Apa Itu Struktur Teks – Esai kelas VIII bahasa Indonesia ini membahas tentang penulisan narasi. Mulai dari definisi, ciri, gaya, pola perkembangan, struktur hingga contoh.

Anda seharusnya melakukan percakapan dengan teman-teman Anda, mendiskusikan topik yang masing-masing dari Anda punya pendapat. Misalnya saja seperti ini!

Apa Itu Struktur Teks

Nah, tahukah Anda kalau informasi yang dideskripsikan dalam teks percakapan termasuk dalam teks deskriptif?

Pengertian Teks Tanggapan, Ciri, Kebahasaan, Dan Strukturnya

Artikel merupakan suatu bentuk informasi dan pengetahuan dalam bentuk singkat, berdasarkan sudut pandang (argumen) penulis. Jadi kalau kita lihat dari definisinya, teks ekspositori adalah teks atau teks yang memuat informasi dan pengetahuan. Informasi tersebut diperoleh berdasarkan fakta atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Selain itu, teks presentasi juga memuat pendapat (argumen) penulis.

Jadi, mari kita lihat kembali teks percakapan di atas. Dalam perbincangan tersebut, mereka berbagi informasi tentang bahaya pengemudi yang tidak menaati peraturan lalu lintas. Diantaranya mendapatkan denda dan kemungkinan terjadinya kecelakaan yang tidak hanya membahayakan diri sendiri, namun orang lain juga.

Oleh karena itu, dalam pidatonya mereka juga berpendapat bahwa penyebab kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas adalah kelalaian, ketidaksabaran dan pengetahuan terhadap rambu-rambu jalan. Oleh karena itu, perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat mengenai rambu lalu lintas dan pentingnya menaati peraturan lalu lintas saat berkendara.

Baik dan kamu? Setelah membaca penjelasan diatas, apakah anda paham apa yang dimaksud dengan teks ungkapan? Sebenarnya ada dua jenis penawaran. Itu bisa lisan atau tulisan. Jika penyampaiannya diucapkan, berarti bentuknya lisan. Sebaliknya jika dalam bentuk tertulis berarti sudah masuk dalam bentuk tertulis seperti yang telah kami sebutkan pada artikel ini. Mudah untuk mengatakannya, bukan?

Struktur Teks Cerita Sejarah Dan Kaidah Kebahasaannya

Ciri-ciri penulisan ekspositori ada dua, yaitu gagasan dan fakta. Konsep dapat diartikan sebagai pemikiran atau gagasan, sedangkan fakta adalah peristiwa atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Umumnya fakta terdiri dari informasi berupa angka, antara lain waktu, tanggal, lokasi, atau pernyataan yang dapat dibuktikan kebenarannya.

Sampah dianggap tidak berguna. Namun sampah bisa dijadikan sumber pendapatan jika dikelola dengan baik. Dengan cara ini, sampah dapat menjadi sumber daya yang bernilai ekonomi. Pengelolaan sampah dilakukan di berbagai daerah.

Baca Juga  0 5 Diubah Menjadi Pecahan Biasa

Warga Pasar Ciputat, Tangerang, bisa dijadikan contoh. Warga mengelola sampah dengan menggunakan peralatan yang disediakan swasta sesuai kesepakatan dengan pemerintah setempat. Hal serupa juga dilakukan warga Kaliabang, Kota Bekasi. Warga dan pengelola RW setempat mengelola sampah lokal. Sampah dapur atau sampah rumah tangga diubah menjadi kompos dan pupuk cair. Sampah yang dapat didaur ulang merupakan sampah cair yang langsung dibuang oleh warga sekitar. Langkah ini dilakukan dengan menyadarkan warga untuk memisahkan sampah basah dan padat. Hasil yang dicapai dapat memenuhi kebutuhan warga dan lingkungan. Selain itu, kompos tersebut dijual ke instansi pemerintah dan swasta di wilayah tersebut. Pengomposan sampah lokal dapat memberikan lapangan kerja dan pendapatan yang baik bagi warga.

Dengan contoh-contoh tersebut, pencegahan sampah tidak lepas dari keterlibatan masyarakat dan peran pemerintah. Masyarakat harus belajar memilah sampah. Peran pemerintah sangat diperlukan dalam pelaksanaan dan penerapannya. Untuk dapat menjalin keterhubungan dengan pihak swasta diperlukan peran pemerintah. Jika pemerintah berhasil menyediakan teknologi pengelolaan sampah yang bermitra dengan pihak swasta, maka biaya pengelolaan sampah dapat ditekan. Sektor swasta juga dapat berperan dalam distribusi dan pembelian sampah.

Struktur Teks Ceramah

Oleh karena itu, pada kalimat kedua dan ketiga bab pertama, penulis memaparkan gagasan bahwa sampah dapat menjadi sumber nilai ekonomi jika dikelola dengan baik. Dalam hal ini, secara tidak langsung penulis mengajak pembaca untuk menyikapi permasalahan sampah yang dibahas pada pernyataan di atas.

Kemudian, penulis juga memberikan bukti pendukung berdasarkan fakta pada bab kedua. Disebutkan, warga Pasar Ciputat dan Kaliabang berhasil mengelola sampah lokal. Sampah dapur dan rumah tangga diubah menjadi kompos dan pupuk cair yang dapat dijual ke lembaga pemerintah dan swasta.

Sampai di sini, sudahkah Anda memahami perbedaan antara opini dan fakta? Hmm, kalau masih belum yakin, coba jawab kuis di bawah ini cus!

Mari kita lanjut ke pembahasan selanjutnya ya? Penulisan naratif memiliki empat tahap perkembangan. Diantaranya ada metode pengembangan yang bersifat umum-spesifik, khusus, indikatif, dan komparatif.

Struktur Teks Algoritma

Cara ini juga bisa disebut sebagai pengunduhan unit. Mengapa demikian? Sebab, gagasan pokok atau main idea berada di awal bab dan dijelaskan dengan banyak kalimat penjelas. Contoh:

Meski bukan minuman sehat, kopi mempunyai efek positif bagi gigi. Sebuah penelitian terbaru di Cappuccino, Italia, membenarkan fakta tersebut. Carlo Pruzzo, dari Universitas Ancona, menjelaskan senyawa dalam kopi mencegah bakteri menempel pada gigi. Campuran ini juga efektif menghilangkan bakteri yang dapat merusak gigi secara langsung.

Baca Juga  Asean Merupakan Organisasi Kawasan Asia Tenggara Merupakan Bentuk Kerjasama

Pada teks di atas, penulis menyampaikan gagasan dasar yang bersifat umum di awal bab, yaitu kopi memberikan efek positif pada gigi. Kemudian, gagasan pokok tersebut diperluas menjadi beberapa kalimat deskriptif tertentu. Oleh karena itu, untuk menjelaskan dampak positif kopi terhadap gigi, penulis mencantumkan beberapa hasil penelitian pada kalimat ketiga dan keempat.

Berbeda dengan model sebelumnya, model ini bisa disebut unit produksi. Pasalnya di awal bab, penulis akan memberikan banyak kalimat deskriptif. Kemudian diakhiri dengan kalimat umum atau gagasan umum yang dijadikan kesimpulan. Contoh:

Sebutkan Struktur Teks

Gerakan alam yang berbasis pada “kesadaran lingkungan sehat” telah dimulai di kalangan generasi muda. Ada beberapa organisasi lokal yang anggotanya terdiri dari pelajar, baik remaja SMP, SMA, maupun pesantren. Apalagi di tingkat SMA, keberanian penelitian ilmiah semakin meningkat. Peristiwa seperti ini menjadi bukti bahwa generasi muda masa kini tidak selalu mempunyai nilai-nilai buruk.

Anda dapat membaca teks di atas. Di awal bab, penulis menyatakan bahwa kecintaan terhadap alam semakin diminati kalangan muda. Selain itu, generasi muda ini juga mulai berani melakukan penelitian ilmiah. Kemudian, di akhir bab, penulis menunjukkan bahwa isu-isu tersebut menjadi bukti bahwa generasi muda tidak selalu melakukan hal-hal buruk. Oleh karena itu, kesimpulan ini merupakan gagasan utama bab ini.

Lanjutkan dengan pola pengembangan berikutnya. Dalam proses pengembangan gambar, penulis akan menyampaikan gagasannya di awal bab. Kemudian diperluas dengan beberapa gambar yang dapat mendukung gagasan tersebut. Gambar ini merupakan cara untuk memperkuat informasi dari pengalaman penulis. Tujuannya adalah untuk memperjelas gagasan yang dikemukakan. Contoh:

Olahraga merupakan serangkaian kegiatan yang menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, jika kita berolahraga kita bisa terhindar dari penyakit. Misalnya saja berenang, olahraga yang dilakukan di dalam air, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan paru-paru saat bernapas. Selain itu, olahraga apa pun bisa menyehatkan tubuh.

Teks Tersebut Termasuk Struktur Teks Bagian A.definisi Umum B.deskripasi Bagian C.deskripsi Manfaat

Oleh karena itu, dalam teks ini penulis menyampaikan gagasan bahwa olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh. Selanjutnya penulis memberikan contoh renang yang dapat meningkatkan pernapasan pada paru-paru.

Dalam metode ini, penulis akan mengungkapkan ide-ide yang serupa atau berbeda, situasi atau hal lainnya. Tujuannya untuk menekankan gagasan penulis untuk meyakinkan pembaca. Contoh:

Baca Juga  Di Dalam Menjelaskan Kembali Suatu Teks Tentunya Dipengaruhi Oleh

Susu kedelai dikenal sebagai sumber protein, namun kandungan protein susu kedelai jauh lebih rendah dibandingkan susu sapi. Menurut salah satu sumber, kandungan protein susu kedelai adalah 6,73 gram, lebih sedikit dibandingkan susu sapi yang memiliki protein 8,02 gram.

Pola perbandingannya jelas, kawan. Pada kalimat pertama, penulis membandingkan kandungan protein susu kedelai dan susu sapi. Perbandingan tersebut didukung oleh data dari salah satu sumber yang menyebutkan bahwa kandungan susu kedelai jauh lebih rendah dibandingkan susu sapi.

Memahami Struktur Teks Iklan Dan Unsur Unsurnya

Mari kita beralih ke argumen terakhir, ya? Selain pola perkembangan, teks ekspositori juga mempunyai struktur. Struktur esai ekspositori terdiri dari tesis, serangkaian argumen, dan pernyataan kembali. Di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya.

Pada dasarnya bagian esai akan memuat topik permasalahan yang ingin diangkat oleh penulis. Kemudian pada bagian rangkaian pembahasan akan dikemukakan pemikiran atau pendapat penulis terkait dengan permasalahan tersebut. Pada bagian ini penulis akan memberikan fakta-fakta yang mendukung gagasan yang telah dikemukakan. Terakhir, klaim berisi kesimpulan dari topik yang dibahas.

Oleh karena itu, dalam teks, paragraf pertama adalah tesis. Bab ini memuat permasalahan yang ingin penulis bahas yaitu permasalahan pengelolaan sampah. Kemudian, bagian kedua adalah rangkaian diskusi. Dalam paragraf tersebut penulis berargumen bahwa tindakan yang dilakukan warga Pasar Ciputat dan Pasar Kaliabang bisa dijadikan contoh. Dengan mengolah sampah dapur dan sampah rumah tangga menjadi kompos dan pupuk cair, kemudian menjualnya kepada pemerintah dan swasta, hasilnya dapat memberikan aktivitas dan pendapatan yang baik bagi masyarakat setempat.

Selain itu, penulis juga memaparkan fakta berupa aktivitas yang dilakukan warga sekitar dan pemerintah dalam upaya pengelolaan sampah. Bagian ketiga adalah afirmasi ulang. Dalam bab ini penulis mengemukakan bahwa upaya pengelolaan sampah memerlukan peran masyarakat dan pemerintah.

Teks Prosedur, Struktur & Contoh Kalimat Yang Digunakan

Teman-teman, semoga artikel ini cukup bagi anda untuk memahami pengertian penulisan narasi secara singkat. Jika dirasa penjelasan ini belum lengkap, Anda bisa menyaksikan demo script Ruangbelajar. Ada juga ide petir lho! Pemahaman materi menjadi lebih cepat.

Hasanah, W. (2021) Cara Kompos Mengatasi Masalah Sampah Rumah Tangga [Online]. Tautan: https://tekno.tempo.co/read/1455815/cara-buat-pupuk-kompos-megatasi-problem-sampah-rumah-tangga (Diakses: 7 Juni 2021) Detail yang perlu Anda ketahui bantuan anggaran dan kendala waktu. Pertanyaan dikirimkan secara anonim dan dapat dirahasiakan 100%.

Temukan guru terbaik untuk membantu Anda menjawab pertanyaan Anda. Guru-guru kami berkualifikasi tinggi dan bersertifikat.

Instruktur Anda yang tepat akan memberi Anda bantuan khusus berdasarkan pertanyaan spesifik Anda. Pembayaran hanya setelah Anda menyelesaikan sesi 1 lawan 1 sesuai kepuasan Anda

Struktur Dan Unsur Kebahasaan Teks Prosedur Yang Perlu Dipahami

Struktur teks review, contoh struktur teks eksposisi, struktur teks humor, struktur teks biografi, struktur teks report, struktur teks, sebutkan struktur teks iklan, struktur teks hasil observasi, struktur teks cerita, struktur teks observasi, macam macam struktur teks, teks berita beserta struktur