Apa Fungsi Pancasila Bagi Bangsa Indonesia – 1, fungsi Pancasila sebagai dasar negara adalah mengatur pemerintahan, yaitu Pancasila dijadikan dasar penyelenggaraan pemerintahan menurut nada dan isi yang disebutkan dalam prakata UUD 1945.

2. Tugas Pancasila sebagai ideologi negara adalah memperkuat atau memperkuat persatuan bangsa Indonesia. Hal ini dikarenakan negara Indonesia merupakan negara multiras, dengan banyak suku, budaya, dan bahasa.

Apa Fungsi Pancasila Bagi Bangsa Indonesia

3. Berfungsinya Pancasila sebagai alat persatuan bangsa, yaitu alat atau alat yang ampuh untuk mempersatukan bangsa Indonesia, oleh karena itu tidak ada alasan untuk membangun masyarakat yang majemuk dan bersatu. Hal ini dikarenakan Pancasila merupakan falsafah hidup dan kepribadian bangsa Indonesia yang mengandung nilai-nilai dan prinsip-prinsip luhur yang diyakini paling benar, benar, bijaksana dan berkelanjutan bagi bangsa Indonesia sehingga memungkinkan bangsa Indonesia mempersatukan bangsa – semua. Orang Indonesia.

Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

4. Fungsi Pancasila sebagai Sumber Hukum Nasional, yaitu Pancasila yang merupakan sumber ketertiban hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sumber tatanan hukum Indonesia adalah pandangan hidup, kesadaran, gagasan hukum dengan gagasan moral yang mewujudkan intelektual perasaan dan karakter bangsa Indonesia. .

5. Karya Pancasila adalah suatu kesepakatan mulia bagi negara, tentang janji yang diucapkan dalam kemerdekaan negara Indonesia. Akhirnya ketika bangsa Indonesia memutuskan merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.

6. Tugas Pancaila sebagai pedoman hidup nasional adalah memimpin kehidupan sehari-hari yang juga merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Pertanyaan baru di PPK Bagaimana menjaga lingkungan tanpa mengurangi kebutuhan akan perumahan? BiologiD. Jawaban dukungan dan intelektual Temukan 15 situs lokal, tradisi lokal, kesenian tradisional, dan permainan tradisional

Baca Juga  Saha Nu Dimaksud Sarerea Dina Rumpaka Pupuh Durma Teh Jawabannya

Materi Infografis Bab 4 Pendidikan Pancasila