Contoh Silsilah Keluarga – Artikel ini tidak memiliki referensi atau sumber terpercaya, sehingga konten tidak dapat diverifikasi. Tolong bantu memperbaiki artikel ini dengan menambahkan referensi yang relevan. Pesan tanpa sumber dapat ditanyakan dan dihapus kapan saja. Sumber pencarian: “Silsilah” – berita · surat kabar · buku · akademisi · JSTOR

Silsilah adalah tabel yang menunjukkan hubungan keluarga (silsilah) dalam struktur pohon. Data silsilah dapat ditampilkan dalam berbagai format. Salah satu format yang paling sering digunakan untuk menampilkan silsilah adalah bagan dengan generasi tua di atas dan generasi muda di bawah. Bagan silsilah yang menunjukkan semua keturunan seseorang memiliki bagian tersempit di bagian atas.

Contoh Silsilah Keluarga

Bagan induk, yaitu pohon yang melambangkan garis keturunan seseorang, memiliki bentuk yang lebih mirip pohon, dengan bagian atas lebih lebar daripada bagian bawah. Beberapa silsilah ditampilkan dengan seseorang di sebelah kiri dan leluhur mereka di sebelah kanan.

Silsilah Ahli Waris

Geneagram adalah silsilah keluarga yang lebih rinci yang sering digunakan dalam penelitian silsilah di bidang air, kehutanan, dan pertanian.

Di semua peradaban dan etnis dunia, silsilah ini penting untuk menjaga kelangsungan keluarga mereka. Bangsa Arab, misalnya, menyebut istilah silsilah syajaratun, yang diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi “sejarah”. Silsilah adalah hal penting yang harus diketahui semua orang. Pengetahuan dasar ini penting untuk mengetahui garis keturunan kita yang merupakan para pendahulu kita. Manfaat yang dapat dirasakan terutama berkaitan dengan budaya dan agama. Misalnya, silsilah keluarga digunakan untuk menentukan wali perkawinan atau untuk menentukan marga suatu suku tertentu.

Baca Juga  Contoh Periodisasi

Laporan Penelitian UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Silsilah keluarga merupakan rekaman hubungan antara beberapa generasi dalam suatu keluarga yang direpresentasikan dalam struktur pohon. Format penyajian silsilah keluarga yang paling umum adalah penempatan generasi tua di atas dan generasi penerus di bawah.

Urutan istilah dalam silsilah keluarga ini berbeda-beda, biasanya tergantung adat budaya masing-masing daerah. Misalnya, dalam masyarakat Jawa, silsilah keluarga dapat dicantumkan hingga 18 tingkatan. Berbeda dengan orang Sunda yang memiliki tujuh tingkatan.

Reuni Keluarga: Silsilah Keluarga Besar Mbah Buyut Ali Murjo

Silsilah turun dan naik dari keluarga Jawa memiliki sebutan yang sama. Hanya urutan ke-1 dan ke-2 yang memiliki sebutan berbeda.

Jika keturunan 1 ke bawah disebut anak, urutan 1 ke atas disebut ayah/ibu. Jika orde 2 ke bawah disebut putu, orde 2 ke atas disebut simbah atau eyang.

Berikut silsilah lengkap masyarakat Jawa dari 18 generasi atas hingga 18 generasi bawah seperti dilansir dari penelitian UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Selain istilah di atas, masih ada sebutan untuk keluarga dekat. Misalnya pakde (kakak dari ayah/ibu), paklik/bulik (adik dari ayah/ibu), keponakan (keponakan/anak dari saudara laki-laki atau perempuan).

Family Tree (pohon Keluarga) & Family Members Dalam Bahasa Inggris

Silsilah di kalangan masyarakat Sunda memiliki tujuh tingkatan. Generasi di atas leluhur ke-7 disebut leluhur. Berikut urutan silsilah keluarga sunda dari 7 generasi teratas sampai 7 generasi terbawah seperti dikutip dari website Universitas Negeri Semarang.

Ada juga nama untuk keluarga dekat, misalnya mangga/paman/bibi (adik dari ayah/ibu), ua (kakak dari ayah/ibu), alo (keponakan/anak dari saudara laki-laki), suan (keponakan/anak dari saudara perempuan) ).

Berikut silsilah keluarga dengan beberapa generasi dan nama-nama kerabat dekat, seperti dikutip dari halaman pertama berbahasa Inggris.

Baca Juga  Ari Pupuh Mijil Diwangun Ku

Anda dapat membuat silsilah keluarga Anda sendiri dengan dua cara. Yang pertama adalah cara manual dengan menggambar sendiri. Keduanya menggunakan aplikasi online. Ini penjelasannya.

Mengenal Bangun Datar Dan Silsilah Keluarga (1)

Sedangkan cara online bisa dilakukan dengan cara masuk ke website untuk membuat silsilah keluarga. Prosesnya sangat sederhana. Model yang berbeda sudah ada, jadi Anda hanya perlu memasukkan nama di tempatnya.

Berikut adalah tiga contoh silsilah keluarga. Contoh 1 dan 2 mewakili keluarga inti turun satu generasi. Sedangkan contoh 3 lebih rumit dengan menjelaskan hingga empat generasi di atas.

Nah itulah tadi penjelasan tentang silsilah keluarga, apa yang penting diketahui tentang para pendahulu kita. Ini mudah dilakukan, yang dapat dilakukan secara manual atau online.

Contoh buku silsilah keluarga, contoh bagan silsilah keluarga, contoh silsilah keluarga besar, contoh membuat bagan silsilah keluarga, contoh diagram silsilah keluarga, contoh buat silsilah keluarga, silsilah keluarga, contoh membuat silsilah keluarga, contoh surat silsilah keluarga, contoh silsilah keluarga dari buyut, contoh gambar silsilah keluarga, contoh pohon silsilah keluarga