Ukara Sing Nyritakake Kahanan Sawenehing Bab Marang Wong Liya Diarani – Apakah kamu suka buku ini Anda dapat menerbitkan buku Anda secara online secara gratis dalam hitungan menit! Buat flipbook Anda sendiri

Kirtya Basa IX 139 5. Disebut …. a. Sebuah kalimat yang memberitahu orang lain tentang keadaan hal-hal tertentu. kalimat panjangb. Kalimat campuranc. kalimat cerita d. Kalimat Pakon 6. Di bawah ini adalah contoh kalimat lamba …. a. Budi membeli baju dan Ali membeli tas. B. Siswa mendengarkan penjelasan guru. C. Cuacanya panas, tapi pemandangannya dingin. D. Rani tidak ikut piknik karena sakit. 7. Kalimat yang sesuai dengan bagian akhir teks laporan kegiatan adalah …. a. Borobudur tinggal di wilayah kabupaten Magelang. B. Jumlah anak yang mengikuti penelitian kepariwisataan adalah 135. c. Pekerjaan pariwisata dilakukan dengan lancar. D. Kegiatan wisata tersebut dilakukan pada tanggal 2 Maret 2015. 8. Contoh kalimatnya adalah …. a. Sumarno pergi ke rumah kakeknya. B. Karena buku itu menangis hari ini. C. Saya mampir ke toko buku Gramedia. D. Siswa berkumpul di taman. 9. ?numPkP]au laya/., adalah …. a. Naik perahu layar b. Perahu layarc. Perahu layar d. berjalan

Ukara Sing Nyritakake Kahanan Sawenehing Bab Marang Wong Liya Diarani

140 Kirtya Basa IX 10. “Pantai Parangtrit”, ejaan aksara Jawa yang benar …. a. ?[psisirprpr=t]itis\, b. ?pesisi/pr=tritis , c. ?pesisi/%r=t]itis\, d. ?pasisi]pr=t]itis\, B. Jawab pasien! 1. Dalam teks laporan kegiatan, tuliskan pernyataan tujuan 2 bae. 2. Buatlah cerita 2 kalimat dengan topik pariwisata! 3. Jelaskan dengan jelas perbedaan antara frase kata kerja dan frase kata kerja dan berikan contohnya! 4. Bentuklah kelompok menulis untuk menulis laporan kegiatan berdasarkan pengalaman perjalanan Anda bersama teman! 5. Tuliskan teks laporan kegiatan bagian pertama dengan tema wisata!

Buku Klas 12 Edit Terbaru(1) Rev Komplit

Kirtya Basa IX 141 Review Latihan Semester I Semester. Jawablah pertanyaan berikut dengan teliti dan pilihlah satu jawaban yang benar! Di rumah kakek Kunta yang berlubang-lubang dan atapnya bocor, banyak anak kecil yang menangis. Di pagi hari, anak-anak bersiap-siap untuk bermain. Eko dan Rudy: Hahaha…ha ha ha… Nenek Kunta: Hei, ada apa ini? Mengapa mereka begitu keras sehingga saya tidak bisa mendengarnya? Eko: Ini, kakek! Menertawakan Rido yang mengatakan ingin sekolah menjadi dokter. bukankah itu lucu Ahahaha…. 22. Kutipan dari teks lakon di atas, jika dari struktur teks termasuk bagian-bagiannya…. a. Interpretasi b. klimaks c. Komplikasi d. Akhir Di tengah teriknya hari, Eko, Rido dan kawan-kawan yang masih menari-nari di bawah lampu merah, berkeringat dan merasa gerah, maka mereka ingin membeli es untuk menenangkan leher. Tapi ada seorang anak di pinggir jalan yang terlihat kebingungan. 23. Paragraf di atas menurut struktur teksnya meliputi bagian …. a. Interpretasi b. klimaks c. Komplikasi d. Akhir Mbah Kunta : (Mbah Kunta yang selalu punya kebiasaan berbicara dengan anak-anak di rumah, kecuali Rido yang biasa berbicara dengan orang tua. Mbah Kunta hanya bisa tertawa)

Baca Juga  Jelaskan Bagaimana Proses Perancangan Pementasan Pantomim

142 Kirtya Basa IX Rídho: Tidak sayang! Yah, saya menjual koran bahkan sebelum saya pergi ke sekolah. Kemudian saya kembali ke sekolah bersama teman-teman saya. Untuk bisa membiayai sekolah dan menyetor uang untuk membuat makan siang di Nenek Kunta. 24. Petikan dari teks drama dialog Rideau di atas menggunakan bahasa …. a. Sangat polos b. sopan santun c. Juga D. Sopan santun 4. Dikutip dari teks lakon, wawancara Mbah Kunta di atas menggunakan bahasa…. a. Sangat polos b. sopan santun c. Juga D. adab 5. Dalam teks drama, bagian biasanya berupa teks cepat yang menjelaskan …. a. latar belakangb. Topik c. petak d. Plot 6. Disebut …. a. Interpretasi b. proposalc. latihan d. Latihan vokal 7. Apa yang harus dilakukan saat menulis teks drama setelah menentukan topik…. a. Menemukan inspirasib. memutuskan plot c. Selesaikan gambar d. Menulis teks yang menyenangkan

Kirtya Basa IX 143 8. Disebut …. a. topik b. karakter c. petak d. Paket 9. Teks yang mendeskripsikan, menjelaskan, menggambarkan sifat dan perilaku tokoh yang akan diperankan, latar/situasi terjadinya peristiwa dalam teks drama adalah …. a. kecepatan b. dialogc. puisi d. Puisi 10. Disebut …. a. Antagonistb. tambahanc. Asisten D. Narator 11. Namanya adalah …. a. pada skenario yang digunakan dalam drama tersebut. naskah dramab. Situasi dramatis c. unsur dramatis d. Teks drama 12. Disebut …. a. topik b. karakter c. alur d. amanat 13. ?ri[do z[mn Hi=p]ptTn p]bn, , jika ditulis dalam bahasa Latin yang benar…. A. Rido sedang bermain di perempatan Praban. B. Rido bermain di perempatan Praban. C. Rida menari di perempatan Praban d. Rida bermain di perempatan Praban. 14. Situasi dramatis harus digunakan untuk tujuan perumahan. Kalimat tersebut jika ditulis dengan aksara jawa yang benar adalah….

Baca Juga  Sebutkan Sumber Daya Alam Hewani Yang Digunakan Untuk Sarana Pengobatan

144 Kirtya Basa IX a. ?[sKnri[ao d]m seharusnya figunkK[k k=[go pe[do mn\, b. ?[sKnri[ao d]m kufu figunkK[k k=[ go pe[do mn\, c. ?se[knri[aod]mkufufigunkK[kk=[ go pe[do mn\, d. ?se[knri[aod]mkudu figunkK[k k=[gope[do mn, 15. Laporan kegiatan ditulis sebagai bukti telah dilaksanakannya kegiatan. Selain itu, laporan kegiatan ditulis …. a. dokumen pribadi siswa b. Dokumen untuk sekolah c. Akuntabilitas d. Menulis laporan Latihan 16. Struktur teks laporan kegiatan berurutan adalah …. a. Pembukaan, penutup, isi b. Pendahuluan dan isi c. pembukaan, isi, penutup d. Isi, pendahuluan, penutup 17. 1) Kegiatan wisata dilaksanakan pada tanggal 12-13 April 2015. 2) Berdasarkan hasil pertemuan dengan wali murid, kegiatan wisata dilakukan pada saat libur semester gasal. 3) Perjalanan dinas siswa kelas 9 berjalan dengan lancar. 4) Tujuan penelitian pariwisata adalah agar mahasiswa mengumpulkan data sejarah. Proposal yang sesuai untuk bagian awal laporan kegiatan ada di proposal no.

Bab 1 Mardika Smp Vii Rev

Kirtya Basa IX 145a. 1, 2b. 3, 4 detik. 1, 3d. 2, 4 18. Aturan penulisan teks deskripsi kegiatan meliputi …. a. Menurut strukturnya b. Penulisan harus benar c. menggunakan bahasa yang indah d. Detail dan foto terlampir 19. Disebut …. a. kalimat panjangb. Kalimat campuranc. kalimat cerita d. Kalimat Pakon 20. Di bawah ini adalah contoh kalimat Lamba yaitu …. a. Budi membeli baju dan Ali membeli tas. B. Siswa mendengarkan penjelasan guru. C. Lamongan panas tapi Malang dingin. D. Rani tidak ikut piknik karena sakit. 21. Di bawah ini adalah contoh kalimat kompleks yaitu …. A. Rani tidak ikut piknik di WBL. B. Rin dan Rina pergi piknik di WBL. C. Rini membeli ikan asin sebagai oleh-oleh. D. Rina tidak membeli apapun untuk mendapatkan sesuatu. 22. Kalimat yang sesuai dengan bagian akhir teks laporan kegiatan adalah …. a. Borobudur tinggal di wilayah kabupaten Magelang. B. Jumlah anak yang mengikuti penelitian kepariwisataan adalah 135. c. Pekerjaan pariwisata dilakukan dengan lancar. D. Kegiatan wisata dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2015. 23. Kalimat tersebut adalah contoh kalimat …. a. Sumarno pergi ke rumah kakeknya.

Baca Juga  Mempraktikkan Gerakan Berjalan Dapat Dilakukan Dengan

146 Kirtya Basa IX b. Dina menangis karena buku itu. C. Saya mampir ke toko buku Gramedia. D. Siswa berkumpul di taman. 24. ?numPkP]au laya/., adalah … penulis huruf latin yang benar. A. Menumpang kapal layar b. Perahu layarc. Perahu layar d. Kapal layar 25 “Pantai Parangtrit”, penulis skenario asli Jawa adalah …. a. ?[psisirPrPr=t]itis\, b. ?pesisi/pr=tritis , c. ?pesisi/%r=t]itis\, d. ?pacisi]pr=t]itis\, II. Jawablah pertanyaan berikut dengan cermat! 1. Jelaskan apa yang harus dipraktikkan oleh seorang pemain! 2. Perjelas segala sesuatu yang dapat dijelaskan sebagai teks dalam teks lakon! 3. Sebutkan dan jelaskan bagian-bagian cerita dalam teks drama! 4. Baca teks lakon “Rudy dan PS3” dan beri nama karakternya! Jelaskan karakternya! 5. Nilai moral apa yang dapat dipetik dari teks drama Rudy dan PS3 yang masih relevan hingga saat ini? menjelaskan! 6. Dalam teks laporan kegiatan, tuliskan pernyataan tujuan 2 bae. 7. Buatlah cerita 2 kalimat dengan topik pariwisata!

Kirtya Basa IX 147 8. Jelaskan dengan jelas perbedaan antara kalimat lisan dan kalimat lisan dan berikan contohnya! 9. Bentuklah kelompok menulis untuk menulis laporan kegiatan berdasarkan pengalaman perjalanan Anda bersama teman-teman Anda! 10. Tulis bagian pertama teks laporan kegiatan bertema wisata!

148 Kirtya Basa IX DAFTAR PUSTAKA Abicusna, 1996. Widya Basa. Surabaya: Ekspres Atmodjo, S. Prawira, 1996. Sastra Jawa. Surabaya: Yayasan Djojo Bojo. Basuk, Vido. 2004. Meditasi Alang-Alang Kumpulan Geguritan. Sidoarjo: Sanggar Zuhra Gupita Jatirahayu, Warih dan Margono Notopertomo. Ahli: Wayang sebagai sumber pendidikan karakter. Klaten: CV Sahabat. tim. 1948. Karti Bassa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Pedoman Umum Perbaikan Ejaan Huruf Jawa Latin. Yogyakarta: Balai Mangunsuwito, S.A. 2002. Kamus Bahasa Jawa, Bahasa Jawa-Indonesia. Bandung: CV. Anamavidya. Mardimin, John. 1987. Makapat keliling lagu. Air garam: Satya Vatyana. Maaf, Muhammad. 1995. Amsal, Amsal dan Ucapan. Solo: CV Aneka. Nurgiantoro, Burhan. 2000. Kajian Teori Fiksi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press. Padmosoekotjo, S, 1982. Tulisan Jawa Menggunakan Aksara Jawa. Surabaya: PT. Foto Jaya Murthy. ______ 1953. Seiring dengan sastra Jawa. Yogyakarta: Hien Hoo Sing. Poorwadarmint, W.J.S. 1939. Baoesastra DJawa. Batavia: J.B. Wolter Prawirodihardjo, S. 1980. Burat

Basa Jawa Xi 1&2

Novel doctor stranger kevin wong bab 621, wong sing