Anake Gelungan Ibune Ngrembyang Yaiku – Anak-anak umumnya suka menebak, seperti halnya anak-anak suku Jawa. Menebak-nebak selain untuk bersenang-senang juga bisa melatih konsentrasi, jadi selain bermain juga bisa belajar. Dalam bahasa Jawa, tebak-tebakan juga bisa disebut teka-teki.

Cangkriman dalam pengertian Jawa adalah teka-teki yang isinya harus dibaca atau dibaca dan dijawab. Cangkriman adalah permainan pengolah kata yang isinya harus ditebak.

Anake Gelungan Ibune Ngrembyang Yaiku

Cangkriman memiliki jenis yang berbeda-beda, setidaknya ada 4 jenis teka-teki, yaitu teka-teki perpindahan, teka-teki wancahan, teka-teki blenderan, dan teka-teki lagu. Pada pembahasan kali ini saya akan menyebutkan contoh puzzle animasi karena puzzle ini paling sering digunakan saat bermain game.

Nuno’s Multimedia: May 2012

Seperti namanya, teka-teki ini terkait dengan perpindahan. Arti dari teka teki ini dalam bahasa jawa adalah teka teki yang memiliki arti bergerak atau irib iriban. Artinya, teka-teki perpindahan adalah teka-teki dengan arti yang sama dengan perpindahan.

7. Ada seekor burung yang dikurung dalam sangkar yang rapat, dan sepertinya tidak bisa keluar, diberi makan dan minum yang cukup, ketika burung itu menghilang selama setahun, kemana perginya?, berubah menjadi ayam.

11. Ada seekor binatang di hutan. Setiap orang harus takut. Saat pria memakainya, hewan tersebut tidak lagi menakutkan dan tidak menggigit pria tersebut. Apa nama binatang itu? Bangkai: babi hutan.

12. Ada banyak peralatan di dapur. Begitu Macaklin bisa terbang. Barangay: Kalu. Ada teks arabnya, dibaca dari mana?, akarnya: dari hutan.

Baca Juga  Tuliskan Cara Melakukan Latihan Keseimbangan Seperti Gambar Di Atas

Laporan Individu Praktik Lapangan Terbimbing (plt) Di Smp Negeri 14 Yogyakarta

24. Jika seorang ibu memiliki dua anak, seorang ibu memiliki dua anak, dan tiga ibu tidak memiliki anak, maka hasilnya adalah: salak.

30. Ada cicak di atas pintu. Jika cicak pergi, pintu menjadi binatang yang bisa terbang. Apa nama binatang itu? Menangani: panjang.

42. Hewan apakah yang memiliki kepala di kaki, mata di kaki, hidung di kaki, dan semua yang ada di kaki? Kaki ayam patah.

Ini adalah dilema yang dipertahankan sejauh ini. Cangkriman bukan sekedar permainan tradisional, melainkan budaya yang harus kita lestarikan.

Kisi Kisi Bahasa Jawa 2023