Perdagangan Di Kerajaan Sriwijaya Mengalami Kemajuan Yang Pesat Terutama Karena – 1. Dapat menguasai Selat Malaka 2. Dapat menguasai Selat Bangka 3. Menjaga keamanan laut di bawah penguasaannya 4. Perencanaan pembangunan yang matang 5. Tertib lingkungan 6. Memiliki angkatan laut yang modern 7. Menguasai perdagangan barang dagangan

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia dan memiliki sejarah panjang mulai dari zaman prasejarah hingga sejarah. Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu dari beberapa kerajaan terdahulu yang berdiri pada abad ke-7.

Perdagangan Di Kerajaan Sriwijaya Mengalami Kemajuan Yang Pesat Terutama Karena

Pada masa berkembangnya kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha, hubungan dagang antar kerajaan atau penguasa selalu terjalin. Kegiatan atau hubungan bisnis ini berkembang pesat pada masa Kerajaan Sriwijaya.

Berita Jalur Perdagangan Terbaru Hari Ini

Kerajaan Sriwijaya akhirnya menjadi masa kemajuan komersial yang pesat. Hubungan kerjasama tersebut tidak hanya bertumpu pada kepentingan ekonomi saja, namun juga kepentingan politik, keamanan, agama dan lainnya, sehingga hubungan kerjasama yang mendalam akan menguntungkan kedua belah pihak.

Ternyata perdagangan di Kerajaan Sriwijaya berkembang pesat terutama karena apa? Di bawah ini akan kami uraikan beberapa fitur pendukungnya!

Menurut Kibib Sholeh dalam Jurnal Sriwijaya Pelayaran Pedagang dan Hubungan dengan Negara Asing pada abad 7 hingga 9 M, perdagangan Kerajaan Sriwijaya mengalami kemajuan pesat, terutama karena kemampuannya menguasai Selat Malaka.

Selat Malaka sendiri merupakan jalur pelayaran yang digunakan untuk pelayaran internasional sejak abad ke-2 Masehi.

Baca Juga  Opo Tegese Tetanen Cara Modern

Berikut Alasan Kebesaran Kerajaan Sriwijaya Dipengaruhi Faktor Geografis Sebagai Pendukung Utama

Saat itu, Selat Malaka merupakan jalur perdagangan yang strategis. Sriwijaya yang dikenal sebagai Penguasa Laut atau Kerajaan Maritim menguasai Selat Malaka sebagai wilayah kekuasaannya. Ambisi mereka berhasil setelah Sriwijaya terlebih dahulu menaklukkan wilayah strategis di sekitar Palembang.

Selain menguasai Selat Malaka, kerajaan maritim ini juga menguasai Selat Bangka. Selat Bangka juga merupakan jalur perdagangan pelayaran yang strategis.

Selat Bangka terletak di sebelah timur kota palembang atau ujung pulau semenanjung malaya, riau-lingga, dan pulau bangka.

Pentingnya kawasan ini karena letak Selat Bangka yang secara geografis berhadapan langsung dengan pertemuan Sungai Musi dan laut, memberikan indikasi pada masa Kerajaan Sriwijaya bahwa Selat Bangka bisa menjadi pintu gerbang utama bagi dunia. pedagang yang ingin berkunjung atau berdagang. Di pusat Kerajaan Sriwijaya, Palembang.

Kerajaan Sriwijaya Dan Melayu

Faktor lain yang mendukung kemajuan komersial Kerajaan Sriwijaya adalah menjaga keamanan laut yang dikuasainya. Kerajaan Sriwijaya mengirimkan tentaranya dan bekerja sama dengan bajak laut untuk menjaga keamanan laut yang dikuasainya agar proses perdagangan dapat berjalan tanpa banyak hambatan.

Selain itu, perdagangan Kerajaan Sriwijaya mengalami kemajuan pesat, terutama karena perencanaan pembangunannya yang matang. Hal ini terlihat pada Pelabuhan Sriwijaya yang tampak dibangun dengan perencanaan matang berdasarkan warisan budayanya.

Kerajaan Sriwijaya mempunyai kedudukan yang strategis karena Selat Bangka sebagai salah satu wilayah yang dikuasainya merupakan bagian dari pusat pemerintahan Palembang, Sungai Musi yang menjadi pintu gerbang perdagangan. Alhasil, jalur pelayaran ini banyak melahirkan pedagang dalam dan luar negeri serta menjadikan Kerajaan Sriwijaya sejahtera secara ekonomi.

Kerajaan Sriwijaya berhasil membangun angkatan laut yang mencakup para pelaut nomaden. Angkatan laut ini lebih kuat dibandingkan kapal-kapal negara tetangga saat itu. Pada abad ke-7 M, angkatan laut mereka mendominasi jalur perdagangan maritim melalui Asia Tenggara.

Baca Juga  Pabp Adalah

Pdf) Relasi Ekonomi Pedagang Hindu Di Bandar Dagang Sriwijaya

TNI AL juga menciptakan pelayaran yang aman bagi para pedagang yang singgah di pelabuhan Sriwijaya. Hal ini membuat Sriwijaya berhasil menjalin hubungan komunikasi antar negara serta menjamin kedamaian dan kenyamanan bagi seluruh pelaku usaha.

Terakhir, perdagangan Kerajaan Sriwijaya mengalami kemajuan pesat, terutama karena kemampuannya dalam mengendalikan perdagangan barang. Pada saat itu penguasaan atas perdagangan komoditas menjadi salah satu hal yang paling diinginkan dan diproduksi sendiri dari tangan para pedagang.

Hal inilah yang menjadi alasan atau banyak faktor yang membuat perdagangan di Kerajaan Sriwijaya mengalami kemajuan pesat, mulai dari keberhasilan menguasai dua hal: letak yang strategis, perencanaan pembangunan yang menyeluruh, kepemilikan kapal yang modern, dan pengelolaan perdagangan barang yang baik.

Perkembangan pendidikan pada masa jepang mengalami kemajuan karena, raja yang terkenal di kerajaan sriwijaya, raja kerajaan sriwijaya yang terkenal, kehidupan politik di kerajaan sriwijaya, jalur perdagangan kerajaan sriwijaya, prasasti yang ada di kerajaan sriwijaya, apa yang menyebabkan kerajaan sriwijaya mengalami kemunduran, kerajaan sriwijaya disebut sebagai kerajaan maritim karena, faktor kemajuan kerajaan sriwijaya, mengapa kerajaan sriwijaya mengalami kemunduran, kerajaan sriwijaya terletak di, kemajuan kerajaan sriwijaya