Pemilihan Ketua Rt Dalam Sebuah Rapat Merupakan Cerminan Pokok Pikiran – Pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) RW 02 di Bintaran dilakukan layaknya pemilu legislatif dan pemilu presiden. Bahkan, jika kepemimpinan ketua RT dan RW yang baru tidak meyakinkan, masyarakat siap mencela.

Di antara tembok pembatas Kali Kode dan tembok rumah, jalan menuju Balay RW 02 Bintaran sempit bahkan membentuk koridor. Sebelum memasuki antrian pemilih, kami disambut oleh ‘Superman’ di sisi kiri jalan dan ‘Verkudara’ di sisi kanan jalan. Sedikit lebih jauh lagi ada orang Punakawa yang ramah saling menyapa.

Pemilihan Ketua Rt Dalam Sebuah Rapat Merupakan Cerminan Pokok Pikiran

Antusiasme warga terlihat sejak pukul 09.00 pagi, saat puluhan warga mengantri di TPS. Sedangkan para pekerja TPS, mulai dari panitia hingga saksi, siap melayani warga yang datang memilih pimpinan PT.

Pdf) Rokat Kampong: Wujud Akulturasi Islam Dalam Budaya Lokal

Sama halnya dengan proses pemungutan suara, warga yang dipanggil datang dan mendaftar terlebih dahulu untuk mengambil surat suara. Setelah itu, mereka mendatangi TPS dan memilih tiga calon yang dipimpin oleh RT. Surat suara tersebut kemudian dimasukkan ke dalam kotak suara yang dijaga petugas

Ketua Panitia Pemilihan RT dan RW 02 Bintaran Nasiyar menjelaskan, keberadaan poster berukuran besar bergambar Superman, Verkudara, dan empat warga berpakaian ala Punakawan merupakan simbol persatuan. Dimana, Superman merupakan pahlawan ciptaan orang luar negeri dan Verkudara merupakan tokoh pembela keadilan dari cerita-cerita Jawa. Punakawan menjadi simbol orang, warga negara atau masyarakat.

Baca Juga  Dua Kutub Sejenis Yang Didekatkan Akan

Nasiyar mengatakan pemilihan langsung ketua RT dan RW baru pertama kali dilakukan secara lokal. Namun, ini adalah kisah persatuan, bukan persaingan.

“Tapi jangan salah, kalau ketua RT dan RW terpilih tidak yakin, Superman Verkudara dan Punakawan siap adu mulut,” candanya, Minggu (22/2).

Ppkn Viii Kurikulum Merdeka Pages 1 50

Menurut dia, tidak ada perbedaan signifikan dalam pemilihan ketua RT dan RW melalui pemungutan suara atau pemilihan langsung. Jika setiap calon dan presiden terpilih dapat menjalankan tugasnya dengan andal. Kalau pemimpinnya tidak bisa diandalkan, maka masyarakat akan menjadi korban, segala sesuatunya menjadi rumit dan keberlangsungan sosial menjadi kacau.

Beberapa kegiatan persiapan didanai oleh dana sebesar Rp330 ribu dari Bagian Tata Usaha Pemerintah Kota Jogja dan tambahan dana swadaya masyarakat.

“Ada calon ketua TR dan ketua RV. Nanti kalau terpilih keduanya akan disuruh memilih dan selanjutnya yang menduduki jabatan berikutnya akan dipromosikan,” jelas Nasiyar yang mengenakan pakaian khusus. seragam bertugas. surjan merah dan kain batik dibawahnya. Kebetulan bukan hanya Nasiyar saja, tapi pemilih lainnya juga memakai baju yang sama, hanya saja warnanya berbeda

Dayu Kheranindya, salah satu warga, mengatakan pemilu ketua RT dan RW 2015-2018 yang diikuti warga empat RT lebih meriah dan semarak dibandingkan pemilu legislatif dan pemilu presiden.

Jurnal Pppk Asih

95 persen dari 80 DPS Reguler di RT 07 saja telah berpartisipasi hingga pukul 11.00. WIB. Dan hanya 80 persen yang berpartisipasi dalam pemilihan parlemen dan presiden.

“Sangat demokratis, bahkan dari pendataan DPT sudah dipersiapkan dengan baik. Masyarakat sangat bersyukur dengan proses pemilu ini,” kata Dayu.

“Semua orang suka calon. Yang membuat pilihannya sulit adalah ada ketua RT lama yang mencalonkan diri lagi,” ujarnya.

Baca Juga  Menggambar Cerita Dengan Teknik Kering Tidak Perlu Menggunakan

Suprihasthuti, Kepala Desa Virogunan, menyambut baik pelaksanaan pemilihan RT dan RW, khususnya penerapan sistem pemilihan langsung.

Cpns Maxima Paket 2

“Pemilihan langsung dan serentak itu yang diinginkan masyarakat dan saya sangat terkesan pemilihan RT/RW dilaksanakan serentak, itu ide yang sangat bagus,” ujarnya.

Ia berharap siapapun yang terpilih menjadi ketua RT dan RW harus mendapat dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat sekitar. “Karena peran ketua RT dan RW sangat penting karena merekalah ujung tombak pemerintahan,” kata Suprihastutti. (Penginapan)

Surat undangan pemilihan ketua rt, tata cara pemilihan ketua rt, susunan acara pemilihan ketua rt, sambutan ketua panitia pemilihan rt, proses pemilihan ketua rt, pemilihan ketua rt, panitia pemilihan ketua rt, cara pemilihan ketua rt, form pemilihan ketua rt, berita acara pemilihan ketua rt, tata tertib pemilihan ketua rt, mekanisme pemilihan ketua rt