Hasil Akhir Yang Akan Dicapai Dalam Teks Prosedur Disebut – Prosedur adalah serangkaian langkah yang harus dilakukan untuk mencapai sesuatu. Nah pada artikel bahasa indonesia kelas 11 kali ini kita akan membahas secara lengkap apa itu teks prosedur, ciri-cirinya, jenis-jenisnya, kaidah kebahasaannya, cara pembuatannya, dan contohnya.

Apakah Anda baru saja membaca artikel tentang mie bungkus atau makanan cepat saji lainnya? Seharusnya ada petunjuk/petunjuk di bagian belakang tentang cara menyiapkan mie yang benar agar matang dan rasanya enak.

Hasil Akhir Yang Akan Dicapai Dalam Teks Prosedur Disebut

Nah, inilah yang disebut prosedur. Jadi prosedur adalah serangkaian langkah yang harus diikuti untuk mencapai sesuatu. Langkah-langkah yang tertulis pada kemasan mie merupakan contoh teks prosedur. Teks prosedur digunakan sebagai petunjuk, terutama bagi mereka yang mungkin tidak mengetahui cara melakukan suatu tugas.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

Yuk, pahami lebih dalam mengenai pengertian, struktur, jenis, sifat, kaidah bahasa dan contoh teks prosedur pada artikel berikut!

Bagaimana prosedurnya? Knapp dan Watkins mendefinisikan teks prosedur sebagai teks yang dimaksudkan untuk memberitahu orang bagaimana melakukan sesuatu, dengan menggunakan bahasa ajakan atau persuasi.

Sedangkan teks prosedur menurut Kosashih adalah teks yang menjelaskan langkah-langkah secara lengkap, jelas, dan rinci dalam melakukan sesuatu.

Dari ketiga definisi para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa teks prosedur adalah teks yang memuat langkah-langkah tindakan atau tindakan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Teks prosedur ini diperlukan sebagai panduan dalam membuat atau merakit sesuatu.

Pengertian Teks Prosedur: Ciri Ciri, Jenis, Struktur Dan Contoh Terbaru

Berbicara tentang teks prosedur, pada kelas 7 juga dibahas materinya. Yuk coba ingat kembali teks prosedur ini!

Baca Juga  Pengertian Satuan

Lalu apa tujuan dari teks prosedur? Sesuai dengan definisinya, tujuan teks prosedur adalah memberikan petunjuk kepada pembaca mengenai langkah-langkah yang berurutan dalam melakukan atau melaksanakan suatu tindakan. Selain itu, teks prosedur memudahkan pembaca mengetahui cara yang benar dan memberikan petunjuk yang jelas untuk mencapai hasil yang maksimal.

Pada tahap penyusunan, struktur teks prosedur terdiri atas 4 bagian, yaitu tujuan, bahan, tahap persiapan/kerja, dan konfirmasi (kesimpulan). Penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut:

Pada awal pembuatan teks prosedur, penulis biasanya menjelaskan tujuan dari teks prosedur. Hal ini juga dapat menginformasikan tentang hasil akhir yang dapat dicapai.

Struktur Teks Prosedur

Ini adalah hal-hal yang perlu Anda persiapkan dan apa yang diperlukan untuk melakukan atau membuat suatu kegiatan. Bagian ini berisi informasi mengenai alat/bahan yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan.

Bagian ini menjelaskan proses atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai hasil yang maksimal sesuai dengan tujuan teks prosedur. Langkah-langkah yang diambil harus berurutan. Selain itu, penyusunannya harus logis, sistematis, dan mudah dipahami pembaca.

Pada bagian terakhir ini dijelaskan kesimpulan dari prosedur yang dilakukan. Bagian ini bersifat opsional, artinya mungkin ada atau tidak ada dalam teks prosedur.

Teks prosedur kompleks terdiri dari beberapa langkah dan tingkatan dalam setiap langkahnya. Contoh teks proses yang kompleks adalah bagaimana polisi membayar denda lalu lintas.

Contoh Teks Prosedur Sederhana, Protokol, Kompleks, Lengkap Beserta Strukturnya

Teks prosedur suatu protokol merupakan teks prosedur yang langkah-langkahnya dapat dibalik, namun tujuannya tetap dapat tercapai. Misalnya saja cara memasak mie instan.

Jika Anda ingin mengurai teks prosedur, pastikan Anda menggunakan struktur ini. Karena struktur teks prosedur sudah lengkap, maka petunjuknya jelas dan dapat membantu pembaca untuk memahaminya.

Jadi sebelum Anda terjun ke aturan linguistik teks prosedur, Anda pasti pernah mendengar bahwa aplikasi pembelajaran memiliki video pembelajaran adaptif yang dapat menyesuaikan keterampilan belajar Anda. Yuk disimak dengan klik banner berikut!

Untuk penyusunan suatu teks prosedur diperlukan kaidah bahasa yang tepat dan sesuai dengan tugasnya. Berikut kaidah kebahasaan yang sering digunakan saat menulis teks prosedur:

Belajar Pintar Materi Smp, Sma, Smk

Ini adalah pernyataan yang berisi perintah. Kalimat imperatif mempunyai ciri adanya sesuatu yang harus dilakukan berdasarkan perintah kalimat tersebut. Pada kalimat jenis ini, tanda seru (!) digunakan untuk mengakhiri suatu klausa atau kalimat.

Baca Juga  Apa Hubungan Persatuan Dan Keberagaman

Kalimat ini dikenal sebagai kalimat yang memberikan informasi lebih banyak dan sering disebut dengan kalimat deklaratif. Dalam kalimat ini, tanda titik (.) digunakan untuk mengakhiri kalimat.

Ungkapan ini digunakan untuk mencari informasi dengan bertanya. Oleh karena itu, ada tanda tanya (?) di akhir kalimat tanya.

Konjungsi sering juga kita sebut dengan konjungsi. Konjungsi yang kita bahas dalam teks prosedur terdiri dari dua jenis, yaitu:

Teks Prosedur: Pengertian, Ciri, Struktur, Dan Contohnya

Konjungsi temporal jenis ini merupakan kata penghubung yang menunjukkan suatu jangka waktu. Contohnya adalah kemudian, selanjutnya, sesudahnya.

Angka dalam teks prosedur merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan sebagai pengganti kata sambung. Angka adalah kata angka yang digunakan untuk melengkapi langkah-langkah dalam teks prosedur. Misalnya pertama, kedua, ketiga dan seterusnya.

Kata ganti atau pronoun digunakan untuk menggantikan orang atau benda. Kata ganti dibagi menjadi dua jenis menurut cara menggantikan orang atau benda:

Kata ganti untuk menggantikan orang. Untuk kata ganti orang gunakan kata ganti tunggal, misalnya kamu, aku, kamu. Sedangkan bagi orang jamak, misalnya kami, kamu.

Pernyataan Umum Dalam Teks Prosedur

Kaidah kebahasaan teks prosedur yang terakhir adalah verba atau kata kerja. Kata kerja dalam teks prosedur dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

Kata kerja dengan imbuhan yang mengacu pada suatu tindakan atau perbuatan yang dilakukan secara fisik. Misalnya kupas, potong, paku, potong dan sebagainya.

Kata kerja muncul melalui ekspresi. Kata kerja ini juga dipahami sebagai kata kerja yang tindakannya tidak terlihat. Contohnya seperti, berpikir dan menerima.

Untuk membuat teks prosedur yang akurat harus memuat struktur dan kaidah kebahasaan yang telah dijelaskan di atas. Kamu bisa menerapkan langkah-langkah berikut ini ya:

Manfaat Teks Prosedur Lengkap Dengan Ciri Ciri Hingga Strukturnya

Untuk menarik perhatian pembaca, Anda perlu membuat headline yang menarik. Tapi ingat, jangan gunakan clickbait! Judul harus mencakup prosedur yang Anda tunjukkan dalam teks. Misalnya, “Cara membuat pot bunga dari kertas bekas”, “Tutorial menyalakan oven” dan lain sebagainya.

Setelah menulis judul, tuliskan secara singkat tujuan teks prosedur ini. Ini menunjukkan kepada pembaca apa yang sedang dilakukan atau sedang dilakukan. Dalam tujuan Anda, Anda harus menyatakan dengan jelas hasil akhir yang akan Anda capai.

Baca Juga  Bagaimana Sikap Awal Gerakan Lompat Kangkang

Bagian ini opsional, mungkin ada atau tidak. Ketika menjelaskan tata cara, cara melakukan sesuatu, tentu harus ada alat dan bahannya. Namun, jika Anda ingin membuat teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu yang tidak memerlukan alat dan bahan, bagian ini tidak perlu ada.

Nah, ini adalah bagian yang paling penting. Anda harus bisa menjelaskan langkah-langkah yang harus diselesaikan secara kronologis atau berurutan. Biasanya langkah-langkahnya dijelaskan dalam bentuk poin atau penomoran.

Struktur Teks Prosedur Kompleks: Pengertian, Dan Contohnya Lengkap

Bagian terakhir atau penutup juga opsional. Kesimpulan biasanya ditulis untuk menyimpulkan tujuan akhir dari teks prosedur yang dibuat.

Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat berwenang suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk perjalanan antar negara. Bagaimana saya bisa mengajukan paspor? Berikut cara mengurus paspor yang baik dan benar: 1. Datang ke kantor imigrasi dulu! Anda bisa datang ke kantor imigrasi yang tertera di KTP kami atau kantor imigrasi terdekat.

2. Kemudian beli formulir aplikasinya! Formulir aplikasi dapat ditemukan di konter. Lengkapi formulir dengan lengkap sesuai dengan dokumen yang Anda miliki dan bawalah dokumen aslinya!

5. Jika sudah difoto dan diambil sidik jarinya, dapat melanjutkan ke tahap wawancara dengan menunjukkan dokumen asli.

Struktur Teks Prosedur, Lengkap Pengertian, Ciri Ciri, Jenis, Dan Contohnya

6. Setelah selesai tahap wawancara, langkah selanjutnya adalah membayar buku paspor dan menandatangani buku paspor. Mintalah informasi kapan jadwal pengambilan paspor selesai!

7. Pada hari yang telah ditentukan kami dapat datang kembali untuk mengambil paspor yang sudah lengkap. Biasanya paspor baru sudah siap dalam waktu seminggu dan bisa diambil.

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian teks prosedur, struktur, sifat-sifat dan contohnya. Ayo belajar dengan langkah seru dan menyenangkan di workshop. Mulai dari video pembelajaran, latihan soal hingga rangkuman dijamin memudahkan belajar.

Penulis konten dan kinerja konten di. Saya harap Anda menikmati tulisan saya dan membantu Anda mempelajari sesuatu! 😀

Lks Teks Prosedur Interactive Worksheet

Teks prosedur dalam bahasa inggris, contoh teks prosedur kompleks dalam kehidupan sehari hari, teks prosedur cara mencuci tangan yang baik dan benar, pada saluran pencernaan protein akan dipecah menjadi senyawa yang disebut, gigi yang tumbuh paling akhir disebut, teks prosedur makanan dalam bahasa inggris, kenapa nabi ibrahim disebut dalam tahiyat akhir, apa yang dimaksud dengan teks prosedur kompleks, pengertian prosedur teks dalam bahasa inggris, teks prosedur cara membuat kopi dalam bahasa inggris, seorang wirausahawan bertanggung jawab terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapai disebut, kitab yang memberitahukan akan datangnya nabi akhir zaman adalah