20 Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi – 1. Gambar 2. Lukisan 3. Sketsa 4. Karikatur 5. Karikatur 6. Vinyet 7. Siluet 8. Cetakan Tinggi 9. Poster 10. Fotografi 11. Grafiti 12. Kaligrafi 13. Stensil 14. Tekstil 15. Ilustrasi 16. Mosaik 18 Dinding 19. Logo 20. Kartun 21. Doodle 22. Wayang Kulit 23. Seni Kaca 24. Madding 25. Iklan 26. Desain Arsitektur 27. Sampul Buku 28. Lukisan Dinding 29. Lukisan Pasir 30 Seni Lukis 32. Seni Negatif 33. Peta 34. Cetak Biru 35. Seni Kode QR 36. Ilustrasi Fantasi 37. Pola 38. Konstruksi

Contoh karya seni rupa dua dimensi dapat kita jumpai dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Seni rupa sendiri merupakan suatu bentuk seni yang menggunakan media untuk menciptakan karya seni yang dapat dilihat dengan mata dan dirasakan dengan sentuhan.

20 Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa secara umum dibedakan menjadi dua kategori, yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi. Karya seni rupa dua dimensi atau dua dimensi adalah karya seni yang tidak mempunyai dimensi ruang, hanya berdimensi panjang dan lebar; Karya seni rupa tiga dimensi mempunyai ukuran, panjang, lebar dan volume.

Contoh Karya Seni Rupa Dua Dimensi Beserta Penjelasannya

Karya seni memang banyak sekali, selain dapat dinikmati keindahannya, beberapa karya seni juga dapat dijadikan benda yang dapat dimanfaatkan. Seni rupa yang mempunyai fungsi utilitarian pada umumnya disebut seni rupa terapan.

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, seni dua dimensi ini hanya memiliki panjang dan lebar. Namun karya seni dua dimensi tidak hanya mempunyai aspek estetis, ada juga karya seni dua dimensi yang mempunyai fungsi utilitarian.

Dalam beberapa kasus, sebagian orang masih kesulitan membedakan antara seni dua dimensi dan seni tiga dimensi. Untuk itu penting untuk mengetahui perbedaan contoh karya seni dua dimensi dan contoh karya seni tiga dimensi.

Berikut beberapa contoh karya seni dua dimensi beserta uraian singkatnya dari berbagai sumber di Sulawesi Selatan:

Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi, Pahami Pengertian Dan Kegunaannya

Lukisan merupakan salah satu contoh seni rupa yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Secara keseluruhan penataan figur ini mengedepankan unsur garis, bentuk dan fungsionalitas tanpa ekspresi apa pun.

Baca Juga  Apa Itu Chr Di Rp

Lukisan merupakan karya seni dua dimensi yang mengungkapkan bentuk objektif dengan komposisi dan nilai subjektif melalui ekspresi dan kreativitas.

Sketsa adalah salah satu contoh karya seni rupa dua dimensi berupa garis-garis sederhana yang dibuat secara spontan namun penuh makna. Sketsa tersebut dapat berupa lukisan denah atau lukisan bergaya sketsa.

Karikatur merupakan karya seni dua dimensi yang terdiri dari gambar-gambar yang telah diubah bentuk aslinya agar terlihat indah dan menarik.

Aliran Seni Lukis Beserta Ciri Ciri Dan Contoh Karyanya

Karikatur Ki Sarmidi Mangunsarkoro dalam buku Apa dan Siapa: Apa dan Siapa dalam buku Ki Sarmidi Mangunsarkoro (Repro Buku Guru Deshaprem)

Kartun merupakan karya seni dua dimensi yang menitikberatkan pada karakter suatu benda. Meski bentuknya telah terdistorsi, namun karakternya tetap dapat dikenali karena ciri khasnya.

Vignette merupakan karya seni dua dimensi yang berupa gambar dekoratif tanpa tujuan yang jelas. Biasanya cerita pendek dibuat untuk mengilustrasikan puisi, puisi, atau karya sastra lainnya secara ekstemporer untuk mengisi halaman kosong.

Siluet adalah gambaran suatu benda baik orang, binatang, pemandangan, atau bentuk padat lainnya dan hanya terdiri dari satu warna yaitu hitam. Secara sederhana, siluet dapat diartikan sebagai gambaran bayangan hitam suatu benda transitif atau intransitif.

Aliran Seni Rupa 2 Dimensi Beserta Gambar Dan Pelukisnya

Percetakan letterpress merupakan karya seni dua dimensi yang menggunakan referensi cetakan dengan bagian yang diperbesar. Dalam proses pencetakan, tinta akan diaplikasikan pada bagian yang diregangkan untuk menghasilkan gambar yang utuh.

Poster merupakan salah satu contoh karya seni dua dimensi, yaitu sejenis iklan yang memadukan teks dan gambar untuk menyampaikan informasi kepada banyak orang. Umumnya poster berbentuk brosur dan ditempatkan di tempat-tempat ramai dan strategis agar mudah dilihat.

Fotografi adalah seni menciptakan gambaran suatu objek dengan merekam pantulan cahaya pada media peka cahaya. Seni rupa dua dimensi ini tercipta melalui proses pengambilan foto dengan kamera, pencucian film, dan pencetakan gambar fotonya.

Graffiti adalah salah satu contoh karya seni dua dimensi berupa coretan yang dibuat pada dinding seng, beton atau kayu. Grafiti ini dibuat dengan menggunakan kombinasi warna, garis, bentuk dan volume untuk menuliskan kata, frase atau simbol tertentu menggunakan cat semprot.

Seni Rupa #3

Kaligrafi merupakan salah satu bentuk seni rupa dua dimensi berupa tulisan yang mengedepankan keindahan. Secara sederhana kaligrafi dapat diartikan sebagai tulisan yang indah dengan menata huruf dan menggunakan teknik tertentu agar terlihat menarik.

Seni stensil merupakan salah satu bentuk seni rupa yang menggunakan stensil sebagai alat utamanya. Stensil Dalam seni rupa, stensil digunakan untuk membuat desain atau pola khusus pada permukaan seperti kanvas, kertas, atau bahan lainnya.

Contoh karya seni kain tenun dua dimensi. Teknik menenun sendiri merupakan proses pembuatan kain dengan cara memadukan benang secara memanjang dan diagonal.

Baca Juga  Jelaskan Cara Untuk Melakukan Sikap Kapal Terbang

Kain tenun merupakan karya seni dua dimensi karena hanya memiliki tepi yang panjang dan lebar serta tidak memiliki volume.

Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 Beserta Kunci Jawabannya

Ilustrasi adalah karya seni dua dimensi yang dihasilkan dari visualisasi untuk memperjelas atau menjelaskan suatu bentuk, wujud atau keadaan. Seringkali gambar dapat ditemukan pada buku atau artikel di media online.

Batik merupakan salah satu contoh karya seni dua dimensi yang berupa kain dengan corak atau motif yang khas. Ini dapat dibuat dengan menggunakan teknik pewarnaan atau stempel batik.

Mosaik adalah salah satu jenis karya seni dua dimensi yang unsur-unsur kecilnya disusun membentuk suatu bentuk dan direkatkan pada bidang datar.

Mural merupakan salah satu contoh karya seni dua dimensi yang berbentuk lukisan atau lukisan. Yang membedakan mural dengan jenis lukisan atau lukisan lainnya adalah menggunakan dinding, tembok, atau media besar lainnya yang bersifat permanen.

Sejarah Seni Rupa Dua Dimensi

Logo merupakan karya seni dua dimensi yang menciptakan identitas visual suatu entitas dengan kriteria tertentu seperti bentuk, tampilan, dan warna. Logo dibuat dengan arti tertentu dan mewakili identitas suatu perusahaan, organisasi, produk, institusi dan lain-lain.

Komik merupakan salah satu contoh seni rupa berbentuk gambar yang sering dipadukan dengan teks atau informasi visual lainnya. Komik seringkali menjadi media yang digunakan untuk mengungkapkan ide-ide tertentu.

Doodle adalah gambar atau lukisan sederhana yang dibuat dalam bentuk abstrak. Doodle bisa dikatakan dibuat tanpa tujuan atau kesadaran tertentu, bahkan teknik melukis sama sekali tidak diperhitungkan dalam seni ini.

Wayang kulit merupakan salah satu jenis karya seni dua dimensi yang terbuat dari kulit binatang dan menggambarkan bentuk tokoh mitologi. Meskipun menggambarkan bentuk tokoh, namun karya seni jenis ini tidak mempunyai dimensi dimensional sehingga merupakan karya seni dua dimensi.

Jenis Jenis Seni Rupa Modern, Lengkap Beserta Penjelasannya

Seni kaca merupakan karya seni dua dimensi yang menggunakan kaca sebagai media dalam bentuk lukisannya. Melukis dengan teknik glass art sebenarnya mirip dengan teknik melukis lainnya, namun cat yang digunakan adalah cat kaca khusus berbahan dasar minyak atau pewarna besi.

Madding atau majalah dinding merupakan karya seni dua dimensi yang berfungsi sebagai media massa tertulis yang umum. Penutup dinding termasuk dalam kategori karya seni dua dimensi karena merupakan sarana ekspresi seni sekaligus sarana komunikasi.

Periklanan merupakan suatu karya seni rupa dua dimensi terapan yang menggunakan media tertentu sebagai pembawa informasi. Periklanan bertujuan untuk memperkenalkan, mempromosikan dan menyajikan suatu produk/jasa kepada masyarakat.

Perancangan arsitektur adalah proses pembuatan dan perencanaan bentuk, struktur dan fungsi suatu bangunan atau kompleks bangunan. Perancangan arsitektur mencakup berbagai aspek estetika, fungsi, konstruksi dan aspek teknis lainnya.

Seni Rupa Terapan: Pengertian, Fungsi, Jenis, Unsur Dan Contohnya

Sampul buku adalah bagian luar buku yang melindungi isinya. Sampul buku biasanya terbuat dari kertas atau bahan kuat lainnya dan terdiri dari sampul depan, sampul belakang, dan sampul buku (bila bukunya kelipatan).

Baca Juga  Jumlah Pemain Setiap Team Dalam Permainan Bola Basket Yaitu

Lukisan gua adalah coretan yang dilukis pada dinding gua atau tebing oleh orang-orang zaman dahulu sebagai sarana penyampaian pesan. Foto: Getty Images

Lukisan mural adalah suatu seni yang menampilkan karya seni lukis pada permukaan dinding. Mural bisa bermacam-macam bentuknya, mulai dari lukisan abstrak hingga yang menggambarkan suatu objek atau sesuatu yang spesifik.

Lukisan pasir merupakan salah satu jenis seni yang menggunakan pasir sebagai bahan utamanya. Dalam seni lukis pasir, seniman menciptakan suatu karya seni dengan cara menata atau menata pasir dengan cara tertentu.

Karya Seni Tradisional Asli Indonesia Dan Asal Daerahnya, Materi Ppkn

Lukisan pasir biasanya dibuat pada permukaan datar seperti meja atau lantai. Seniman dapat menggunakan tangan atau alat khusus, seperti kuas atau sandblaster, untuk menghias pasir dan membuat lukisan pasir.

Lukisan tanah liat merupakan salah satu bentuk seni yang menggunakan tanah liat sebagai bahan utamanya. Dalam seni lukis tanah liat, seniman menggunakan tangan atau alat khusus, seperti kuas atau cetakan, untuk menggambar, mengukir, atau merakit tanah liat menjadi sebuah karya seni.

Kaligrafi adalah suatu bentuk seni yang hanya terdiri dari garis-garis. Seni garis umumnya terdiri dari garis-garis yang dibuat dengan pensil, pena, atau alat lukis lainnya tanpa warna atau toning apa pun.

Lukisan negatif merupakan salah satu contoh karya seni dua dimensi berupa lukisan yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan efek negatif. Jika dilihat dengan mata telanjang, grafik akan menunjukkan bentuk yang samar-samar atau umum.

Bab 1 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi 2d

Peta merupakan gambaran permukaan bumi yang digambar pada bidang datar dengan skala tertentu. Peta dapat dibuat dan dicetak secara manual atau dalam bentuk grafik.

Gambar ini merupakan karya seni dua dimensi karena hanya mempunyai panjang dan lebar, tanpa unsur ruang dan volume.

Cetak biru adalah gambar yang digunakan arsitek untuk merencanakan bangunan, seringkali dengan desain yang detail. Blue Print bisa dikatakan sebagai master plan perencanaan proyek dalam skala besar maupun kecil.

Selain digunakan oleh para arsitek untuk merencanakan bangunan, cetak biru juga dapat diterapkan dalam bisnis untuk menggambarkan status suatu perusahaan serta rencana detailnya.

Jenis Jenis Karya Seni Rupa Tiga Dimensi, Ketahui Teknik Membuatnya

Kode QR adalah teknologi matriks dua dimensi yang dapat menyimpan berbagai jenis data

Contoh karya seni rupa tiga dimensi, contoh karya seni rupa terapan dua dimensi, contoh jenis karya seni rupa 3 dimensi, sebutkan contoh karya seni rupa dua dimensi, contoh karya seni rupa 3 dimensi murni, 10 contoh karya seni rupa 3 dimensi, contoh karya seni rupa terapan 2 dimensi, contoh karya seni rupa dua dimensi, contoh contoh karya seni rupa 2 dimensi, 3 contoh karya seni rupa 2 dimensi, contoh karya seni rupa terapan 3 dimensi, 5 contoh karya seni rupa 3 dimensi