Gerak Dasar Lompat Mengandalkan Kekuatan – Salah satu mata pelajaran yang diajarkan dalam pelajaran olahraga adalah lompat jauh. Dalam pelajaran ini, tidak hanya teknik lompat jauh yang diajarkan tetapi juga aturannya.

Lompat jauh sendiri merupakan salah satu cabang olahraga atletik, dimana latihannya adalah mendorong dengan satu kaki. Ini dilakukan dalam upaya untuk mendorong kaki Anda ke atas dan ke depan untuk mendapatkan pusat gravitasi Anda setinggi mungkin di udara dan menjangkau sejauh mungkin.

Gerak Dasar Lompat Mengandalkan Kekuatan

Ada empat teknik lompat jauh yang harus diikuti yaitu jurus maju/stance, push off/paddle, jurus badan di udara, dan jurus mendarat. Jika semua teknik dilakukan dengan benar, hasil lompatan akan lebih baik.

Manajemen Aksi Massa

Dasar pemikiran lompat jauh adalah berlari secepat mungkin untuk menambah kecepatan sebelum melakukan gerakan perlawanan. Posisi kaki saat start juga tergantung dari kebiasaan masing-masing atlet lompat jauh. Awalan dengan kaki sejajar, kaki kanan di depan atau sebaliknya.

Awalannya lambat. Setelah itu, kecepatan lari bisa ditingkatkan. Perlu dicatat bahwa kecepatan harus dipertahankan sampai tolakan. Saat Anda mencapai 4 langkah terakhir sebelum mendorong, kecepatan lari dipertahankan dan tidak berkurang.

Tolakan berarti transfer momentum vertikal yang diperoleh dari berlari ke momentum horizontal. Terbaik untuk menggunakan kaki kuat Anda untuk melarikan diri. Dimulai dari tumit dan berakhir di ujung kaki. Tubuh harus bergerak sedikit ke depan saat menopang. Sedangkan kaki ayun diangkat setinggi bahu dengan lutut ditekuk.

Ada banyak cara ketika benda mengapung di udara. Misalnya mengudara. Manuver Saat tubuh sedang terbang, tarik kaki belakang ke atas dengan sekuat tenaga. Lalu bergerak seperti melangkah atau berjalan di udara.

Cara Melatih Kekuatan Otot Punggung, Lakukan Latihan Ini!

Mendarat adalah langkah terakhir dalam rangkaian gerakan lompat jauh dan yang terakhir dari 4 teknik lompat jauh. Ingatlah untuk mendarat dengan kedua kaki dalam posisi sejajar dan tumit yang mendarat terlebih dahulu dengan tumit menyatu. Ini untuk mencegah cedera.

Pada saat tumit tidak menyentuh rel tempatnya mendarat, kedua kaki harus lurus atau dijulurkan ke depan. Jaga agar kaki Anda tidak saling menjauh. Alasannya, jika jarak antara kedua kaki lebar, maka jarak lompatannya juga berkurang.

Baca Juga  Salah Satu Material Pembuat Patung Yang Cukup Tua Adalah

Itupun harus berhati-hati agar tidak jatuh saat duduk di atas kelelawar saat mendarat. Jadi sebaiknya saat tumit menyentuh rel, segera maju dengan menekuk lutut. Dan yang terpenting, setelah mendarat, jangan menginjak area pendaratan dan kembali ke tempat Anda bergerak.

Selain menitikberatkan pada teknik, pelompat harus memiliki kekuatan, daya lompat, kecepatan, ketepatan, kelenturan dan mampu mengkoordinasikan semua gerakan. Teknik dasar lompat jauh yang tidak boleh dilupakan adalah cepat, akurat, luwes dan halus.

Lengkap] Lompat Tinggi

Untuk melakukan teknik lompat jauh ini, pelompat harus terlebih dahulu berlari antara 10 dan 20 langkah. Kemudian, kecepatan lari alun-alun akan melambat atau berhenti.

Kedua, kecepatan stall dipertahankan maksimal hingga mencapai papan lepas landas. Turunkan pinggang sedikit pada fase akhir sikap berdiri.

Ketiga, putar paha kaki bebas dengan cepat ke posisi horizontal dan pertahankan. Luruskan pergelangan kaki, lutut, dan pinggang sambil melakukan repetisi. Membungkuk ke depan dan ke atas (sudut penolakan 45 derajat)

Keempat, dorong kaki ke atas berdasarkan berat badan. Kemudian, ikuti kaki ayun di belakang kaki awal. Saat Anda terbang, tekuk sedikit kaki Anda sehingga tubuh Anda dalam posisi jongkok.

Perbedaan Permainan Bola Voli Indoor Dengan Bola Voli Pantai Lengkap

Kelima, saat hendak mendarat, dorong kaki ke depan, yaitu secara bersamaan dorong ke depan dengan lengan. Saat kedua kaki berada di kotak pasir, duduklah dengan kedua kaki.

Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi dalam cabang olahraga lompat jauh yaitu lebar lintasan pertama minimal 1,22 meter dengan panjang 45 meter, panjang papan pantul 1,22 meter, dengan lebar 20 meter. cm dan tebal 10 cm.

Kemudian, di dekat tempat pendaratan, papan plastisin harus ditempatkan untuk merekam jejak pelompat jika ia melakukan penolakan palsu. Selain itu, papan take-off harus dicat putih dan dijaga tetap rata dengan ditanam minimal 1 meter dari tepi depan gosong pendaratan.

Untuk area pendaratan pelompat, lebar pendaratan minimal 2,75 meter dan jarak antara garis start dan akhir lompatan minimal 10 meter. Perhatikan bahwa permukaan pasir di area pendaratan harus rata dengan bagian atas papan pantul.

Pjok Kelas Xi Bs Press

Aturan terakhir dari teknik lompat jauh adalah peserta diperbolehkan melompat 3 putaran jika jumlah pelompat lebih dari 8 orang. Delapan pelompat terbaik dapat melompat sebanyak tiga kali untuk menentukan pemenangnya.

Baca Juga  Keanekaragaman Budaya Di Indonesia Merupakan Titik-titik Bangsa Indonesia

Jika peserta kurang dari 8, maka setiap peserta mendapat 6 giliran. Saat ini, waktu yang dialokasikan untuk jumper hanya 1,5 menit. Atlet Jatim Tyco Tigarabadi lompat di final lompat galah senior putra Kejuaraan Atletik Nasional 2019.

Lompat tinggi adalah jumlah pesaing dalam atletik. Di Indonesia, lompat tinggi merupakan olahraga yang bernaung di bawah organisasi PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

Olahraga lompat tinggi adalah perlombaan untuk mencapai lompatan tertinggi saat melintasi palang dengan ketinggian tertentu. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam banyak event olahraga seperti olimpiade, lompat tinggi merupakan salah satu kategori yang termasuk dalam atletik.

Feb By Kupastuntas.co

Menurut World Athletics, olahraga lompat tinggi mulai populer pada abad ke-19 ketika kompetisi lompat tinggi diadakan di Skotlandia. Saat itu, lompatan tertinggi dicatatkan atlet dengan tinggi 1,68 meter dengan gaya gunting.

Seiring waktu, hingga akhir abad ke-20, gaya lompat tinggi dikembangkan dan diadaptasi oleh seorang Irlandia-Amerika Michael Swansea. Pada tahun 1895, Swansea berhasil melompat setinggi 1,97 meter dengan gaya cut-off timur, mirip dengan gaya gunting.

Selain itu, seorang atlet, George Horion, mengembangkan teknik lompat yang lebih efisien. Teknik ini dikenal dengan teknik western roll. Secara teknik, Horan mencapai lompatan 2,1 meter pada tahun 1912.

Sementara itu, kompetisi lompat tinggi sudah menjadi bagian dari atletik sejak dimasukkan dalam Olimpiade 1896. Situs web Greatest Sporting Nation melaporkan bahwa pelompat tinggi di abad ke-19 sering menggunakan teknik gunting.

Lompat Tinggi Dari Sejarah Hingga Teknik Dasar

Teknik ini dilakukan dengan cara mengangkat dan melempar satu kaki melewati mistar gawang, diikuti kaki lainnya.

Selain itu, gaya yang diperbolehkan dalam lompat tinggi antara lain gaya gunting, guling samping, guling langkah, dan jungkir balik. Namun, diperbolehkan menggunakan gaya baru sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan internasional.

Pada umumnya untuk mencapai lompatan yang tinggi, mereka harus memiliki kekuatan, dalam membalikkan kecepatan kaki, gerakan awal dengan posisi yang benar di atas mistar.

Teknik awal merupakan teknik dasar lompat bagi atlet dalam melakukan lompatan. Biasanya mereka melakukan ini dengan berlari ke depan. Awali dengan berlari dengan kecepatan yang masih lambat ke cepat, jangan secepat lari lompat jauh.

Backup Of Resume Pjok

Teknik push-off biasanya dilakukan dengan menggunakan kaki terkuat untuk mengangkat seluruh tubuh ke atas mistar. Fungsi kaki ini tidak hanya untuk berlari dengan kaki yang kuat, tetapi juga untuk bergerak dengan kaki lainnya. Tujuannya pasti untuk menghasilkan hasil lompat tinggi

Baca Juga  Salah Satu Cara Untuk Menjaga Kebersihan Alat Reproduksi Kecuali

Gerakan melayang pada gaya ini adalah memposisikan badan sedemikian rupa. Triknya, saat melompat atau repetisi, gunakan kaki terkuat. Saat badan melayang di udara di atas palang, usahakan posisi badan sesuai dengan gaya lompat tinggi yang digunakan.

Tahap terakhir dari lompat tinggi adalah pendaratan. Tujuan dari upaya ini adalah agar Anda dapat mendarat dengan sempurna di atas matras. Meski pendaratan ini bukan peran utama dalam penilaian. Namun, pendaratan yang tepat akan menghindari risiko cedera. Sederhananya, lompatan tertinggi menghasilkan hasil lompatan tertinggi.

Jadi ada banyak jenis gaya lompat tinggi, umumnya gaya lompat tinggi dibagi menjadi 4 jenis, yaitu gaya gunting, gaya guling samping, gaya straddle dan gaya flop. Setiap gaya memiliki tekniknya masing-masing, berikut penjelasannya.

Cara Untuk Melompat Lebih Tinggi Dalam Voli

Gaya ini merupakan gaya paling klasik dalam lompat tinggi. Gaya ini muncul saat kompetisi atletik mulai diadakan di Olimpiade Skotlandia pada abad ke-19.

Gaya side roll adalah gaya yang diawali dengan posisi badan di depan mistar, gaya ini sering disebut western roll, dilakukan dengan cara mengangkat badan ke posisi badan seolah-olah di udara. Ia terbang dan bertumpu pada punggungnya, diikuti dengan perputaran badan hingga akhirnya melewati palang.

Gaya ini diciptakan dan diperkenalkan oleh Charles Dumas dan hampir mirip dengan gaya side rolling, bahkan bisa dibilang gaya ini adalah versi sempurna dari gaya side rolling. Karena gaya ini tidak lagi menahan kepala di bawah pinggul.

Gaya flap pertama kali diperkenalkan pada tahun 1968 oleh Dick Ricardo Fosbury, seorang atlet Amerika yang memenangkan kejuaraan lompat tinggi di Olimpiade Meksiko. Sehingga gaya lompatan ini sering disebut dengan Fosbury flap. (OL-14)

Materi Pelajaran Pjok

Faktor komunikasi antara Bagus dan Fakhri juga mempengaruhi kemenangan mereka. Jangan lupa saling percaya…

April/Fadia sukses mengeksekusi strategi untuk melaju ke perempat final All-England

April mengaku senang dengan kemenangan di laga All England tersebut. Tidak hanya menang, mereka juga bisa membuat rencana dan strategi yang…

Rawat Sporting Lisbon, Arsenal Berpeluang Mainkan Gabriel Jesus Sebagai Starter 👤 Putra Ananda 🕔 Kamis 16 Maret 2023, 23:04 WIB

Minat Remaja Terhadap Olahraga Bola Voli Di Desa Sirnajaya

Arsenal berpeluang memainkan bomber mereka, yakni Gabriel Jesus, sebagai starter melawan Sporting Lisbon di leg kedua liga… Hal itu bercirikan pergerakan maju. Naik, terbang dan mendarat di udara sebanyak mungkin. Lompat jauh dimulai dengan memperlambat menggunakan satu kaki dan mengumpulkan kekuatan untuk mencapai sejauh mungkin saat mendarat.

Olahraga ini tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga menjadi kejuaraan kualifikasi kelas dunia, termasuk Olimpiade Dunia. Ketika saya di sekolah, itu pasti lebih awal

Untuk mereka

Analisis gerak lompat jauh, dasar lompat, gerak dasar lompat, gerak dasar bola basket, gerak dasar karate, gerak dasar yoga, gerak push up dilakukan untuk melatih kekuatan otot, gerak dasar basket, cara membentuk gerak dasar bonsai, gambar gerak dasar bonsai, gerak dasar taekwondo, gerak dasar silat