Air Bendungan Dapat Dimanfaatkan Oleh Petani Sebagai Sarana – Teknologi pengelolaan air ini penting sebagai sumber air irigasi di lahan pertanian Banjarbaru (ANTARA) – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian ingin para petani menerapkan teknologi tersebut

“Teknologi pengelolaan air ini penting sebagai sumber air irigasi di lahan pertanian serta untuk memenuhi kebutuhan domestik dalam menghadapi ancaman kekeringan,” kata peneliti hidrologi Balai Penelitian Agroklimat dan Hidrologi Balitbangtan Ir Hendri Sosiawan CESA, di Banjarbaru, Kaliantan Selatan, Selasa.

Air Bendungan Dapat Dimanfaatkan Oleh Petani Sebagai Sarana

Hendri menjelaskan, untuk menghadapi musim kemarau tahun ini yang diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BKG) akan terjadi pada minggu kedua Juni 2020, para petani harus siap menerapkan teknologi pengelolaan air yang telah dikembangkan Balitbangtan dalam program tersebut. kepemimpinan Dr Ir Fadjry Djufry.

Tingkatkan Produksi, Petani Konawe Diajak Maksimalkan Saluran Irigasi

Salah satunya adalah pemanenan air sebagai upaya menjaga aliran air hujan dan air permukaan pada suatu kawasan yang tertampung pada bangunan air (ebung,

Meski lahan basah memiliki konotasi sumber air yang melimpah, kata Hendri, namun di beberapa daerah juga mengalami kekeringan pada musim kemarau, seperti pasang surut tipe C, D, dan rawa rendah.

Atau saluran panjang yang sebenarnya merupakan saluran sekunder dan/atau tersier yang dibangun pemerintah di atas lahan rawa.

Merupakan bangunan konservasi air memanjang pada lahan pertanian yang dibuat untuk menampung air yang berasal dari air hujan dan limpasan permukaan.

Search Results For:

Pada dataran pasang surut dilakukan melalui pembangunan sistem blok konservasi pada berbagai tingkat pada saluran tersier dengan spesifikasi desain, sebaran dan kuantitas sesuai dengan kondisi dan karakteristik dataran pasang surut, standarisasi pintu air pada petak-petak yang melakukan belum ada. berfungsi secara optimal, membangun saluran kuarter di sawah dan membangun gorong-gorong (o

“Pada lahan rawa dimaksudkan untuk mengendalikan tinggi muka air di persawahan, terutama untuk mencegah munculnya pirit, serta untuk menyediakan cadangan air pada saat air berkurang pada musim kemarau dan untuk mengatasi banjir yang tidak terkendali pada saat air pasang. musim hujan”, kata Antan, Kepala Balai Penelitian Pertanian Rawa (Balittra) juga.

Yang dilakukan di Desa Tengah Taban Baru, Kecamatan Taban Catur, Kabupaten Kapuas, Kaliantan Tengah, untuk mengkonversi lahan rawa “bongkor” menjadi lahan produktif dengan indeks potensi pertanian (IP) 200.

Baca Juga  Agar Dapat Meloncat Dengan Tinggi Maka Harus Melakukan

Hal ini dapat dilakukan secara efektif di seluruh kabupaten yang memiliki lahan basah, bukan tidak mungkin untuk meningkatkan indeks pertanian, meningkatkan produktivitas lahan basah, dan mencapai penggandaan produksi padi lahan basah dalam waktu yang tidak lama lagi.

Manfaat Bendungan Bagi Manusia, Ketahui Komponen Pembentuknya

“Di Taban Baru tengah, untuk lahan kering dan tadah hujan, upaya pengumpulan air dapat dilakukan dengan membuat ebung dan sumur pertanian,” kata Hendri.

Menurutnya lagi, melalui sentuhan berbagai teknologi yang dikembangkan Balitbangtan, produktivitas pertanian dapat tetap terjaga dan cadangan pangan bagi 260 juta masyarakat Indonesia dapat tercapai, meski di tengah ancaman pandemi COVID-19. Jatigede keren banget! Setelah memiliki bendungan terbesar di Indonesia di Bandung dengan biaya Rp. 6,5 triliun, bisa menghilangkan 1 juta kawasan hijau

Setelah melalui proses pembangunan yang rumit, Bendungan Jatigede akhirnya selesai dibangun pada tahun 2015 dan diresmikan oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga: Link Tontonan Maou Lv1 One Room Yuusha Episode 3: Musuh Baru Max! Selesaikan Aliran Raja Iblis dan Pahlawan Satu Ruangan Level 1

Upaya Konservasi Sumber Daya Air Melalui Peningkatan Situ Padabeunghar Di Area Kebun Raya Kuningan Ditinjau Kepala Bbws Cimanuk Cisanggarung

Luas wilayah bendungan ini meliputi 28 desa di Kecamatan Darmaraja, Kecamatan Wado, Kecamatan Jatigede dan Kecamatan Jatinunggal di Kabupaten Sumedang.

Tak hanya berperan sebagai pencegah banjir di berbagai wilayah Jawa Barat, Bendungan Jatigede juga memiliki fungsi lain.

Selain itu waduk ini juga digunakan sebagai sarana budidaya perikanan air tawar, tempat berlatih olah raga air bahkan sebagai objek wisata.

Air ini mampu mengairi 90.000 hektar lahan pertanian di Kabupaten Cirebon, Indramayu, dan Majalengka yang menjadi sumber penghidupan para petani di wilayah tersebut.

Kementerian Pupr: Modernisasi Irigasi Dukung Ketahanan Pangan Nasional

Baca juga: TAMPILKAN SEKARANG! Streaming Masamune-kun’s Revenge Season 2 Episode 3 Sub Indo: Pengakuan Aki – Tayang Hari Ini di IQIYI

Jaraknya hanya 7 km dari pusat kota Gresik! Nama desa unik di Gresik Jawa Timur ini bikin ngakak, bukan saya, tapi siapa?

4 kecamatan inilah jagoan penghasil pisang terbanyak di Kabupaten Sumedang. Apakah Anda pikir Anda bisa mencapai 1 juta kuintal sehari?

31, 3 km dari pusat Sumedang! Kecamatan ini jagoannya penghasil pisang terbesar di Kabupaten Sumedang, sehari bisa mencapai 2 kuintal?

Perencanaan Embung (bab V)

Kontroversi Kartika Putri Minta Presiden Pilih Siapa Punya Quran Terbaik, Netizen Menumpang Sendiri – Carilah Kepala Negara, Bukan Pemimpin Rumah Tangga.

20 Foto dan 26 Video Porno 2 Siswa SMK di Tulungagung Dibagikan di Grup FB, Ibu Kepergok Main di Media Sosial, Ini yang Terjadi

Siapakah orang tua Putri Sudali? Profil lengkap wanita yang mengundang Seungri eks BIGBANG ke pernikahannya membuat heboh kalangan VIP Indonesia

Beberapa Kasus Hilang Saldo di DANA Apk, Kolom Instagram DANA Batasi Komentar Usai Diserbu Banyak Netizen yang Kecewa

Capai Elevasi Ideal, Bendungan Logung Masih Belum Bisa Dimanfaatkan

Beli tiket tapi tidak bisa terbang? Netizen menyebut video penumpang Etihad menangis, tidak diperbolehkan naik pesawat, berperan sebagai korban setelah mengungkap sampulnya?

Baca Juga  Iringan Berikut Yang Tidak Sesuai Untuk Senam Irama Adalah

Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman – Simak Profil Lengkap, Kisah & Viral Usai Dikenal Sebagai Paman Gibran yang Menjadi Hakim dalam Sidang 7 Kasus Batasan Usia Capres dan Cawapres.

Nonton 2 Days & 1 Night Season 4 Episode 204 Sub Indo di KBS2 Bukan platform streaming ilegal. Simak bocoran sinopsisnya di sini. Manado (ANTARA) – Hujan sedang hingga lebat mengguyur wilayah Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa, dan Kota Tomohon pada Jumat (27/1) dini hari.

Akibatnya, beberapa sungai yang mengalir ke Kota Manado meluap sehingga menyebabkan banjir dan tanah longsor di beberapa subwilayah.

Jokowi Resmikan Bendungan Sindang Heula Banten Yang Bisa Jadi Pembangkit Listrik

Kementerian Pekerjaan Umum dan Akomodasi Umum (PUPR) menilai peran Bendungan Kuwil Kawangkoan dalam meredam banjir di Kabupaten Minahasa Utara, Airmadidi, Sulawesi Utara.

Bendungan Kuwil Kawangkoan terhubung dan satu sistem dengan Sungai Tondano dan danau yang bertujuan untuk mengurangi banjir di sekitar Kota Manado sebesar 25 persen atau 146,6 m3/detik.

Tak hanya sebagai pengendali banjir, bendungan ini juga memiliki potensi wisata yang dapat mendongkrak sektor pariwisata dan diharapkan dapat menyuplai kebutuhan air baku bagi pengembangan Kawasan Ekonomi Industri Khusus (KEK) di Kota Bitung dan Pariwisata Likupang. KEK di Kabupaten Minahasa Utara.

Pemilihan kedua tempat ini didasarkan pada hasil teknik analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kualitas faktor suatu proyek (studi kelayakan) bahwa daerah tersebut merupakan posisi yang paling sesuai, selain interval terpendek dan yang memiliki penyimpanan terbesar. “Inilah prinsip perancangan bendungan,” kata Direktur Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Bob Arthur Lombogia.

Kementan Optimalisasi Sumber Air Guna Dorong Produksi Pangan

Bendungan yang baru diresmikan Presiden Jokowi pada Kamis (19/1) ini memiliki luas total 284,79 hektar (ha), terdiri dari area kolam renang seluas 157 hektar (ha), bangunan, dan kawasan wisata. ​7,3 hektar (hektar) dan luas repopulasi 120,49 hektar (hektar).

Sedangkan kapasitas penyediaan air baku waduk sebesar 4.500 liter/detik melalui PDAM yang dapat digunakan untuk air bersih di Kota Manado, Kota Bitung, dan Kabupaten Minahasa Utara.

Presiden mengatakan Bendungan Kowil Kawangkoan dibangun pada tahun 2016 dengan anggaran Rp1,9 triliun dan berkapasitas 26 juta meter kubik dengan luas kolam 157 hektare.

Pemerintah optimistis Bendungan Kuwil Kawangkoan dapat meredam banjir di Kota Manado dengan cara mengendalikan debit Sungai Tondano dengan menutup pintu-pintunya bila terjadi hujan lebat di wilayah tersebut.

Sambut Musim Tanam, Petani Di Pringsewu Gelar Mapak Tuyo

Fungsi Bendungan Kuwil untuk menampung air Airmadidi, Danau Tondano dan bagian hulu lainnya yang terjadi di Kota Manado dengan intensitas hujan maksimum yang sangat besar yaitu 300 milimeter, kata staf ahli tersebut kepada Menristek dan PUPR. industri. dan Juru Bicara Kementerian Lingkungan Hidup dan PUPR Endra S. Atmawidjaja.

Menurut Endra, perbukitan di kawasan Manado juga turut berkontribusi meningkatkan nilai limpasan air hujan ke permukaan tanah (limpasan) dan terkumpul di Sungai Tondano yang terletak di hilir Bendungan Kuwil.

Baca Juga  Selain Pola Lantai Untuk Mendukung Penyajian Suatu Karya Seni Adalah

Bendungan Kuwil Kawangkoan dibangun terutama dengan tujuan untuk mengurangi banjir di dalam dan sekitar Kota Manado sebesar 25 persen (146,6 m3/detik) yang terhubung dan satu sistem dengan Sungai Tondano dan danau.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir di Kota Manado pada tahun 2023 menggenangi empat kecamatan dan 19 kelurahan, yakni banjir akibat keluarnya Sungai Bailang di satu kecamatan. kabupaten (3 kecamatan), banjir akibat debit Sungai Mahawu di satu kecamatan (5 kecamatan) dan banjir dari Sungai Tikala. dua kecamatan (11 kecamatan).

Bendungan Cipanas Jadi Irigasi Dan Pemasok Air Baku Kawasan Rebana

Jumlah kecamatan yang terdampak lebih sedikit dibandingkan banjir besar yang melanda Kota Manado pada tahun 2014 sebelum Bendungan Kuwil Kawangkoan dibangun.

Tercatat pada tahun 2014, terjadi banjir Kota Manado dengan curah hujan maksimum 160 mm atau jauh di bawah curah hujan ekstrim tahun 2023 sebesar 300 mm, menggenangi area seluas 2000 hektar (hektar) di delapan kecamatan dan 36 kelurahan. . . , sedangkan tahun ini hanya 808 hektare.

Hujan dengan intensitas maksimum 300 mm di tujuh titik pengamatan berbeda melanda sebagian wilayah Sulut, khususnya Kota Manado, sejak Jumat dini hari (27/1/2023) hingga pukul 15.30 Wita.

Ke depan, Kementerian PUPR akan menambah sistem yang dapat memprediksi besaran banjir dalam beberapa hari mendatang dan luas wilayah banjir.

Irigasi Untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian

Teknologi ini dinamakan Flood Early Warning System (FEWS) dan menggunakan berbagai input data secara langsung (real time) serta data prakiraan beberapa hari ke depan.

“Bendungan ini dapat diintegrasikan di bagian hilir sehingga model pengoperasian bendungan ini dapat dikendalikan melalui peralatan yang terhubung dengan ruang kendali,” kata Direktur Sungai dan Biaya Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Bob Arthur . Lombok

Tak hanya sebagai pengendali banjir, Bendungan Kuwil Kawangkoan juga berpotensi menjadi objek wisata buatan bagi warga Minahasa Utara dan sekitarnya guna memaksimalkan tujuan pembangunan bendungan di Indonesia.

Kementerian PUPR menyediakan kawasan hijau dengan menanam 5.000 pohon di lahan seluas sekitar 50 hektar sebagai penghijauan, menjaga kestabilan suhu udara dan dalam jangka panjang dapat membantu mengurangi banjir.

Balitbangtan Minta Petani Terapkan Panen Air Antisipasi Kekeringan

“Masyarakat sepertinya butuh hiburan, agar keberadaan Bendungan Kuwil bisa dijadikan sebagai sarana wisata namun harus dikelola dengan baik,” kata Direktur Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. Kementerian PUPR , Bob Arthur. Lombok, fi

Diare dapat disebabkan oleh, bulu burung merak dapat dimanfaatkan sebagai, daun murbei dapat dimanfaatkan sebagai, kalsium hidroksida banyak dimanfaatkan sebagai, biogas dapat dimanfaatkan sebagai pengganti, kotoran sapi dapat dimanfaatkan sebagai, jenis ganggang yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan agar agar adalah, energi cahaya matahari dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yang disebut, chlorella dapat dimanfaatkan untuk, hasil tambang apakah yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi, jelaskan potensi pertambangan yang dapat dimanfaatkan oleh manusia, batang sorgum dapat dimanfaatkan sebagai