Rangkaian Gerakan Senam Lantai Terdiri Atas – Senam lantai merupakan salah satu jenis senam dalam dunia olahraga. Bahkan, merupakan salah satu mata pelajaran yang terdapat pada mata pelajaran olahraga di sekolah. Untuk itu perlu dipahami pengertian sederhana dan gerakan-gerakan yang dilakukan dalam latihan ini.

Seperti namanya, gerakan dan bentuk senam lantai dilakukan di lantai. Lantai yang dimaksud dalam hal ini dilapisi dengan kasur atau karpet.

Rangkaian Gerakan Senam Lantai Terdiri Atas

Hal ini dilansir dari tulisan Fis Andriyani dalam bukunya yang berjudul Dr. Penjelasan Olah Raga Senam Lantai, senam lantai bisa juga disebut dengan olahraga bebas. Karena dalam senam ini tidak menggunakan benda atau peralatan untuk latihan. Misalnya, jangan menggunakan balok, kayu, dan sebagainya.

Penting Diketahui, Ini Tanda Tanda Tubuh Akan Alami Serangan Jantung

Di Indonesia sendiri senam ketangkasan sudah dikenal sejak tahun 1963 pada pelaksanaan Kanefo I di Jakarta. Sebelumnya masyarakat Indonesia hanya mengenal senam dasar yang diperkenalkan pada masa penjajahan Jepang yaitu Taiso.

Peluncuran buku Materi Pembelajaran Mobile Study Pembelajaran Senam Lantai oleh Dr. Sapto Adi, M.Kes, Abi Fajar Fathoni, S.Pd., M.Pd Unsur-unsur senam lantai antara lain berguling, melompat, melompat, berputar di udara, mengistirahatkan tangan atau kaki untuk menjaga keseimbangan sikap atau sambil melompat ke depan atau ke dalam. kembali.

Baca Juga  Pokok Pikiran Yang Merupakan Penjelmaan Sila Keempat Pancasila Adalah

Berguling ke depan adalah gerakan maju dengan menggunakan bagian tubuh bagian belakang (leher, punggung, tengah, dan panggul belakang). Latihan berguling ke depan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu berguling ke depan dengan start berdiri dan start jongkok.

Mulailah dengan jongkok, kaki rapat, dekatkan lutut ke dada, dengan kedua tangan bertumpu di depan jari kaki sekitar 40 cm.

Senam Irama Tanpa Alat Bertumpu Pada Gerakan Dasar

Terus berguling ke depan. Saat paha menyentuh matras, pegang tulang kering dengan kedua tangan dalam posisi jongkok.

Gulungan belakang menggulung badan ke belakang dengan posisi badan masih perlu membulat yaitu. kaki ditekuk, lutut tetap menempel di dada, dan kepala diturunkan hingga dagu menempel di dada.

Resilient roll adalah gerakan tubuh memantul ke atas yang disebabkan oleh gerakan melempar kedua kaki dan mendorong dengan kedua tangan. Latihan berguling elastis ini dibagi menjadi dua berdasarkan sandaran leher dan kepala.

Kayang merupakan salah satu gerakan senam lantai. Posisi kaki berpusat pada empat titik dibalik dengan cara meregangkan dan mengangkat perut dan panggul.

Materi Penjaskes Senam Irama: Jenis Dan Variasi Prosedural Gerak

Handstand merupakan postur tegak dengan bertumpu pada kedua tangan dengan siku lurus ke atas. Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan handstand adalah harus dilakukan pada alas atau permukaan yang keras seperti lantai agar seimbang.

Headstand merupakan pose tegak dengan meletakkan kedua tangan di atas kepala dengan siku ditekuk dan telapak tangan sebagai alas. Seperti halnya handstand, headstand juga harus dilakukan di atas platform atau matras yang keras.

Teknik lompat jongkok pada dasarnya sama dengan lompat barbel. Karena tingkat latihannya sama yaitu awalan, dorong, lewati peti, lompat dan mendarat.

Baca Juga  Sebutkan Dan Jelaskan Dua Macam Interaksi Manusia Dengan Alam

Membalikkan badan dari posisi menyamping dengan fokus gerakan pada kedua kaki dan lengan. Gerakan jungkir balik dapat dilakukan secara bertahap yaitu dengan melakukan satu kali gerakan jungkir balik, bila dirasa baik dapat ditingkatkan menjadi beberapa gerakan : Jadi alat yang digunakan adalah lantai atau matras. Senam lantai dikenal juga dengan istilah pembelajaran bebas.

Gerakan Senam Lantai Yang Bisa Dipraktikkan Di Rumah

Senam sendiri dapat dipahami sebagai segala bentuk pembelajaran jasmani yang diselenggarakan secara sistematis dengan memasukkan gerakan-gerakan terpilih dan dirancang untuk mencapai tujuan tertentu.

Senam mempunyai sistem tersendiri, dan mempunyai tujuan yang ingin dicapai seperti daya tahan, kekuatan, kelenturan, koordinasi, atau dapat juga diperluas untuk membentuk prestasi, membentuk tubuh ideal dan menjaga kesehatan.

Senam merupakan kegiatan utama yang paling bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak. Melalui berbagai aktivitas, Anda akan mengembangkan daya tahan otot, kekuatan, tenaga, kelenturan, koordinasi, ketangkasan dan keseimbangan.

Saat mengikuti senam, Anda dituntut untuk memikirkan sendiri tentang pengembangan keterampilan. Untuk itu, Anda harus dapat menggunakan kemampuan berpikir Anda secara kreatif dengan memecahkan masalah gerak. Oleh karena itu, Anda akan mengembangkan kemampuan mentalnya.

Gerakan Dan Jenis Jenis Dasar Senam Lantai

Latihan roll forward dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu roll forward dengan posisi start berdiri dan start jongkok. Langkah selanjutnya adalah berguling ke depan dengan awalan berdiri dan jongkok.

Adalah menggulingkan badan ke belakang dengan posisi badan masih perlu dibulatkan yaitu. kaki ditekuk, lutut tetap menempel di dada, dan kepala tertunduk hingga dagu menempel di dada.

Resilient roll merupakan gerakan tubuh memantul ke atas yang disebabkan oleh lemparan kedua kaki dan dorongan kedua lengan.

Baca Juga  Ciri Ciri Kehidupan Tumbuhan

4 gerakan senam lantai, rangkaian gerakan senam lantai, bentuk gerakan senam lantai, rangkaian gerakan senam aerobik, 5 gerakan senam lantai, gambar gerakan senam lantai, gerakan dalam senam irama yang baik terdiri dari, rangkaian gerakan senam, rangkaian gerakan senam irama, 10 gerakan senam lantai, macam2 gerakan senam lantai, gerakan dalam senam lantai