3 Etil 2 Metil Pentana – Salah satu keterampilan yang Anda perlukan saat mempelajari penamaan senyawa hidrokarbon adalah kemampuan untuk memeriksa apakah nama suatu senyawa sesuai dengan aturan IUPAC.

Nah, kali ini saya akan menjelaskan cara mengecek apakah nama senyawa alkana sudah sesuai dengan aturan IUPAC atau belum. Senyawa alkana yang sedang kita bahas adalah 4-etil-2-metilpentana.

3 Etil 2 Metil Pentana

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah menggambar rumus struktur senyawa pertama. Rumus struktur 4-etil-2-metilpentana adalah sebagai berikut:

Soal Tuliskan Rumus Struktur Dari Senyawa Berikut

Seperti namanya, rantai utama senyawa ini super lurus. Jika diperhatikan lagi, ternyata rantai ini bukanlah rantai karbon terpanjang dalam senyawa tersebut. Masih ada pilihan lain untuk rantai utama dengan 6 atom karbon, yaitu:

Ini adalah kesalahan pertama pada nama senyawa alkana di atas. Rantai utama dengan 6 atom karbon disebut heksana.

Jika rantai utama seperti yang ditunjukkan di atas, tidak ada cabang etil dalam senyawa ini. Dua cabang metil melekat pada atom karbon ke-2 dan ke-4 (kita mulai dari ujung kiri dengan bilangan bulat). Ini adalah kesalahan lain atas nama kombinasi di atas.

Jadi, inilah langkah-langkah yang perlu kita ambil untuk memeriksa apakah nama alkana yang diketahui sesuai dengan aturan IUPAC. Saya juga membuat video YouTube singkat yang menjelaskan hal serupa di bawah ini.

Tentuka Apakah Penamaan Berikut Benar Menurut Iupac .jika Benar Tuliskan Sturukturnya .jika Salah

Anda dapat menontonnya jika Anda mau. Jangan lupa untuk berkomentar, suka dan berlangganan. Terima kasih.

Baca Juga  Jelaskan Manfaat Melakukan Gerakan Berjalan Di Dalam Air

Etil metil eter, metil etil ester, 3 metil 2 butanon, metil etil propil butil, metil etil, 2 metil pentana, metil etil keton, 2 etil 4 metil, 2 3 dimetil pentana, 3 etil 2 pentena, metil etil propil, 3 metil 2 butanol