Integrasi Normatif Adalah – Masyarakat terdiri dari konsensus di antara mayoritas anggota masyarakat mengenai nilai-nilai dasar kemanusiaan. Karena masyarakat merupakan suatu amalgamasi, karena setiap masyarakat merupakan anggota dari berbagai unit sosial yang ada dalam masyarakat tersebut, maka konflik-konflik antara satu unit sosial dengan unit sosial lainnya segera dinetralisir melalui kesetiaan ganda para anggota masyarakat tersebut terhadap berbagai masyarakat tersebut.

AKOMODASI (kesadaran, keinginan dan kepentingan berbagai pihak untuk saling bekerja sama) KERJASAMA (terjadi berbagai bentuk kerjasama) KOORDINASI (masing-masing pihak berusaha meningkatkan kekompakan) ASIMILASI (batas-batas hilang, integrasi menjadi satu kesatuan);

Integrasi Normatif Adalah

6 Integrasi normatif Suatu bentuk integrasi yang dihasilkan dari norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.

Pdf) Estimasi Parameter Integrasi Sosial Suku Tionghoa Jawa Di Yogyakarta Dan Surakarta: Pengembangan Hybrid Model

7 Integrasi Fungsional Terintegrasi karena adanya fungsi-fungsi tertentu dalam masyarakat. Misalnya masyarakat Indonesia yang terdiri dari beberapa marga, mengintegrasikan diri dengan melihat fungsi dari masing-masing marga yang ada.

8 Integrasi paksa Integrasi paksa berdasarkan kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa. misalnya, Polisi menembakkan gas air mata ke udara untuk menghentikan demonstrasi yang menjadi ciri kerusuhan.

10 Reintegrasi sosial adalah proses pembentukan norma dan standar baru untuk mengakomodasi institusi sosial yang mengalami perubahan. Tujuan restrukturisasi adalah untuk memperbaiki hal-hal yang menimbulkan konflik atau kekerasan dalam masyarakat.

Memastikan penyelesaian konflik dan pelanggaran hak asasi manusia secara komprehensif. Diskusi dan komunikasi yang intensif antar elemen masyarakat. Hilangkan segala bentuk diskriminasi. Hal itu akan menambah kebanggaan Indonesia.

Faktor Pendorong Integrasi Sosial Dan Bentuk Bentuknya

Kami mendaftarkan dan membagikan data pengguna dengan pemroses untuk mengoperasikan situs web ini. Untuk menggunakan situs web ini; Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie. Presentasi berjudul: “Konflik dan Integrasi dalam Kehidupan Sosial 1. Konflik dalam Kehidupan Sosial 2. Integrasi dalam Kehidupan Sosial”— Teks presentasi:

3 1. Konflik dalam kehidupan bermasyarakat a. Pengertian Konflik Kata “konflik” berasal dari bahasa Latin yang berarti saling berkelahi. KBBI membantah konflik tersebut; Didefinisikan sebagai perselisihan atau perselisihan. Konfliknya bersifat fisik; mental Merupakan bagian dari proses sosialisasi yang timbul karena perbedaan budaya dan perilaku. John Lewis Gilin dan John Philip Gilin melihat konflik sebagai bagian dari proses interaksi sosial manusia satu sama lain. . Arti

Baca Juga  Al Jami' Artinya

5 c. Bentuk-Bentuk Konflik 1. Bentuk-Bentuk Konflik Menurut Ralf Dahrendorf a. Konflik antar peran sosial, seperti konflik antar peran dalam keluarga atau di tempat kerja. B. Konflik antar kelompok sosial. C. Konflik antara kelompok yang terorganisir dan tidak terorganisir. D. antar partai politik; Konflik antar unit nasional, seperti antar negara atau organisasi internasional.

6 D. Situasi yang Menimbulkan Konflik 1. Konflik dengan Orang Tua Konflik timbul karena adanya ketidaksesuaian antara perilaku anak dengan harapan orang tua. 2. Konflik dengan anak itu sendiri. Konflik ini terjadi sebagai respons terhadap perilaku anak yang tidak sesuai dengan sikap orang tua. 3. Konflik dengan keluarga Konflik ini dapat terjadi dalam perkembangan seseorang. 4. Konflik dengan orang lain Konflik ini terjadi antara teman, tetangga, bisa terjadi dalam hubungan sosial dengan rekan kerja dll. Hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan pandangan terhadap suatu hal. 5. Konflik dengan suami/istri disebabkan oleh konflik dalam hubungan. 6. Konflik di sekolah 7. Konflik di tempat kerja 8. Konflik agama 9. Konflik pribadi

Pengertian Integrasi Sosial, Syarat, Bentuk, Dan Faktornya

7 E. Dampak Konflik 1. Aspek Positif Konflik a. Ini menerangi aspek kehidupan yang belum dipelajari secara menyeluruh. B. standar untuk memenuhi kebutuhan individu atau kelompok; Izinkan konfigurasi ulang nilai dan hubungan. (c) menggalang solidaritas antar anggota kelompok yang berkonflik dengan kelompok lain. D. Cara untuk mengurangi saling ketergantungan antara individu dan kelompok. e. Bangkitkan kembali standar lama dan ciptakan standar baru. (f) Sarana untuk mencapai keseimbangan antara kekuatan-kekuatan yang ada dalam masyarakat. G. Mengembangkan kompromi baru antara pihak-pihak yang berkonflik.

8 2. Aspek negatif konflik a. Disintegrasi hubungan antar individu atau kelompok b. Perubahan kepribadian individu; C. Kerusakan harta benda dan korban jiwa. D. Timbulnya dominasi kelompok yang menang atas kelompok yang kalah.

10 2. Integrasi dalam kehidupan bermasyarakat (a) Pengertian integrasi sosial KBBI menulis bahwa integrasi adalah integrasi sampai tuntas atau menyatu. Integrasi sosial adalah proses reformasi berbagai elemen masyarakat menjadi satu. Faktor-faktor yang berbeda tersebut adalah kedudukan sosial, ras, ras, kepercayaan, adat istiadat bahasa. Hal ini dapat mencakup perbedaan sistem nilai dan norma.

11 B. Syarat-syarat Integrasi Sosial 1. Anggota masyarakat merasa berhasil dalam memenuhi kebutuhan satu sama lain. Pemenuhan kebutuhan tersebut memungkinkan setiap anggota masyarakat tetap menjaga interaksi satu sama lain. 2. Suatu masyarakat mampu menciptakan cao (konsensus) tentang norma-norma dan nilai-nilai sosial yang dijunjungnya dan dijadikan pedoman dalam berhubungan satu sama lain. 3. Norma dan nilai sosial sudah berlaku sejak lama. tidak mudah diubah; Hal ini secara konsisten dilakukan oleh masyarakat.

Baca Juga  Sebutkan Teknik Menghias Gambar

Integrasi Sosial: Pengertian, Bentuk Dan Faktor Pendorongnya

12 C. Bentuk-Bentuk Integrasi Sosial 1. Integrasi Normatif Integrasi normatif diartikan sebagai integrasi yang terjadi melalui norma-norma yang berlaku dalam masyarakat (norma yang mempersatukan Indonesia). 2. Integrasi Fungsional Integrasi fungsional disebabkan oleh adanya fungsi-fungsi tertentu dalam masyarakat. 3. Integrasi yang dipaksakan Integrasi yang dipaksakan diselenggarakan atas dasar kekuasaan yang dimiliki penguasa.

13 D. Proses Integrasi Sosial 1. Asimilasi Asimilasi ditandai dengan upaya untuk mengurangi perbedaan antar individu atau kelompok dalam masyarakat. Budaya lain. Proses sosial terjadi hingga masyarakat menerima unsur budaya asing dan mengubahnya menjadi budaya sendiri. Suatu kebudayaan asing mudah diterima apabila memenuhi syarat-syarat sebagai berikut: 1. Tidak ada hambatan geografis. 2. Kebudayaan lama memberikan keunggulan yang lebih baik dibandingkan dengan kebudayaan lama; 3. Terdapat kesamaan bagian-bagian kebudayaan kuno 4. Kesiapan pengetahuan dan keterampilan 5. Kebudayaan bersifat material.

14 E. Faktor-Faktor Pendorong Integrasi Sosial 1. Adanya toleransi terhadap kelompok manusia yang berbeda budaya 2. Kesetaraan kesempatan ekonomi bagi masyarakat yang berbeda budaya 3. Sikap saling menghormati orang lain dan budayanya 4. Kesetaraan Unsur budaya 5. Perkawinan campuran (gabungan) 6. Memiliki musuh eksternal yang sama.

Download ppt “Konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial 1. Konflik dalam kehidupan sosial 2. Integrasi dalam kehidupan sosial”.

Pdf) Sketsa Pemikiran Keagamaan Dalam Perspektif Normatif, Historis Dan Sosial Ekonomi

Kami mendaftarkan dan membagikan data pengguna dengan pemroses untuk mengoperasikan situs web ini. Untuk menggunakan situs web ini; Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie. Bab 5 Kohesi dan Reintegrasi Sosial menguraikan konflik kekerasan dan dampaknya terhadap perpecahan atau disintegrasi sosial. Menunjukkan kedamaian dan keharmonisan atau keharmonisan sosial. rehabilitasi rehabilitasi Identifikasi reintegrasi dan transformasi sosial. Menggambarkan reintegrasi dan penghidupan sosial dalam kehidupan bermasyarakat yang damai. Sumber:

Dampak konflik kekerasan dan perpecahan atau disintegrasi sosial Integrasi sosial Integrasi sosial adalah proses penyesuaian elemen-elemen yang berbeda dalam suatu masyarakat menjadi satu kesatuan.

4 Masyarakat di pasar tradisional memahami kebutuhan satu sama lain sehingga mempunyai ikatan. Sumber: en.m.wikipedia.org

Pada kelompok atau komunitas yang tingkat keberagamannya rendah; Integrasi sosial dapat dengan mudah dicapai. Homogenitas Kelompok Secara umum, tingkat heterogenitas anggota dalam kelompok kecil relatif rendah sehingga kohesi sosial lebih mudah tercapai. Ukuran kelompok

Notes Materi Integrasi Nasional

6 Anggota tim yang baru datang harus sesuai dengan identitas komunitas yang mereka sasar (komunitas asal/penduduk asli). Mobilitas geografis Efektivitas komunikasi yang baik dalam masyarakat akan mempercepat integrasi sosial. Efektivitas komunikasi

Baca Juga  Penyebab Perang Sampit

Integrasi normatif Integrasi normatif dapat diartikan sebagai suatu bentuk integrasi yang dihasilkan dari norma-norma yang diterapkan dalam masyarakat. Integrasi Fungsional Integrasi fungsional terjadi karena masyarakat mempunyai fungsi tertentu. Integrasi yang dipaksakan Integrasi yang terakhir ini didasarkan pada kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa. Dalam hal ini penguasa menggunakan cara-cara pemaksaan (kekerasan).

Akulturasi Menurut Koentjaraningrat, akulturasi adalah suatu proses sosial dimana suatu kelompok sosial mengembangkan suatu kebudayaan dari milik budaya asing lainnya. Asimilasi Asimilasi adalah proses sosial yang ditandai dengan upaya untuk mengurangi perbedaan antara individu atau kelompok dalam masyarakat. Akomodasi Soerjono Soekanto mengartikan akomodasi sebagai suatu proses komitmen manusia untuk mengurangi konflik dan mencapai stabilitas.

10 Grebeg Sudiro merupakan salah satu contoh bentuk budidaya budaya Jawa dan Cina. Grebeg Sudiro merayakan Tahun Baru Imlek di kota Solo.

Manfaat Integrasi Sosial Di Lingkungan Kerja

Toleransi terhadap kelompok manusia yang berbeda budaya. Kesempatan yang sama dalam berbisnis bagi berbagai kelompok masyarakat dengan latar belakang budaya berbeda. Saling menghormati orang lain dan budayanya. 1 2 3

Kesamaan unsur budaya. (Allgamasi). ada ruang bersama Keterbukaan pikiran dari kelompok berkuasa di masyarakat. 5 4 6 7

Keruntuhan sosial Setiap masyarakat mengalami perubahan. pada dasarnya, Perubahan merupakan suatu proses modifikasi struktur sosial dan pola budaya dalam masyarakat.

Konflik dan perdamaian merupakan dua hal yang saling berkaitan. Ketika konflik terjadi, ada upaya untuk menciptakan perdamaian. Perdamaian mempunyai arti yang bermacam-macam. perdamaian secara praktis, Integrasi sosial berarti kesatuan untuk hidup bersama dalam masyarakat meskipun terdapat unsur-unsur yang berbeda dalam skala makro dan mikro. Integrasi atau integrasi sosial

Apa Itu Integrasi Sosial? Ketahui Syarat, Bentuk, Proses, Dan Faktornya

Gambar menunjukkan pasukan Belanda di Indonesia. Penjajahan Indonesia oleh Belanda oleh bangsa lain pada suatu waktu merupakan bagian dari pelaksanaan integrasi sosial. Sumber- en.wikipedia.org

Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2015 tentang pelaksanaan Peraturan Nomor 7 Tahun 2015 tentang penanganan konflik sosial. Restorasi dalam pasal 37 undang-undang yang sama, Ayat (2) menyatakan bahwa rekonsiliasi dapat dilakukan dengan menggunakan organisasi/lembaga adat dan/atau organisasi kemasyarakatan atau kelompok penyelesaian konflik sosial. rekonsiliasi nasional

Pemulihan diperuntukkan bagi wilayah pasca konflik dan wilayah terdampak konflik. Terkait dengan penanganan konflik sosial, pemerintah dan pemerintah daerah mempunyai tanggung jawab dalam Pasal 39 Undang-Undang Rehabilitasi Negara Republik Indonesia Tahun 2012, Disebutkannya pemugaran dilakukan sesuai dengan tugas dan haknya. rekonstruksi

19 Transformasi Sosial

Pengertian Dan Wujud Integrasi Sosial, Materi Ips Kelas 8 Smp

Sensori integrasi disorder adalah, terapi sensori integrasi adalah, pendekatan normatif, penelitian normatif, normatif, ekonomi normatif, sensori integrasi adalah, metode normatif, teori normatif, integrasi, integrasi normatif, empiris normatif