kajian Inventarisasi Keanekaragaman Jenis Flora Dan Fauna Hutan Lindung Kasinan Kota Batu

Penulis konten dan pelaku konten. Saya harap artikel saya memuaskan Anda dan membantu Anda mempelajari satu atau dua hal! : Flora dan fauna Indonesia tersebar di banyak wilayah. Sebaran ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu tanah, geografi dan bioklimat.

Baca Juga  Wujud Pelaksanaan Kedaulatan Rakyat Antara Lain

Tumbuhan Indonesia terbagi menjadi Paparan Sunda, Paparan Sahul, dan Paparan Peralihan. Sedangkan faunanya terbagi menjadi Barat/Asia, Timur/Australia, dan Transisi/Asia-Australia.

Untuk lebih jelasnya, lihat peta sebaran flora dan fauna Indonesia di bawah ini berdasarkan modul elektronik Geografi Kemendikbudristek Tingkat XI Nyoman Suarning.

Kawasan ini mencakup flora Papua, termasuk hutan hujan tropis, pohon rasamala, nipah, bakau, kayu putih, pohon mato (pometia pinnata) dan sagu.

Ciri Ciri Bioma Tundra, Taiga, Sabana, Stepa, Gurun, Dan Hutan

Flora peralihan meliputi Sulawesi dan sekitarnya. Namun flora Sulawesi pada dasarnya merupakan campuran flora Paparan Sahul dan Paparan Sunda. Tumbuhan yang paling menonjol di Sulawesi adalah kayu eboni atau kayu ulin. Selain itu, Provinsi Nusa Tenggara Timur juga kaya akan kayu cendana.

Fauna Asia meliputi pulau Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. Hewan-hewan yang ada di Indonesia bagian barat berasal dari daerah timur.

Contoh fauna Asia adalah mamalia seperti gajah, tapir, rusa, kerbau, orangutan, dll. Selain itu juga terdapat reptil, burung, unggas, ikan air tawar, dan babi guinea. Pesut merupakan spesies lumba-lumba yang berasal dari Sungai Mahakam.

Fauna Australia terdapat di Irian Jaya dan beberapa pulau kecil disekitarnya. Fauna Indonesia bagian timur terdiri dari mamalia seperti kanguru, walabi, beruang, dll.

Persebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia Dan Di Dunia

Ada juga Nokdiak (landak Irlandia), posum terbang, kanguru, kanguru pohon, reptil, amfibi, burung, ikan, dan berbagai serangga. Burung itu antara lain burung cendrawasih, kasuari dan masih banyak lagi.

Fauna peralihan terdapat di Timor, NTB, NTT, Sulawesi dan Kepulauan Maluku. Mamalia yang termasuk anoa, babi rusa, monyet hitam, tarsius, monyet sabun, dll.

Fauna lainnya antara lain reptil seperti kadal, komodo dan Sua. Selain itu, terdapat amfibi dan berbagai jenis burung. Burung yang berada di zona transisi antara lain mallard, bebek mandarin, rangkong, udang, dll.

Perlu diketahui bahwa sebaran fauna Indonesia dibatasi oleh Garis Wallace dan Garis Weber. Silsilah Wallace berbagi fauna Asia dan peralihan. Pada saat yang sama, garis keturunan Weber berbagi fauna peralihan dan Australia. Dengan iklim tropisnya, Indonesia terkenal dengan keanekaragaman flora dan fauna yang sangat tinggi. Diperkirakan sekitar 10% atau lebih dari 25.000 spesies tumbuhan dunia terdapat di Indonesia. Sementara itu, Indonesia adalah rumah bagi lebih dari 200.000 spesies hewan, termasuk mamalia, burung, reptil, dan serangga.

Lembar Kerja Biodiversitas Untuk Kelas 11 Di Quizizz

Sebaran flora dan fauna Indonesia dapat dibagi menjadi tiga wilayah utama: Barat (Asiatis), Tengah (Peralihan) dan Timur (Australis)²⁴.

Bagian barat meliputi Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan. Flora daerah ini umumnya meliputi karet, kapur barus, kemenyan, meranti, mahoni dan jenis lainnya.

Bagian tengah atau peralihan disebut Sabuk Wallace, dan flora serta faunanya berbeda dengan flora dan fauna di barat dan timur.

Ada empat faktor utama yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna di Indonesia: iklim, tanah (kondisi tanah), biologi (interaksi antar organisme) dan geografi (kondisi) 168 .

Baca Juga  Pada Tahun Berapa Mesin Pencari Google Berkembang Besar

Faktor Yang Mempengaruhi Persebaran Flora Dan Fauna Di Indonesia

Iklim mempengaruhi persebaran flora dan fauna melalui suhu, kelembaban, angin dan curah hujan16. Misalnya, daerah dengan suhu tidak ekstrim umumnya cocok untuk kelangsungan hidup berbagai spesies tumbuhan dan hewan.

Unsur-unsur kimia tanah diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Kesuburan tanah bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Inilah sebabnya mengapa jenis dan keanekaragaman flora berbeda-beda di setiap daerah⁶.

Interaksi antar organisme juga mempengaruhi persebaran flora dan fauna. Misalnya predator dan mangsa, parasit dan inang, serta persaingan antarspesies.

Sebaran flora dan fauna Indonesia sangat beragam. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti iklim, kondisi tanah, interaksi antar organisme dan kondisi lingkungan. Dengan memahami faktor-faktor tersebut, kita bisa lebih menghargai kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Datang dan pelajari berbagai jenis keanekaragaman hayati di dunia! Mulai dari Jenis Flora dan Fauna hingga Sebarannya Menurut Bioma dan Wilayah, lengkapi pada artikel Biologi Kelas 10 di bawah ini! —

Degradasi Lingkungan: Pengertian, Penyebab, Dampak, Bentuk Dan Cara Mengatasinya (2022)

Tahukah kamu? Ternyata setiap negara mempunyai flora dan fauna yang beragam lho! Hal ini menunjukkan bahwa dunia kita memiliki keanekaragaman hayati. Apa itu keanekaragaman hayati?

, apa yang membedakan flora dan fauna tiap negara? Oleh karena itu, persebaran berbagai jenis hewan dan tumbuhan di dunia dipengaruhi oleh banyak faktor

Kali ini kita akan belajar tentang keanekaragaman hayati yang terdapat di dunia, termasuk berbagai tumbuhan dan hewan, serta sebarannya.

, ada yang tahu apa itu bioma? Bioma adalah suatu kawasan yang kondisi lingkungan dan organismenya mempunyai ciri-ciri yang hampir sama (mirip).

Memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Internasional 2022

Secara alamiah, bioma yang terbentuk di suatu kawasan tentu akan berbeda dengan kawasan lainnya. Perbedaan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain iklim, suhu, dan curah hujan.

Salah satu tumbuhan khas yang hidup di daerah gurun adalah kaktus. Hal ini tentu berbeda dengan kawasan hutan hujan tropis yang curah hujannya tinggi. Jenis tanaman di kawasan tersebut juga akan semakin beragam.

Bioma tundra terletak di Arktik dan meliputi Kanada, Siberia, Rusia, dan Finlandia. Bioma tundra memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Pepohonan lebat dan sebagian besar tertutup salju. Mengapa? Soalnya, wilayah tundra

Dukung Sdgs Poin 15, Pertamina Lakukan Konservasi Flora Dan Fauna Melalui Program Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman flora dan fauna, keanekaragaman flora dan fauna di indonesia, keanekaragaman flora fauna, faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna, keanekaragaman hayati flora dan fauna, faktor yang mempengaruhi flora dan fauna, faktor apakah yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna di indonesia, faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna di indonesia, faktor yang mempengaruhi penyebaran flora dan fauna, faktor yang mempengaruhi sebaran flora dan fauna, keanekaragaman hayati flora dan fauna di indonesia, mengapa indonesia memiliki keanekaragaman flora dan fauna