Cara Cek Jadwal Keberangkatan Haji Berdasarkan Nomor Porsi – Untuk para calon jemaah haji di Tanah Air saat ini cara melakukan cek keberangkatan haji sudah semakin mudah. Hal ini karena semakin canggihnya teknologi. Mengecek keberangkatan haji ini sangat membantu sekali untuk mengetahui kapan perkiraan berangkat sehingga sebelum tiba waktunya Anda bisa melakukan berbagai persiapan-persiapan.

Bagi Anda yang saat ini telah memiliki nomor porsi jamaah haji, tentu Anda sudah tidak sabar lagi ingin segera berangkat. Namun, karena keterbatasan kuota keberangkatan haji di Indonesia, jamaah di tanah air harus menunggu antrian yang cukup panjang. Semua calon jamaah harus menunggu hingga waktu yang telah ditentukan. Namun, di sisi lain Anda masih bisa mengetahui kapan perkiraan keberangkatan ibadah haji melalui sistem online.

cek jadwal keberangkatan haji

Apa Itu Nomor Porsi Keberangkatan Haji?

Sebelum memasuki pembahasan tentang cek keberangkatan haji melalui nomor porsi calon jemaah, alangkah lebih baiknya kita ulas terlebih dahulu apa itu nomor porsi. Ini bagian penting agar calon jamaah dapat melakukan pengecekan keberangkatannya sendiri dengan cara instan melalui internet.

Nomor porsi sendiri merupakan sebuah nomor yang terdiri dari 10 digit dan akan didapatkan dari setoran bank penyelenggara ibadah haji sesudah tabungan calon jemaah mencapai Rp25.000.000. Nomor ini memiliki fungsi sebagai nomor antrian tahun berapa calon jamaah yang bersangkutan akan melakukan keberangkatan ibadah haji.

Jadwal Waktu Keberangkatan Ibadah Haji

Nomor porsi biasanya disebut juga dengan nomor antrian keberangkatan haji. Dengan nomor inilah, semua calon jamaah dapat melakukan pengecekan estimasi waktu keberangkatan secara online.

Tentunya dengan mengetahui estimasi keberangkatan, persiapan calon jemaah bisa lebih matang. Selain itu calon jemaah juga tidak akan terlalu gelisah menunggu, karena ia sudah tahu bulan dan tahun kapan ia pasti berangkat.

Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android

Bingung melakukan cek keberangkatan haji? Simak berikut langkah-langkah dan hal apa saja yang perlu dilakukan pertama kali sebelum mengeceknya.

  1. Setelah Anda melunasi pembayaran sebesar Rp 25 juta ke bank, lihat dan ketahuilah 10 digit nomor porsi yang diberikan oleh pihak bank
  2. Jika Anda mendaftar di jamaah haji plus, untuk mendapatkan informasi nomor porsi bisa meminta bantuan kepada pihak penyedia layanan travel haji plus tersebut. Hal ini perlu Anda lakukan karena pengecekan nomor porsi harus menggunakan nomor yang legal dari Departemen Agama
  3. Tunggulah dengan sabar. Meskipun Anda menggunakan layanan haji plus karena proses keberangkatan untuk ibadah haji sendiri cukup panjang dengan antrian yang terbilang berdesakan. Antrian bahkan harus menunggu proses hingga tahunan
  4. Untuk Anda yang sudah mendapatkan 10 nomor digit porsi keberangkatan calon jamaah haji Indonesia, berarti sudah dianggap sebagai calon haji yang sah dan legal, dan telah resmi terdaftar di Departemen Agama
  5. Selanjutnya Anda hanya perlu mengeceknya melalui situs kemenag.go.id. Pada halaman website tersebut setiap calon jamaah haji dapat dengan mudah mengetahui kapan keberangkatannya. Caranya adalah cukup dengan memasukan 10 digit nomor porsi pada kolom pengecekan nomor porsi yang ada pada website tersebut.

Dimana sobat sangat mudah buka cara cek keberangkatan jamaah haji berdasarkan nomor haji lewat hp android? Nah, langkah diatas memang banyak sekali yang melakukannya dna terutama mereka para jamaah haji baik tahun 2020, 2021, 2022, 2023, 2024, 2025 dan seterusnya. Tapi untuk kalian para jamaah haji juga bisa mengetahui waktu keberangkatan dengan menggunakan aplikasi android, simak dengan lengkap dibawah ini.

Aplikasi Cek Porsi Haji

Ada beberapa aplikasi android yang bisa dijadikan untuk mengetahui keberangkatan haji anda, dan semua aplikasi yang telah kami rilis dibawah dipastikan sangat akurat, sehingga anda bisa melihat waktu keberangkatan, alamat, nama lengkap dna lainnya.

1. Aplikasi Cek Porsi Haji

Sesuai dengan namanya aplikasi ini digunakan untuk memudahkan para jamaah haji dalam mengakses informasi porsi haji dari tahun keberangkatan yang sudah ditetapkan oleh kementrian Agama Republik Indonesia. Sedangkan untuk anda yang ingin mencobanya silahkan download pada link dibawah ini.

Cek Porsi Haji

Download

2. Aplikasi Cek Keberangkatan Haji

Dengan menggunakan aplikasi ini anda dapat mengetahui waktu pemberangkatan haji, karena dengan memasukan nomor porsi yang terdiri dari 10 digit tersebut ke aplikasi Cek Keberangkatan Haji, maka anda akan melihat tabel berupa informasi pemberangkatan. Nah, untuk itu bagi pengguna android silahkan download aplikasinya pada link dibawah ini.

Cek Keberangkatan Haji

Download

3. Aplikasi Cek Porsi Haji Indonesia

Aplikasi yang ketiga juga sudah banyak yang menggunakannya untuk mengetahui kapan waktu pemberangkatan jamaah haji Indonesia, dan aplikasi ini juga mempunyai fitur yang sangat lengkap, untuk itu bagi yang ingin mencobanya langsung saja download pada tautan dibawah ini.

Cek Porsi Haji Indonesia

Download

Baca juga :

Akhir Kata

Itulah cara cek keberangkatan haji melalui sistem online yang mudah dan instan. Cukup dengan mengakses situs kemenag.go.id dan memasukan nomornya pada kolom yang telah disediakan, Anda sudah dapat melihat jadwal keberangkatannya langsung. Jadi sekarang tidak perlu was-was lagi. Anda tinggal persiapkan berbagai hal, baik untuk keberangkatan maupun hal-hal yang perlu bagi keluarga yang ditinggal. cekgratis.com