10 Nama Alat Musik Dan Cara Memainkannya – Alat musik merupakan salah satu media yang sering digunakan dalam seni pertunjukan. Selain itu, faktanya beberapa alat tersebut masih berkaitan dengan sejarah atau budaya sejarah.

Hal ini juga berlaku di Indonesia. Seperti kita ketahui, di Indonesia banyak terdapat musik daerah dengan ciri khasnya masing-masing. Tak hanya soal gambar, beberapa di antaranya juga mampu mengeluarkan suara yang keras. Untuk informasi lebih lanjut, lihat uraian di bawah ini.

10 Nama Alat Musik Dan Cara Memainkannya

Seperti kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang kaya akan segala potensi di segala wilayah. Tidak hanya hasil pertaniannya, seni dan budaya di setiap daerah juga mempunyai keunikan tersendiri. Dari segi seni dan budaya, tidak akan jauh dari instrumennya.

Daftar Alat Musik Tradisional Indonesia: Angklung Hingga Sasando

Seringkali dalam seni dan budaya, kita selalu melihat berbagai alat musik yang digunakan oleh para pemainnya. Tidak hanya alat musik modern, banyak alat musik tradisional yang masih digunakan hingga saat ini. Hal ini sangat bermanfaat bagi generasi mendatang.

Seperti yang kita ketahui, setiap daerah khususnya di Indonesia mempunyai musik tradisional yang berbeda-beda. Tak hanya sekedar pertunjukan, nyatanya beberapa instrumen tersebut dapat dijadikan sebagai sarana sejarah dan edukasi bagi masyarakat. Untuk lebih jelasnya silahkan simak uraian dibawah ini.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Indonesia memiliki banyak produk musik dan modern. Beberapa di antaranya bahkan terkenal di luar negeri. Selain alat musik, beberapa di antaranya nyatanya masih dalam budaya dan kearifan lokal masyarakatnya. Untuk itu dibawah ini kami akan menjelaskan berbagai instrumen daerah yang ada di Indonesia. Diantara mereka:

Baca Juga  Jelaskan Pengertian Dari

Musik daerah yang pertama di Indonesia adalah sasando. Alat musik ini sudah dikenal masyarakat Indonesia. Selain image-nya yang unik, suara yang dihasilkannya juga sangat merdu. Yang membuat sasando istimewa adalah penggunaan bahan alami berupa daun lontar sebagai bahan utamanya. Menarik bukan?

Tuliskan 25 Alat Musik Beserta Daerah Asal Dan Cara Memainkannya​

Alat musik ini merupakan alat musik yang berasal dari Tanah Rote, sebuah kabupaten di Nusa Tenggara Timur. Cara memainkannya adalah memilihnya seperti gitar. Namun tidak semua orang bisa memainkannya dengan merdu, karena harus memiliki keahlian tertentu. Nama Sasando sendiri mulai terkenal ketika digunakan dalam kompetisi di ajang WOW tahun 2013.

Pernahkah anda mendengar musik angklung? Ya, alat musik kuno yang satu ini memang sangat terkenal dikalangan masyarakat. Selain gambarnya yang unik, ternyata suara yang dihasilkannya juga sangat merdu. Angklung berasal dari daerah Jawa Barat dan telah diakui sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO.

Selain dimainkan sendiri, Angklung juga dapat dipadukan dengan musik seperti dalam pertunjukan musik atau pertunjukan. Tidak hanya orang Indonesia saja yang menyukainya, orang luar negeri juga banyak yang suka mempelajarinya. Melihat hal tersebut, masyarakat Indonesia selalu bangga memiliki alat musik daerah yang bisa dikatakan terkenal di dunia.

Selain yang sudah dijelaskan di atas, ada satu lagi alat musik Indonesia yang patut Anda ketahui, yaitu Kendang. Secara umum alat musik ini sudah familiar di telinga masyarakat Indonesia. Kendang sering digunakan dalam pertunjukan-pertunjukan yang bernuansa Jawa.

Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia Dan Cara Memainkannya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kendang merupakan salah satu alat musik yang berasal dari Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur. Cara bermainnya adalah dengan memukulnya. Terdapat 2 sisi yang dapat dimainkan pada alat musik ini. Dan masing-masing sisi mempunyai suara yang berbeda-beda dan ketika diputar biasanya berganti dengan musik lain.

Baca Juga  Berikut Ini Yang Termasuk Alat Musik Ritmis Adalah

Alat musik tradisional lain dari Pulau Jawa adalah gamelan. Biasanya instrumen ini memiliki beberapa instrumen dasar dan disertakan. Meski terbilang kuno, nyatanya gamelan masih banyak digunakan dalam berbagai situasi seperti wayang, kuda lumping, atau sejenisnya.

Sama seperti angklung, musik gamelan juga menjadi terkenal di dunia. Bahkan banyak orang asing yang ingin mengetahui lebih jauh tentang alat musik asal Indonesia ini. Gamelan juga telah menjadi bagian dari kurikulum wajib di banyak sekolah di Amerika dan Selandia Baru.

Bonang juga menjadi salah satu alat musik daerah yang patut dilestarikan. Alat musik tersebut merupakan alat musik yang berasal dari Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur. Cara bermainnya adalah dengan memukulnya pada bagian samping atas.

Tradisional Musik Jawa Barat Dan Fungsinya

Seperti alat musik Jawa lainnya, Bonang juga sudah mendunia. Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung langsung ke Indonesia untuk mempelajarinya. Seringkali Bonang digunakan dalam acara pernikahan atau acara adat khususnya di Pulau Jawa.

Selain alat musik perkusi, Indonesia juga mempunyai alat musik petik lainnya yaitu harpa. Asal usul alat musik ini berasal dari Sulawesi Barat. Meski memiliki bentuk yang sederhana, namun suaranya mampu memberikan kenikmatan bagi pendengarnya.

Dalam pementasannya, kecapi sering dimainkan sendiri. Hal ini dikarenakan harpa mempunyai bunyi yang unik dan berbeda pada setiap senarnya. Suara musik ini sangat bagus untuk relaksasi pribadi.

Di antara banyaknya musik daerah yang ada di Indonesia, gong juga merupakan salah satu alat musik yang masih digunakan dalam pertunjukan tradisional hingga saat ini. Terbuat dari bahan kuningan, alat musik ini mampu menghasilkan suara yang unik. Umumnya gong digunakan dalam kesenian wayang atau Jawa.

Baca Juga  Buatlah Sebuah Teks Wawancara Singkat Tentang Manfaat Lingkungan

Alat Musik Tradisional Di Indonesia Dan Cara Memainkannya

Seiring berjalannya waktu, gong bukan sekadar alat musik. Bahkan saat ini, gong juga digunakan sebagai simbol perdamaian semua bangsa. Dan biasanya ukuran yang digunakan untuk tanda perdamaian sangatlah besar.

Pernahkah Anda mendengar kata “Genggong”? Bagi masyarakat awam, alat musik ini mungkin asing di telinga. Ya, senggong merupakan musik tradisional yang berasal dari Sumatera Selatan. Mainkan, tiupannya seperti harmonika.

Apalagi alat musik ini dulunya digunakan oleh para petani saat liburan. Meski sederhana, namun suaranya sangat indah. Selain bentuknya yang sederhana, Genggong juga menyimpan kisah kearifan lokal masyarakat Sumsel.

Masih dari daerah Sumatera khususnya Sumatera Barat, ada satu lagi alat musik yang patut dilestarikan yaitu Saluang. Secara umum alat musik ini mirip dengan seruling. Namun ada perbedaan terutama pada terowongan udara.

Alat Musik Melodis: Pengertian, Contoh, Dan Cara Memainkannya

Pada saluang hanya terdapat 4 lubang dan tentunya bunyinya lebih mudah dibandingkan seruling. Selain sebagai alat musik tradisional, saluang ternyata juga bermanfaat. Konon perangkat ini mempunyai kemampuan menghipnotis penontonnya.

Beranjak ke wilayah timur Indonesia, khususnya di Papua, terdapat musik daerah bernama tifa. Ya, alat musik ini merupakan salah satu alat musik khususnya bagi masyarakat maluku dan papua. Cara memainkan Tifa adalah dengan memukulnya menggunakan badan seperti tabung.

Meski memiliki gambaran yang sederhana, ternyata tifa ini sangat populer di kalangan wisatawan. Selain itu, alat musik tersebut biasanya juga dijadikan oleh-oleh atau oleh-oleh. Istimewanya, setiap kali dibuat selalu merupakan potongan maluku atau papua sehingga semakin tinggi nilai keindahan alat ini.

Alat Musik Tradisional Alat Musik Tradisional di Indonesia Alat Musik Seni dan Budaya Budaya Indonesia Budaya Indonesia Seni Tradisional Kesenian Daerah Alat Musik Tradisional di Indonesia Musik Tradisional Seni Budaya di Indonesia Kesenian Gendang berasal dari kendang Asal usul kecapi Asal daerah Gendang berasal dari daerah Nama alat musik Musik tradisional dan sejarahnya musik gendang dari kendang dari daftar musik gambar musik dan namanya musik tradisional dan akan melakukan cara memainkan gambar musik tradisional alat musik tradisional bali. alat musik tradisional Indonesia Papua

Macam Alat Musik Tradisional Indonesia Beserta Daerah Asalnya