Call Center PLN (Persero) Alamat, No.Telp, dan Tarif

Call Center PLN Persero 24 Jam

Call Center PLN – Perusahaan Listrik Negara (PLN) adalah salah satu perusahaan yang sudah tidak asing lagi namanya. Perusahaan ini telah melayani seluruh rakyat Indonesia dari zaman dulu hingga saat ini. Layanan call center PLN persero pun mudah dihubungi untuk menanyakan layanan, pusat pengaduan permasalahan dan lainnya.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, terkadang masyarakat di tanah air mengalami beberapa kendala. Misalnya mati lampu akibat gangguan cuaca, tagihan listrik yang tiba-tiba saja membengkak dan berbagai permasalahan kelistrikan lainnya. Untuk bisa menyelesaikan berbagai permasalahan tersebut, dibutuhkan sebuah layanan seperti call center PLN persero yang bisa dihubungi oleh masyarakat.

Baca juga : Call Center Go Car

call center pln

Maka dari itu, penting sekali untuk menyimpan nomor layanan call center PLN di phone book Anda. Hal ini untuk mempermudah dalam melakukan pengaduan atau menanyakan berbagai pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan layanan.

Tapi, sebelum itu kami akan memaparkan secara sekilas perjalanan PLN di Indonesia dari zaman sebelum kemerdekaan Indonesia hingga saat ini.

Sejarah PLN di Indonesia

Perjalanan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dimulai pada abad ke-19 pada masa penjajahan Belanda. Saat itu, di negara kita sudah mulai didirikan pembangkit listrik untuk memenuhi kebutuhan perusahaan-perusahaan milik Belanda pada saat itu.

Pada tahun 1942-1945, terjadi pergantian kekuasaan dari Belanda ke Jepang. Oleh karenanya, beberapa perusahaan Belanda kepemilikannya mulai beralih kepada Jepang.

Selanjutnya, proses pergantian kepemilikan kembali terjadi pada masa-masa akhir Perang Dunia ke-2, saat Jepang menyerah kepada Sekutu tahun 1945. Momentum tersebut dijadikan sebagai kesempatan oleh para pemuda-pemuda di tanah air. Mereka semula bekerja pada perusahaan Listrik dan Gas yang dikelola penjajah. Mereka pun mengambil alih perusahaan yang kemudian akan diserahkan kepada pemerintah Indonesia.

Dari sanalah mulai terbentuk Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Perusahaan Gas Negara (PGN) yang hingga saat ini kita kenal. Lalu secara resmi PLN pun didirkan pada tanggal 1 Januari tahun 1965.

Baca juga : Nomor Call Center Citilink Jakarta

Layanan yang Dimiliki oleh PLN Saat Ini

Untuk layanan, saat ini PLN telah menawarkan dua tipe produk yang bisa digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat, yaitu:

  1. Layanan Pascabayar
  2. Layanan Prabayar/Token

Layanan Pascabayar dari PLN adalah sistem pembayaran bulanan yang sudah ada sejak pertama kali perusahaan tersebut beroperasi.

Layanan ini memungkinkan seluruh masyarakat untuk mendapatkan layanan efisien karena tidak perlu melakukan pembelian token atau pulsa listrik ketika sudah habis. Tapi, layanan ini memiliki kekurangan, yaitu adanya tagihan minimum meskipun listrik tidak digunakan.

Berbeda dengan layanan prabayar (token). Layanan ini mengharuskan setiap pemilik rumah untuk melakukan pembelian token atau yang dikenal juga dengan pulsa listrik.

Jadi, pada saat pulsa habis maka pemilik rumah tidak dapat menggunakan listrik. Tapi, kelebihannya adalah tidak memiliki tagihan minimum. Selain itu jumlah pemakaian listrik pun bisa diatur oleh pengguna. Hal ini membuat konsumen bisa lebih hemat, serta tidak ada penyimpangan oleh oknum tertentu.

Baca juga : Call Center Bukalapak

Nomor Call Center PLN Bebas Pulsa

Apakah Anda membutuhkan bantuan, ingin menyampaikan saran, keluhan, atau berbagai macam hal terkait dengan PLN? Kini Anda bisa menghubungi layanan call center PLN persero berikut:

  1. Call center PLN–123
  2. Handphone- (kode area) 123

Alamat Kantor Pusat PLN

PT PLN (Persero)
Jl. Trunojoyo Blok M-I No. 135
Jakarta 12160
Telp: 021 – 7251234, 021- 7261122
Fax: 021 – 7221330
Email: [email protected]
Twitter: @pln_123
Facebook: PLN 123

Perlu Anda ketahui juga, bahwa layanan call center PLN persero ini aktif 24 jam/7 hari dalam seminggu untuk melayani setiap pelanggannya. Dengan demikian semua pelanggan akan memperoleh solusi dari permasalahan yang setiap saat bisa datang.

Call Center PLN (Persero) Alamat, No.Telp, dan Tarif | cekgratis.com | 4.5