Apa Manfaat Menjadi Anak Sholeh – Setiap makhluk akan mati. Ketika masing-masing Ibnu Adam meninggal, semua akan kembali kepada Sang Pencipta. Kalau ada yang meninggal, semua pekerjaan kita terhenti, kita tidak bisa lagi berdoa, berzikir, bersedekah. Berikut 3 (tiga) amalan yang menjadikan kita mendapat pahala bahkan setelah meninggal dunia: sedekah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh mendoakan orang tuanya.

إِذَا مَاتَ الْإِنْسانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ النن مِلَِن مِلََّا

Apa Manfaat Menjadi Anak Sholeh

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terhenti amalannya, kecuali tiga hal (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau doa anak yang shaleh” (HR. Muslim no. 1631)

Ketakwaan Orang Tua Menjadi Sebab Allah Menjaga Anak Keturunan

Jariah artinya mengalir. Amal jariah merupakan amal yang berkembang, yaitu amal yang tetap memberikan manfaat bahkan setelah seseorang meninggal dunia.

“Dari Abu Hurairah (RA). Rasulullah SAW bersabda yang artinya: Jika seseorang meninggal dunia, maka berhentilah amalnya kecuali 3 amalan, salah satunya adalah sedekah. (H.R. Muslim, An-Nasai dan lain-lain).

An-Nevawi menjelaskan hadits ini, menjelaskan: “Hal yang sama berlaku untuk amal, yaitu wakaf. (Muslim Sharh Sahih).

Jadi tidak semua sedekah adalah sedekah. Sesuatu disebut wakaf apabila berwujud suatu benda dan mempunyai manfaat, tetap atau tidak dikonsumsi, misalnya harta benda. Misalnya, jika Anda menyumbangkan uang Anda untuk pembangunan petani, selama petani mendapat manfaat, imbalannya akan tetap mengalir kepada orang tersebut.

Baca Juga  Berikut Ini Merupakan Tanda Tanda Akan Datangnya Hari Kiamat Kecuali

Manfaat Sedekah Jariyah

Kini perkembangan wakaf yang sekarang dikenal dengan wakaf moneter dan wakaf melalui uang, wakaf saham, wakaf sukuk link dll telah meningkat pesat.

Marilah kita semua mencari ilmu dan mengkaji ilmu dengan sungguh-sungguh demi keridhaan Allah SWT. Dan ilmu yang diperoleh diamalkan untuk kemaslahatan orang banyak. Kami ingin menerapkan pengetahuan yang kami dengar dan peroleh kepada orang lain.

Ilmu yang bermanfaat juga merupakan ilmu yang mendekatkan diri kepada Allah. Sebaliknya, ilmu yang tidak bermanfaat justru mengalihkan perhatian Anda dari Allah SWT.

Bagaimana kita mendapatkan ilmu yang bermanfaat? Ilmu itu Nurrun (cahaya), maka ilmu itu tidak akan diberikan kepada orang yang berbuat dosa.

Indonesia Berbagi Peduli

Keinginan setiap orang tua adalah membesarkan anaknya menjadi orang baik, misalnya rajin ke masjid, menjadi ulama Al-Qur’an, menyekolahkannya ke tempat hafal Al-Qur’an. Ia juga ingin menarik perhatian pada pendidikannya. Maka ia akan menjadi anak yang bertakwa hingga menjadi simpanan orang tuanya yang mendoakan orang tuanya meski sudah meninggal.

Di antara tanda-tanda ketakwaan seorang anak adalah keinginan mendoakan orang tua. “Doa adalah kehendak hati yang baik dari seorang anak yang menginginkan orang tuanya mendapatkan keamanan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Pertama: Jika seseorang meninggal, amalannya berakhir. Oleh karena itu sebelum meninggalnya seorang muslim hendaknya meningkatkan ketakwaannya.

Kedua: Allah menjadikan hamba karena setelah mati pun ia dapat menerima pahala, itu adalah anugerah dari Allah.

Orang Tua Berharap Anak Yang Sholeh

Keempat: Di antara amal shaleh lainnya yang bermanfaat bagi jenazah seorang muslim setelah meninggal dunia yang dilakukan oleh orang yang masih hidup adalah permohonan kebaikan yang ikhlas kepada jenazah. Doa tersebut meliputi doa memohon ampun, ampunan, surga, pembebasan dari neraka dan berbagai doa baik lainnya.

Baca Juga  Sebutkan Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Keramik Halus

”, bukan berarti doa hanya bermanfaat untuk anak-anak. Doa orang lain yang niat baik untuk almarhum pun tetap bermanfaat, Insya Allah. Oleh karena itu, umat Islam wajib melakukan Janazah atas jenazah dan mendoakan jenazah tersebut, meskipun jenazah tersebut bukan ayahnya.

Keenam: Pentingnya pernikahan disebutkan dalam hadis, dan kita dianjurkan untuk menikah dan beranak agar mempunyai keturunan yang shaleh (agar bermanfaat bagi kita kelak ketika kita meninggal). (Nur Hafifa)

Saya ingin Wakaf Mari kita bersama-sama membangun Wakaf untuk memberdayakan masyarakat lebih dari 16 juta penerima manfaat Bayar Wakaf sekarang

Khutbah Jumat: Membangun Dan Mempersiapkan Generasi Penerus Yang Tangguh