Menghargai Keberagaman Di Lingkungan Masyarakat Akan Menciptakan – Sedangkan keberagaman agama terlihat dari hadirnya enam agama yang diakui di Indonesia. Mulai dari Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu.

Baca juga: Apa Saja Budaya Hasil Merger di Indonesia? Pelajaran 5 Bahan alami dasar

Menghargai Keberagaman Di Lingkungan Masyarakat Akan Menciptakan

Rumah gadang tampak seperti model panggung karena kondisi alam Sumatera. Sumatera memiliki hutan yang sangat lebat sehingga banyak terdapat satwa liar.

Contoh Sikap Menghargai Keberagaman Agama Di Indonesia, Materi Ppkn

Dengan membangun rumah model panggung akan lebih aman. Rumah panggung juga baik untuk perlindungan saat air sungai mengalir.

Orang yang tinggal di daerah dingin memakai pakaian tebal. Jika orang tinggal di tempat yang panas, pakaiannya menjadi tipis dan berkeringat.

Misalnya, setelah panen, masyarakat menari sebagai wujud kebahagiaan. Seperti yang dilakukan setiap tahun, akhirnya terciptalah sebuah bentuk seni tari.

Seperti menari, bernyanyi adalah tentang mengekspresikan perasaan Anda. Banyak juga lagu daerah yang mengiringi paduan suara.

Help Help Help Help Help Help​

Upacara perkawinan, peringatan kematian, syukuran, dan pelepasan (menolak musibah) merupakan contoh upacara adat yang ada di berbagai daerah.

Baca Juga: Mencari Jawaban Kelas 6 Topik 9 Sub Topik 2: Apa Pengaruh Modernisasi Terhadap Kebudayaan Masyarakat?

Buku IPS 5: Untuk Kelas 5 SD dan Madrasah Ibtidaiyah / Disusun oleh Rusmawan, Sri Wahyuni, 2009

Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 4 SD/MI, Penulis: M. Lutfi, S.Pd, Penerbit: CV. Karya Jaya.

Pdf) Hindu Adalah Agama Yang Menghargai “keragaman Keberagamaan”

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang sains, fantasi, misteri, dan satwa liar? Teman-teman bisa berlangganan majalah SD dan Mombi.. Top / HARI 4 / Kurikulum merdeka / Materi dan Contoh Pelajaran SD / Pelajaran SD / PPKN / Rangkuman Materi

Kita patut bangga menjadi bagian dari bangsa dengan suku dan budaya yang berbeda-beda. Sekolah kami dapat terdiri dari agama, etnis, dan budaya yang berbeda. Coba kita lihat apakah ada teman dari berbagai suku dan daerah? Jika kita tidak mempunyai teman yang berbeda suku dan daerah di sekolah, maka ketika kita pergi ke tempat lain tentu kita akan bertemu dengan masyarakat lokal yang mempunyai suku dan budaya yang berbeda dengan kita.

Baca Juga  Bagian Yang Disulut

Lalu ketika kita dihadapkan pada berbagai kondisi lingkungan seperti ini, bagaimana sikap kita yang baik? Bagaimana kita menyikapi keberagaman ini?

Keberagaman tidak seharusnya memisahkan kita. Keberagaman dan keberagaman bukanlah alat untuk menghancurkan persatuan dan kesatuan, sebaliknya keberagaman hendaknya mampu mempererat ikatan persatuan dan kesatuan antara anggota suatu masyarakat dengan anggota masyarakat lainnya. Keberagaman dan keunikan ini harus kita hargai agar tetap lestari sehingga dapat semakin memperkaya khasanah budaya Indonesia.

Bertoleransi Ciptakan Perdamaian

Pertanyaan lainnya adalah bisakah kita bangga dengan budaya dan etnis kita? Saya bisa. Sampai Anda harus melakukannya. Kita boleh dan patut berbangga terhadap budaya dan bangsa kita, namun kebanggaan tersebut tidak boleh dilebih-lebihkan. Kebanggaan kita terhadap budaya dan etnis lokal tidak boleh dibarengi dengan sikap meremehkan budaya dan suku lain di wilayah tersebut. Selain itu, kita juga tidak boleh merasa bahwa budaya lokal kita lebih baik dibandingkan budaya daerah lain.

Sikap meremehkan budaya daerah lain dapat menimbulkan perpecahan dan konflik antar suku. Sikap dan tindakan yang paling tepat adalah dengan tetap menghargai dan menghargai budaya daerah lain agar bangsa ini semakin kuat dan maju serta dapat berperan dalam globalisasi.

Hal lain yang tak kalah penting adalah toleransi dan keterbukaan pikiran. Sikap toleransi dan keterbukaan antar agama dan suku sangat penting untuk menjamin persatuan dan kesatuan serta melestarikan budaya daerah itu sendiri.

Apa yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan toleransi dan keterbukaan antar agama dan suku? Baik dan kamu? Misalnya mencintai dan menghormati agama dan suku yang ada di daerah kita tanpa menjelek-jelekkan agama dan suku lain; bergaul dan berteman baik dengan semua orang tanpa memandang agama dan sukunya, mengapresiasi dan mengapresiasi keindahan budaya suku lain dengan menonton pertunjukan seni dan budaya daerah secara langsung atau melalui siaran televisi dan internet, dan lain-lain.

Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi Dalam Kehidupan Masyarakat?

Yang terakhir adalah kita harus bisa menerima dan mempertimbangkan bahwa keberagaman yang ada di negara kita merupakan kekayaan bangsa yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu kami berusaha menampilkan keberagaman kesenian daerah, berupa: tari, lagu daerah, alat musik tradisional, rumah adat, pakaian adat, senjata tradisional, dan lain-lain. kami belajar dengan baik dan menghargai. Oleh karena itu, berarti kita telah bekerja keras untuk melestarikan dan melindungi budaya bangsa.

Dimanapun kita berada, antara lain kita harus bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar dengan mempelajari dan menghormati budaya setempat. Dimana tanah dipijak, disitu langit ditinggikan, kestabilan tidak serta merta terjadi, namun baik dalam proses pendidikan di lingkungan sekolah maupun di masyarakat perlu adanya proses yang berkesinambungan agar keselarasan dan keselarasan kehidupan dapat berkembang dan maju. masuk Salah satu alat utama untuk memperkuat perdamaian adalah pendidikan. Sebaliknya, jika tidak ada perdamaian maka mustahil tercapainya kesejahteraan sosial baik ekonomi maupun politik. Artinya, sikap toleransi, kerukunan, dan kerja sama sosial antar masyarakat merupakan landasan bahkan landasan utama perdamaian.

Baca Juga  Sebutkan Perbuatan Yang Dilarang Berkaitan Dengan Kuburan

Indonesia dikenal dikalangan masyarakatnya sebagai bangsa yang bersahabat penuh toleransi dan saling menghargai. Kesadaran akan toleransi antar berbagai elemen masyarakat tercermin dalam Bhinneka Tunggal Ika. Toleransi merupakan salah satu nilai karakter yang berbasis pada budaya bangsa. Pendidikan mengajarkan generasi sekarang dan masa depan untuk lebih memahami pentingnya toleransi untuk menciptakan perdamaian. Kedamaian akan menciptakan kehidupan yang sehat, nyaman dan harmonis dalam setiap interaksi manusia.

Toleransi berarti menghormati dan belajar dari orang lain, menghargai perbedaan, menjembatani kesenjangan budaya, menolak stereotip yang tidak adil, hingga mencapai titik temu. Toleransi dalam konteks sosial budaya dan agama berarti sikap dan tindakan yang melarang diskriminasi terhadap kelompok yang berbeda. Toleransi merupakan kekuatan pemersatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya, kekuatan spiritual yang tidak dapat diabaikan, yang memandang perbedaan sebagai kesatuan keberagaman.

Bagaimana Cara Menciptakan Kerukunan Dalam Masyarakat

Perdamaian adalah harapan yang harus diperjuangkan seluruh rakyat Indonesia. Toleransi merupakan pilar perdamaian yang memerlukan tahapan. Tonggak sejarah melalui komunikasi. Komunikasi yang efektif dapat dijadikan sebagai faktor penentu terciptanya kedamaian dan keharmonisan dalam sistem komunikasi antar anggota masyarakat. Hal ini dapat dijelaskan dengan intensitas komunikasi antar anggota masyarakat. Misalnya, anggota masyarakat dapat mengungkapkan dan mengarahkan pemikiran atau gagasan sebagai bagian dari anggota masyarakat. Dengan demikian, anggota masyarakat dapat berkontribusi langsung terhadap pembangunan masyarakat di berbagai bidang. Memiliki komunikasi efektif yang disampaikan dalam bahasa ibu dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat. Masalah-masalah ini akan dibahas, diperdebatkan, dan diselesaikan dengan cermat. Dengan adanya saluran komunikasi yang efektif, permasalahan yang mereka hadapi berpotensi menjembatani kesenjangan antar anggota masyarakat, terutama pada masyarakat yang heterogen, baik secara sosial, budaya, dan agama. Oleh karena itu, saluran komunikasi yang efektif merupakan syarat dasar terciptanya masyarakat damai menuju kehidupan yang harmonis.

Tujuan pendidikan karakter di Indonesia adalah membangun bangsa yang tangguh, berakhlak mulia, bermoral, dan toleran. Toleransi menciptakan keharmonisan. Jika toleransi antar umat beragama terjalin maka akan tercipta masyarakat yang harmonis. Dengan pendidikan toleransi, setiap siswa senantiasa mengembangkan sikap toleransi terhadap teman, guru dan orang lain. Selain itu ditumbuhkan sikap saling pengertian dan curiga, empati, kerjasama dan menghargai orang lain, saling pengertian dan menerima satu sama lain.

Baca Juga  Anak Pungkasan Diarani

Toleransi merupakan salah satu kunci utama menjaga perdamaian dan menghindari konflik dalam kehidupan bermasyarakat (Yusuf, 2013). Benih-benih perdamaian dan toleransi beragama selalu ditanamkan pada diri siswa sejak dini. Tujuan dari semua itu adalah menjadikan generasi penerus bangsa yang sedang dibangun menjadi generasi yang cinta damai. Karakter yang selalu ditanamkan pada generasi penerus, hidup damai dan peduli, kesadaran menolak segala bentuk kekerasan dan pelanggaran HAM, kemampuan berbagi dan menghargai. keterbukaan dan komunikasi, serta toleransi terhadap perbedaan suku, budaya, dan agama. Peran pendidikan dalam menjembatani perdamaian. Tidak ada perdamaian tanpa toleransi semua negara. Pendidikan karakter toleran yang dipupuk akan melahirkan generasi muda teladan sebagai pemimpin masa depan yang merupakan pembawa perdamaian yang toleran. Budaya saling pengertian dan menghargai toleransi harus selalu ditekankan melalui pendidikan. (syatkmf)

Januari 17, 2019 Artikel Etika Informasi dalam Penggunaan Media Digital Etika Informasi dalam Penggunaan Media Digital 17 Januari 2019

Menghargai Keberagaman Lingkungan Sekitar

19 Mei 2018 Artikel Amparan Tatak: Hidangan Lezat di Bulan Ramadhan Amparan Tatak: Hidangan Favorit di Bulan Ramadhan 19 Mei 2018

17 Juli 2023 Artikel KAMAR KOPERASI DESA PERCEPAT KETAHANAN PANGAN BBPOM DI PA… STAF KOPERASI DESA KETAMANAN PANGAN TURUN KECEPATAN BBPOM DI PALANGKA RAYA DESA IMPLEGUNIGAMET IMPLEGKA RAYA KABUPATEN PULANG PISAU 17 Juli 2023 2 tahun 3

24 Agustus 2023 KALTENG MAKIN BRESSINGS Discominfosantik Rest Area Tebligh Akber Al Habib Umer Bin Hafid … Rest Area Diskominfosantik Gelar Tebligh Akber Al Habib Nobar Al Habib Umer Bin Hafidz 24 Agustus 2023

24 Agustus 2023 PROVINSI KALTENG Prov. Badan Kesbangpol. Kalimantan Tengah ikut serta dalam pengumuman pemilu damai tahun 2024. Badan Kesbangpol. Kalimantan Tengah menyusul deklarasi pemilu damai 2024 24 Agustus 2023

Saling Menghargai Antar Siswa Di Lingkungan Sekolah

24 Agustus 2023 KALTENG PROVINSI Perwakilan Badan Kesbangpol Pemerintah Provinsi Sambut Anggota Paskibraka Nasional… Perwakilan Pemerintah Provinsi Badan Kesbangpol Sambut Anggota Paskibraka Nasional Perwakilan Kalimantan Tengah 2023 24 Agustus 2023

23 Agustus 2023 KALTENG MAKIN BELEXING Al Habib Umar Bin Hafidz Bagaikan magnet di lautan keramaian Al Habib Umer Bin Hafidz Bagaikan magnet di lautan keramaian 23 Agustus 2023

23 Agustus 2023 JAWABAN KALTENG MAKIN Gubernur Kalteng Bertemu Yang Mulia Al-Habib Omar Bin Hafidz

Contoh kerjasama di lingkungan masyarakat, contoh korupsi di lingkungan masyarakat, gotong royong di lingkungan masyarakat, manfaat kerja bakti di lingkungan masyarakat, demokrasi di lingkungan masyarakat, kerja bakti di lingkungan masyarakat, hak dan kewajiban di lingkungan masyarakat, contoh kerja bakti di lingkungan masyarakat, contoh struktur sosial di lingkungan masyarakat, musyawarah di lingkungan masyarakat, konflik di lingkungan masyarakat, contoh aturan tidak tertulis di lingkungan masyarakat