2/3 Dibulatkan Menjadi – Pembulatan angka merupakan topik matematika yang diajarkan di kelas empat dan mencakup pengetahuan dasar yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, tidak heran jika pencarian materi bilangan putar memiliki kecenderungan yang meningkat, apalagi rotasi memiliki sub materi dengan aturan yang berbeda. Namun, artikel ini hanya berfokus pada satu sub materi, yaitu pembulatan angka ke satuan terdekat. Untuk memperjelas artikel ini disertai dengan contoh soal dan cara mencari jawabannya.

Membulatkan ke pecahan terdekat berarti mengurangi atau menambah nilai suatu bilangan dengan menghilangkan koma di depan beserta bilangan di sebelah kanannya, sehingga terdapat bilangan di sebelah kanan bilangan tersebut. Jika demikian, perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan hasil pengurangan atau penjumlahan nilai pembulatan bilangan ke satuan terdekat yaitu bilangan 10.

2/3 Dibulatkan Menjadi

Angka desimal adalah angka yang menempati tempat pertama setelah titik desimal dalam angka desimal, umumnya dikenal sebagai digit setelah tempat desimal. Itu diperoleh dengan membagi bagian dengan pecahan 10. Misalnya, hasil 6/10 = 0,6 (6 adalah angka 10), hasil 583/10 = 5,83 (angka 10 adalah 8).

Cara Cepat Membulatkan Pecahan Biasa Ke Satuan Terdekat

Singkatnya, angka yang dibulatkan ke satuan terdekat adalah angka desimal, sisi kanan angka satuan dipisahkan oleh koma diikuti dengan sepuluh. Berikut adalah contoh pembulatan ke satuan terdekat.

Teman-teman mau otomatis melihat hasil pembulatan angka ke satuan terdekat? Cukup gunakan kalkulator online di bawah ini. Penggunaannya mudah, pertama masukkan angka desimal, klik tombol Search Result, hasil pembulatan akan ditampilkan seperti berikut. Ingat!!! Kalkulator ini hanya digunakan untuk mencari hasil pembulatan ke satuan terdekat. Semoga beruntung

Baca Juga  Penghilangan Komponen Konsumen I Pada Suatu Ekosistem Kolam Akan Menyebabkan

Misalnya angka desimal yang akan dibulatkan adalah 345,68, tuliskan menjadi 345,68. Jika Anda ingin melengkapi atau ingin mengganti angka yang dibulatkan dengan angka lain, tekan Hapus untuk menghapus angka dari formulir hasil.

Cara lain yang bisa digunakan untuk membulatkan angka adalah dengan menggunakan Microsoft Excel. Jika Anda memiliki aplikasi ini di laptop/PC Anda, ya Anda dapat dengan mudah mendapatkan hasil, meskipun angka yang ingin dibulatkan sangat besar. Anda tinggal memasukkan rumus/fungsinya, hasilnya akan otomatis ditampilkan di layar laptop/desktop Anda. Anda suka?? Ayo lanjutkan.

Pembulatan Pecahan Biasa,desimal Dan Persen Worksheet

Fungsi Excel adalah ROUND. Fungsi ROUND adalah fungsi Excel yang ditujukan untuk membulatkan angka ke posisi yang diinginkan berdasarkan aturan pembulatan angka. Dengan menggunakan fitur ini berarti sobat tidak perlu bersusah payah menghafal dan menguasai aturan pembulatan angka terlebih dahulu.

Secara umum pembulatan bilangan atau bilangan dengan menggunakan fungsi ROUND memberikan hasil pembulatan yang paling baik dan mendekati nilai eksak karena hasilnya berdasarkan aturan sistem pembulatan bilangan, yaitu jika bilangan disebelah kanan bilangan yang akan dibulatkan lebih besar atau sama dengan 5 (≥ 5) maka akan dibulatkan, dan sebaliknya jika kurang dari 5 (<5) maka dilipat ke bawah.

Namun karena tulisan ini ingin dibulatkan ke satuan terdekat, berarti num_digits kita isi dengan angka 0 (nol), contoh penulisan rumusnya : =ROUND(B2;0). Berikut ini adalah contoh penggunaan rumus di Excel.

Gampang kan guys?? Kami berharap teman-teman terbantu dan tidak dibatasi. Ketiga cara di atas sama-sama bagus, namun disarankan untuk menggunakan cara manual karena cara ini sobat terlihat sudah ahli dan mengetahui aturan serta cara pembulatan angka. Penggunaan kalkulator dan excel online untuk informasi tambahan, penggunaannya disesuaikan dengan kondisi dan situasi tertentu.

Baca Juga  Intisari Dari Suatu Iklan Disebut

Kelas04_ayo Belajar Matematika_burhan Ary By S. Van Selagan

Demikian ulasan artikel matematika tentang pembulatan bilangan ke satuan terdekat, semoga bermanfaat. Jangan lupa klik tombol Bagikan di bawah untuk berbagi dengan beberapa teman.

Renovasi rumah 2 lantai menjadi 3 lantai, modifikasi motor roda 2 menjadi roda 3