Berdasarkan Teks Diatas Suku Terbesar Yang Ada Di Indonesia Adalah – C Soal HOTS mengungkap dari mana nenek moyang bangsa Indonesia berasal.

C. Soal HOTS untuk mengungkap asal usul nenek moyang bangsa Indonesia. Ada yang berpendapat bahwa asal muasal nenek moyang bangsa Indonesia terletak di pulau-pulau Indonesia sendiri, dan ada juga yang berpendapat bahwa mereka berasal dari Yunnan, Tiongkok bagian selatan (teori Yunnan), kepulauan Formosa atau Taiwan. berasal dari (teori Out-of-Taiwan) dan ada juga yang meyakini bahwa mereka berasal dari Afrika (teori Out-of-Africa). Menurut para ahli dan pendukungnya, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah tersebut. Cobalah berbicara dengan temanmu dan jawablah pertanyaan berikut! 1. Menurut Anda nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari mana? 2. Mengapa menurut Anda demikian? Benarkan jawaban Anda!

Berdasarkan Teks Diatas Suku Terbesar Yang Ada Di Indonesia Adalah

#### Solusi dalam langkah-langkah *** Langkah 1: Identifikasi teori-teori utama *** Identifikasi teori-teori utama tentang dari mana nenek moyang orang Indonesia berasal: – Teori Yunnan (Yunnan, Cina bagian selatan) – Luar Taiwan – Teori (Formosa atau Taiwan) – Teori Out-of-Afrika (Afrika) *** Langkah 2: Evaluasi Bukti *** Evaluasi bukti yang mendukung masing-masing teori: – **Teori Yunnan* *: Studi Genetik yang menunjukkan kesamaan antara orang Indonesia dan populasi Yunnan. – **Dari Teori Taiwan**: Bukti linguistik dan genetik yang menghubungkan bahasa dan populasi Austronesia. – **Teori Di Luar Afrika**: Bukti genetik yang mendukung nenek moyang yang sama dengan populasi Afrika. *** Langkah 3: Bentuklah Hipotesis *** Bentuklah hipotesis tentang asal usul yang paling masuk akal berdasarkan bukti-bukti: – Misalnya, jika bukti genetik dan linguistik sangat mendukung hubungan dengan Austronesia, maka ini mungkin tidak masuk akal. -Teori Taiwan paling masuk akal. *** Langkah 4: Membenarkan Hipotesis *** Membenarkan hipotesis yang dipilih dengan bukti spesifik: – Untuk teori Out-of-Taiwan, sebutkan adanya hubungan genetik dan linguistik yang kuat antara populasi Austronesia di Taiwan dan Indonesia. #### Jawaban Akhir 1. **Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia** : Dari Teori Taiwan. 2. **Mengapa**: Karena bukti genetik dan linguistik yang kuat menghubungkan populasi Austronesia di Taiwan dengan populasi Indonesia. #### Ringkasan Konsep utama di sini adalah penilaian terhadap berbagai teori tentang asal usul leluhur masyarakat Indonesia. Penting untuk memahami latar belakang sejarah dan genetik suatu populasi, yang mengungkapkan pengetahuan budaya, bahasa dan antropologi. Menggunakan pengetahuan ini dapat membantu melacak pola migrasi dan pertukaran budaya di berbagai wilayah.

Baca Juga  Sebutkan Dua Syarat Wajib Salat Jumat

Suku Suku Yang Mendiami Pulau Pulau Di Indonesia, Materi Kelas 5 Sd

📢 Tingkatkan pembelajaran Anda 10x lebih cepat dengan ekstensi browser kami! Integrasikan dengan mudah dengan LMS apa pun seperti Canvas, Blackboard, Moodle, dan Pearson. Instal sekarang dan ubah pengalaman menjelajah Anda!

Dilihat dari angkanya, dalam data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Sensus (SP) tahun 2010 di Indonesia terdapat lebih dari 300 suku bangsa atau suku bangsa, lebih tepatnya Indonesia mempunyai 1.340 suku bangsa di Tanah Air.

Suku Jawa sendiri dianggap sebagai suku dominan di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) sensus tahun 2010, jumlah penduduk suku Jawa di Indonesia mencapai 95.217.022 jiwa. Jumlah tersebut mewakili 40,22 persen penduduk Indonesia.

Suku Sundan merupakan suku terbesar kedua di Indonesia dengan jumlah penduduk 36.701.670 jiwa atau 15 persen dari total penduduk Indonesia. Peringkat ketiga suku dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia selanjutnya berasal dari Sumatera Utara yaitu suku Batak. Jumlah penduduk suku Batak mencapai 8.466.969 jiwa atau 3,58 persen dari total penduduk menurut data SP 2010 BPS.

Wisata Edukasi Subak Teba Majalangu

Suku dengan jumlah penduduk terbesar keempat di Indonesia adalah suku Sulawesi dengan jumlah 7.634.262 jiwa atau 3,22 persen dari total penduduk. Lima teratas mencakup suku Madura dengan jumlah penduduk 7.179.356 jiwa atau 3,03 persen dari total penduduk Indonesia.

Suku Betawi merupakan suku terpadat keenam di Indonesia dengan jumlah 6.807.968 jiwa atau 2,88 persen dari total penduduk Indonesia. Selain itu, Suku Minangkabau Sumatera Barat merupakan suku dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia dengan jumlah 6.462.713 jiwa atau 2,73 persen dari total penduduk Indonesia.

Baca Juga  Titik 3 4 Dilalui Persamaan Garis Brainly

Suku Bugis merupakan suku terpadat kedelapan di Indonesia dengan jumlah 6.359.700 jiwa atau 2,69 persen dari total penduduk Indonesia. Suku Malaysia merupakan suku terbesar kesembilan di Indonesia. Jumlahnya mencapai 5.365.399 orang atau setara 2,27 persen.

Terakhir, sepuluh besar mencakup suku asal Sumatera Selatan yang berjumlah 5.199.581 jiwa atau 2,16 persen dari total penduduk Indonesia. Untuk data lebih lanjut, lihat infografis di atas.

Suku Bangsa Di Sulawesi Selatan Beserta Sebarannya Di 24 Kabupaten Kota