Sebutkan Struktur Teks Deskripsi – Sekarang mari kita pelajari pengertian, ciri-ciri, struktur, jenis, contoh, dll kalimat penjelas melalui teks bahasa indonesia kelas 7 berikut ini! —

Sobat harus sering-sering membaca artikel ya? Pada dasarnya menulis dibagi menjadi dua bagian utama: fiksi dan nonfiksi. Tentu saja membaca novel merupakan kegiatan yang menyenangkan bukan? Tapi bagaimana dengan teks non-fiksi?

Sebutkan Struktur Teks Deskripsi

Teks nonfiksi terbagi menjadi beberapa jenis tulisan, salah satunya adalah teks ekspositori. Wah, bagaimana deskripsinya? Guys, pada artikel kali ini kita akan membahas teks secara lengkap mulai dari pengertian, tujuan, ciri-ciri, struktur dan contohnya. Jika penasaran, silahkan simak penjelasannya di bawah ini!

Struktur Teks Dan Kaidah Kebahasaan Ulasan Novel Negeri 5 Menara

Menurut KBBI, kata deskripsi mempunyai kata lain yaitu deskriptif yang berarti menjelaskan atau mengungkapkan dengan kata-kata secara jelas dan rinci. Jadi, teks deskriptif berarti penjelasan yang jelas tentang sesuatu.

Ini bisa berupa benda atau makhluk hidup. Itu benar. Tentu saja, untuk menjelaskan sesuatu dengan jelas, Anda memerlukan detail tentang apa yang ingin Anda jelaskan dalam teks.

Menurut Utorodewo (2007), tujuan teks deskriptif adalah mendeskripsikan bentuk objek pengamatan, wataknya, rasa, gayanya, dan lain-lain melalui panca indera dalam proses mendeskripsikannya.

Ciri-ciri narasi dibagi menjadi tiga kategori: tujuan, objek narasi, dan isi narasi itu sendiri. Penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut:

Kisah Kisah Dalam Al Quran

Karena teks deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan atau mengungkapkan suatu objek, suasana hati, atau perasaan sedetail dan sejelas mungkin, maka teks ini hendaknya ditulis seolah-olah pembaca sedang melihat, mendengar, atau mengalami apa yang dijelaskan.

Seperti teks lainnya, teks ini juga mempunyai struktur tertulis. Struktur teks ekspositori terdiri dari judul, kalimat topik, deskripsi, dan kesimpulan. Bolehkah kita membahasnya satu per satu?

Didasarkan pada judul yang bertujuan untuk menjelaskan isi teks. Misalnya judul teks di atas. Karena judul artikelnya adalah “Sekolah Kita”, otomatis isi artikel tersebut menggambarkan lingkungan sekolah penulis.

Kemudian Anda mempunyai kalimat topik yang berisi kalimat pembuka tentang apa yang akan Anda jelaskan. Pada contoh teks di atas, kalimat topiknya ada pada kalimat pertama, yaitu “sekolahku tampak bersih”. Artinya penulis ingin memberikan kesan kepada kita dan pembaca lainnya bahwa sekolah tersebut tampil bersih.

Baca Juga  Until Jannah Artinya

Ciri Ciri Teks Deskripsi Dan 10 Contoh Teks Deskripsi

Berikut penjelasannya. Berbeda dengan kalimat topik, deskripsi ini berisi beberapa kalimat yang menjelaskan lebih lanjut apa yang ingin Anda jelaskan. Mungkin karena penampilannya, baunya, rasanya, suasananya, dan lain-lain. Contoh penjelasan dari teks di atas terdapat pada kalimat kedua sampai keenam.

Struktur akhir teks ekspositori meliputi kesimpulan yang merupakan bagian akhir dari teks. Biasanya berisi pendapat atau kesan penulis terhadap materi yang dijelaskan. Kesimpulan dari artikel diatas adalah penulis dan teman-temannya bisa lebih giat belajar karena lingkungan sekolah bersih.

Jadi, ada beberapa aturan bahasa yang perlu diingat saat menulis deskripsi Anda. Teks deskriptif memiliki empat kaidah kebahasaan, antara lain:

Nah, kalau mau tulis penjelasannya harus dicantumkan observasinya dulu ya? Misalnya, saya ingin mendeskripsikan sebuah gunung. Anda bisa memulai dengan, “Pegunungan terlihat hijau dari jauh.”

Tari Sigeh Pengunten

Hijau menjelaskan apa yang bisa dilihat mata. Lalu, misalnya, Anda bisa menjelaskan bahwa udara pegunungan itu dingin. Ini menjelaskan apa yang bisa kita rasakan melalui panca indera kita: rasa. Mudah bukan?

Sekolah kami terlihat bersih. Tamannya yang luas dan ditumbuhi rerumputan hijau membuat lingkungan terlihat menyegarkan. Dan terdapat pohon beringin yang tumbuh cukup lebat di taman tersebut. Ruang kelas sekolah kami cukup besar. Semua lantai kamar tidur terbuat dari keramik. Dinding kelas berwarna kuning. Warna cat pintu dan jendela adalah hijau. Itu gambaran sekolah kami. Sekolah yang bersih menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan bagi Anda dan teman Anda.

Jika Anda membaca artikel tersebut, Anda akan mendapatkan gambaran yang jelas seperti apa situasi kelas dan sekolahnya, bukan? Jenis tulisan ini juga sering digunakan pada saat menulis karya ilmiah. Jadi jangan lupa! Saat menulis teks deskriptif, tulislah teks ini secara kronologis atau berurutan. OKE! Hal ini untuk membuat teks Anda lebih terstruktur sehingga orang lain yang membaca tulisan Anda tidak bingung.

Demikianlah uraian lengkap materi teks deskriptif, mulai dari pengertian, struktur, jenis-jenis, bahkan contohnya. Saya harap Anda sekarang mengerti apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi. Mulailah dengan berlatih menulis teks ini agar terbiasa. Oh iya, materi bahasa Indonesia kelas 7 lainnya juga bisa kamu pelajari di ruang belajar. Terdapat video animasi, latihan, dan ringkasan yang pasti akan membantu Anda lebih memahami.

Simak! Pengertian, Macam Dan 7 Contoh Paragraf Deskripsi

Pembuat konten dan kinerja konten. Saya harap artikel saya bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda mempelajari satu atau dua hal! :DPengertian Teks Ekspositori – Teks ekspositori merupakan jenis teks nonfiksi yang sebenarnya berisi penjelasan suatu informasi atau pengetahuan. Penjelasannya sendiri berdasarkan data yang diperoleh dari kejadian sebenarnya. Selain itu, teks tersebut menyajikan informasi secara ringkas, jelas, padat dan tentunya akurat. Informasi yang disajikan harus diawali dengan apa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana, yang lebih dikenal dengan 5W + 1H atau ADIK SIMBA.

Baca Juga  Lompat Tali Termasuk Senam Ketangkasan

Jadi menemukan teks terbuka sangatlah mudah. Artikel ini banyak muncul dalam kehidupan kita sehari-hari. Contohnya termasuk media digital, surat kabar, dan majalah. Bagi yang ingin mengetahui dan memahami lebih jauh tentang kalimat penjelas, artikel ini memberikan penjelasan lengkap mengenai pengertian, ciri-ciri, struktur, kaidah bahasa, jenis, pola perkembangan, contoh kalimat, dan sebagainya dari kalimat penjelas, serta contoh kalimat penjelas. kalimat.

Teks ekspositori adalah suatu bentuk teks atau tulisan yang berisi informasi atau pengetahuan. Biasanya, teks ekspositori sendiri bertujuan untuk memberikan penjelasan atau penjelasan kepada pembaca mengenai suatu gagasan, gagasan pokok, pendapat, informasi atau pengetahuan, tanpa bermaksud untuk mempengaruhi pembaca. Hal ini menjadikan tujuan teks ekspositori untuk menyampaikan informasi atau pengetahuan faktual menurut sudut pandang tertentu.

Saat menulis pernyataan penjelasan, biasanya Anda bertujuan untuk membahas isu-isu sosial seperti COVID-19, isu pendidikan, isu ekonomi, dan lain-lain. Menulis secara deskriptif akan memberikan pembaca Anda sudut pandang yang lebih luas untuk menyikapi topik-topik yang sedang hangat di masyarakat.

Apa Itu Struktur Data? Pengertian Dan Contoh 2023

Selain itu, kalimat penjelas pada dasarnya mempunyai bentuk yang sama dengan retorika, sehingga dapat digunakan tidak hanya untuk menjelaskan penjelasan ilmiah tetapi juga untuk menjawab berbagai pertanyaan. Oleh karena itu, sebagian besar teks yang muncul dalam buku teks atau ensiklopedia secara konseptual merupakan pengembangan dari teks eksplanasi. Hal ini dapat dilihat melalui teks lain seperti berita, esai, prosiding, bahkan laporan.

Setelah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan teks deskriptif, jelaskan unsur-unsur teks deskriptif tersebut. Teks apa pun yang mempunyai dua unsur utama – mengandung gagasan dan mengandung fakta – dapat dikatakan teks ekspositori. Berikut ini akan dijelaskan dua unsur teks deskriptif, antara lain:

Unsur pertama teks deskriptif adalah teks yang mengandung ide. Teks eksplanasi sendiri memuat banyak gagasan, seperti penilaian penulis, pendapat, dan saran terhadap topik yang sedang dibahas. Banyak ide dalam teks ekspositori yang dapat mengajak pembaca dalam menjawab permasalahan yang diangkat oleh penulis.

Unsur kedua dari teks ekspositori adalah memuat fakta yang sebenarnya. Sebagai teks nonfiksi, teks ekspositori menyajikan informasi dan ide berdasarkan fakta yang benar-benar terjadi. Fakta dalam tulisan deskriptif seringkali berbentuk informasi (misalnya waktu, tanggal, lokasi kejadian, atau bahkan pernyataan yang dapat dibuktikan faktanya).

Solution: Lik Candraa Tugas Laporan Hasil Observasi

Bagaimanapun, fakta dapat memperkuat pemikiran penulis sehingga memperkuat keyakinan pembaca tentang suatu ide atau isu tertentu.

Baca Juga  Budi Membeli Makanan Di Kantin Sekolah Budi Berperan Sebagai

Oleh karena itu, setelah membahas pengertian teks eksplanasi dan unsur-unsur teks eksplanasi, selanjutnya kita membahas tentang ciri-ciri teks eksplanasi. Berikut ciri-ciri teks eksplanasi yang wajib Anda ketahui.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, teks deskriptif termasuk teks nonfiksi, bukan teks fiksi. Oleh karena itu, teks deskriptif biasanya berisi informasi atau pengetahuan. Informasi yang kita peroleh dari teks deskriptif dapat menambah wawasan kita (sebagai pembaca) dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Karena merupakan teks nonfiksi dan isinya berupa informasi atau pengetahuan, maka teks ekspositori ditulis dengan menggunakan bahasa baku. Dalam hal ini yang dipahami adalah bahasa baku, seperti kata-kata yang sesuai dengan KBBI dan ungkapan-ungkapan yang sesuai dengan PUEBI.

Struktur Teks Cerita Sejarah Beserta Jenis Dan Ciri Kebahasaannya

Penjelasan biasanya memuat fakta yang didukung dengan data yang akurat sehingga dapat dipertanggungjawabkan keasliannya. Oleh karena itu, jika ingin menulis deskripsi yang baik, Anda perlu mencari sumber data yang akurat agar tidak terjadi kesalahan.

Ciri-ciri tulisan ekspositori berikutnya adalah format tulisannya singkat, jelas, dan padat. Jenis tulisan ini memudahkan pembaca memperoleh informasi atau pengetahuan yang terkandung dalam teks ekspositori.

Ciri terakhir dari suatu penjelasan adalah harus obyektif dan tidak memihak pada kepentingan satu pihak atau beberapa orang. Oleh karena itu, penulis esai ekspositori harus bisa memastikan bahwa setiap esai ekspositori yang ditulis didasarkan pada fakta.

Kemudian setelah menganalisis makna teks eksplanasi, unsur-unsur teks eksplanasi, dan ciri-ciri teks eksplanasi, maka struktur teks eksplanasi dijelaskan sebagai berikut.

Poin Utama Struktur Teks Iklan Beserta Contohnya

Bagian ini merupakan bagian pertama dan pertama dari teks eksplanasi. Tesis sendiri dapat dipahami sebagai suatu bagian yang fungsinya memperkenalkan permasalahan, permasalahan, atau gagasan pokok serta memaparkan pandangan umum penulis terhadap topik atau permasalahan tersebut. Tesis juga bisa disebut pernyataan pendapat. Sebelum mulai menulis teks deskriptif, penulis harus terlebih dahulu menentukan tujuan teks deskriptif tersebut.

Bagian kedua dari struktur teks ekspositori adalah rangkaian argumen. Setelah makalah memperkenalkan suatu pertanyaan atau permasalahan yang sedang banyak diperbincangkan orang, teks eksplanasi dilanjutkan dengan serangkaian argumentasi. Seperangkat klaim dapat dipahami sebagai alasan logis, informasi berdasarkan temuan, fakta, dan pendapat dalam bentuk pernyataan ahli. Jadi jangan heran jika ada di sana

Struktur teks deskripsi, teks deskripsi benteng rotterdam, teks deskripsi pantai kuta, struktur teks, sebutkan struktur, teks deskripsi, sebutkan struktur teks iklan, struktur teks tanggapan deskripsi, sebutkan struktur teks cerita ulang, sebutkan struktur teks cerpen, sebutkan dan jelaskan struktur teks biografi, sebutkan struktur teks biografi