Berikut Yang Bukan Termasuk Makna Integrasi Menurut Myron Weiner Adalah – Pemberontakan di banyak daerah telah menggunakan senjata dan manifestasi lainnya dalam bentuk perselisihan politik tidak bersenjata yang sering disebut sebagai konflik kekerasan dan non-kekerasan sebagai manifestasi politik atau isu integrasi politik.

Meski digunakan hampir di mana-mana, istilah integrasi politik sebenarnya tidak sepopuler istilah persatuan nasional. Istilah integrasi politik tidak populer dalam kajian ilmu politik. Tidak ada konsensus dalam ilmu politik tentang arti integrasi politik. Sebagaimana pendapat para ahli berikut ini: Dua sarjana Barat, James J. Coleman dan Carl G. Rosberg memandang integrasi politik sebagai bagian dari integrasi nasional. Dalam pandangan mereka: Integrasi nasional mempunyai dua dimensi, yaitu: vertikal (elite-mass) dan horizontal (regional).

Berikut Yang Bukan Termasuk Makna Integrasi Menurut Myron Weiner Adalah

4 Menurut mereka: Integrasi nasional vertikal adalah suatu proses politik terpadu dan bertujuan untuk mengurangi perbedaan yang mungkin ada antara elit dan massa dalam konteks pembangunan masyarakat politik partisipatif. Jadi secara horizontal, integrasi nasional bertujuan untuk mengurangi diskontinuitas dan ketegangan budaya daerah dalam proses menciptakan komunitas politik yang homogen.

Nurul Annisa_3ad4_urgensi Integrasi Nasional Sebagai Salah Satu Parameter Persatuan Dan Kesatuan Bangsa

Rupert Emerson dan K.H. Silvert memahami integrasi nasional dengan cara yang sama seperti integrasi regional Coleman dan Rosberg.

6 Sedangkan Myron Wiener mendefinisikan integrasi dengan melihat permasalahan pada definisi integrasi. Dari penelitian tersebut Wiener memaparkan beberapa definisi integrasi seperti integrasi nilai dan integrasi perilaku. Bagi Wiener, persoalan integrasi nasional adalah persoalan regional dan bukan hanya persoalan perbedaan elite-massa. Sebab menurutnya konflik di masyarakat dan sistem politik tidak terdefinisi. Maka Wiener secara implisit mengungkapkan bahwa semua permasalahan tersebut masuk dalam kategori integrasi politik.

7 Sebaliknya, Claude Eck dengan tegas menolak konsep integrasi nasional. Bagi Ake, integrasi nasional bersifat tautologis. Menurutnya, kata bangsa yang merupakan akar kata kebangsaan mempunyai arti sekelompok orang yang sangat kompak dan tidak ada konsensus di antara para ahli mengenai kebangsaan.

Baca Juga  Bagaimanakah Cara Mengetahui Hubungan Kekerabatan Antara Dua Organisme Berbeda

8 Menurut Nasruddin Sjamsuddin, istilah integrasi politik lebih tepat dibandingkan dengan istilah integrasi nasional. Menurutnya: Pertama, integrasi politik tidak hanya menyangkut perbedaan elite-massa, sebagaimana halnya integrasi regional tidak hanya berkaitan dengan permasalahan kedaerahan. Kedua, jika faktor massa elit dan kewilayahan menjadi faktor penyebab permasalahan penyelesaian, maka diperlukan konsep integrasi politik dan integrasi kewilayahan seperti yang digunakan Coleman dan Rosberg.

Bab Iii Integrasi Hasil

9 Selain itu menurut Sjamsuddin, integrasi dianggap sebagai suatu proses yang mempengaruhi dan menentukan berbagai aspek kehidupan manusia. Lebih lanjut ditegaskannya, integrasi politik berarti proses integrasi dengan kekuatan politik, oleh karena itu proses ini bersifat politis. Integrasi politik juga dapat melibatkan bidang vertikal maupun bidang horizontal dengan tujuan untuk mengurangi kesenjangan regional. Dkl, integrasi ini tidak mengenal batas.

10 Integrasi politik vertikal lebih menekankan pada penghapusan perbedaan antara kelompok yang berpengaruh dan kelompok yang terkena dampak, sedangkan integrasi politik horizontal lebih menekankan pada bidang penyatuan.

1. Bagaimana tunduk dan menaati tuntutan negara. Masalah pertama adalah pengakuan masyarakat terhadap hak-hak negara dan ketaatan masyarakat terhadapnya. Jadi persoalannya dalam hal ini adalah hubungan antara masyarakat dan pemerintah.

12 2. Bagaimana mendorong konsensus normatif (kesepakatan publik) yang mengatur perilaku politik anggota masyarakat. Masalah kedua menyangkut pengembangan konsensus di antara warga negara mengenai perilaku politik yang diperlukan agar sistem politik berfungsi dengan baik.

Ppkn Online Exercise For X

13 Menurut Wiener, ada dua strategi yang dapat digunakan pemerintah untuk mengatasi kedua permasalahan tersebut. 1. Ia menyebut asimilasi sebagai transformasi budaya etnis dominan menjadi budaya nasional di suatu negara.

14 Menurut AK, kelancaran proses pengembangan loyalitas nasional berkaitan dengan budaya politik. Menurutnya, kematangan budaya politik suatu negara merupakan prasyarat penting bagi tingginya tingkat integrasi.

15 Lebih lanjut, Almond dan Verba berpendapat bahwa kematangan suatu budaya sangat bergantung pada keselarasan antara struktur politik dan budaya. Sistem politik yang tepat digambarkan oleh mereka sebagai suatu struktur di mana pengetahuan politik sesuai dalam masyarakat dan konsekuensi serta penilaiannya menguntungkan. Artinya, selain persepsi dan penilaian yang baik mengenai sistem politik dan asal-usulnya, masyarakat juga harus memiliki pengetahuan yang akurat tentang sistem politiknya.

Baca Juga  Pada Lompat Kangkang Saat Melewati Kuda-kuda Posisi Kedua Kaki

Masalah integrasi politik di Indonesia dimulai pada awal kemerdekaan. Pemberontakan pada tahun-tahun awal kemerdekaan antara lain pemberontakan Darul Islam di Jawa Barat pada tahun 1947, Darul Islam di Sulawesi Selatan pada tahun 1950, dan pemberontakan Darul Islam di Aceh pada pemberontakan berikutnya di Papua tidak lama setelah Belanda mengembalikan Papua ke Indonesia. Disebut OPM (Organisasi Papua). Peristiwa Malaria 1976, Kasus Tanjong Priok 1984, dan Peristiwa Aksi 1998.

Agus Widjojo: Bangsa Indonesia Dibangun Atas Dasar Kesepakatan, Bukan Hubungan Mayoritas Minoritas

[17] Kebangkitan PRRI di Sumatera Barat mengakibatkan adanya gerakan perlawanan dari para elit jenderal atau tentara yang tidak puas dengan pemerintah pusat.

18 Sejak awal kemerdekaan, Indonesia menghadapi permasalahan integrasi vertikal dan horizontal. Dengan kata lain, akar persoalan integrasi politik di Indonesia erat kaitannya dengan persoalan kedaerahan, perbedaan elite-massa, dan terakhir persoalan ideologi. Indonesia bukanlah negara yang terintegrasi secara ketat (Sjamsuddin: 1989) dan dalam banyak kasus, permasalahan integrasi politik tidak separah yang dihadapi banyak negara di Asia dan Afrika.

19 Indonesia terdiri dari beberapa ribu pulau, sebuah kompleks geografis yang dilengkapi dengan keragaman etnis, dengan lebih dari 300 kelompok etnis di luar Papua saja. Dari segi agama, Indonesia memang negara yang terpecah belah. Meskipun Islam adalah agama mayoritas, warisan keberagaman agama meresap di negara ini. Beberapa permasalahan integrasi politik nasional: 1. Masalah diferensiasi etnis. Permasalahan tersebut muncul dari masyarakat yang majemuk dengan suku bangsa yang berbeda-beda, baik asli maupun asing.

20 Persoalan persatuan yang tinggi adalah kesetiaan yang asli tidak akan hilang meskipun sudah tergabung dalam bangsa Indonesia yang baru. Oleh karena itu, permasalahan integrasi suku-suku yang berbeda menjadi permasalahan sentral dalam integrasi politik Indonesia. Selain masalah etnis asli, Indonesia juga menghadapi masalah integrasi warga negara asing. Karena mereka yang tergolong warga asing masih memiliki ikatan genetik dengan tanah airnya, maka mereka berusaha untuk membudidayakan budaya tanah airnya di Indonesia.

Integrasi: Pengertian, Jenis, Dan Faktor Terbentuknya

Ini merupakan permasalahan baru bagi Indonesia. Dalam kaitannya dengan potensi mereka untuk memberontak demi memperjuangkan wilayah mereka sendiri, masyarakat kelahiran asing dan Peranagan menciptakan jarak yang jelas dari kelompok masyarakat adat. Hal ini merupakan permasalahan yang sangat kompleks bagi kelancaran berfungsinya integrasi nasional secara keseluruhan.

Baca Juga  Aspek Fisik Sebuah Karya Seni Rupa Dapat Dilihat Dari

22 2. Permasalahan teritorial Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dimana 2/3 wilayah daratannya merupakan perairan teritorial. Indonesia juga merupakan arus lalu lintas antara dua benua dan dua samudera. Situasi ini akan semakin memperkuat rasa persatuan beberapa kelompok etnis.

23 3. Isu ideologi Dalam integrasi politik ini terdapat perbedaan pandangan mengenai pola perilaku dunia dan cara mencapai tujuan. Dengan kata lain, masalah integrasi politik terutama bersumber dari perbedaan ideologi. Perbedaan ideologi tersebut disebabkan oleh perbedaan falsafah hidup yang mempunyai pengaruh besar terhadap proses sosialisasi, maupun terhadap pembentukan penalarannya. Faktor dominan yang menciptakan situasi perpecahan ideologi ini adalah persoalan agama. Karena agama dianggap sebagai nilai yang esensial, kontrol sosial terhadap komunitas beragama bisa menjadi sangat sensitif dan seringkali tajam.

Permasalahan politik di Indonesia juga mempengaruhi tercapainya integrasi politik. Charles Louis Tyler dan Michael C. Hudson mencatat beberapa indikator konflik politik Indonesia, seperti demonstrasi, kerusuhan, serangan bersenjata, peningkatan angka kematian akibat kekerasan politik, dan peralihan kekuasaan eksekutif yang tidak teratur.

Makalah Integrasi Nasional

25 Selain itu, ada partai politik yang terikat oleh kepentingan daerah dan kepentingan publisitas yang secara implisit terikat oleh kelompok elite dan suku tertentu.

26 Prof. R. William Liddle dalam bukunya “Ethnicity, Party, and National Integration: An Indonesian Case Study” menyatakan bahwa integrasi politik Indonesia mempunyai dua dimensi: 1. Dimensi horizontal dimaksudkan untuk mewakili perbedaan, agama, aliran, dan lain-lain. dimensi vertikal harus mewakili kesenjangan antara kelompok elit nasional dan massa. Hal terakhir ini mengakibatkan sangat sedikitnya partisipasi politik massa

28 Referensi Bachtiar, Harsya W. Permasalahan Integrasi Nasional di Indonesia. Jakarta: Prisma LP3ES, no. 8 Agustus 1976 Nasruddin Sjamsuddin, Integrasi Politik di Indonesia, (PT Gramedia: Jakarta, 1989)

Untuk mengoperasikan situs web ini, kami mengumpulkan dan membagikan data pengguna dengan aplikasi. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menerima kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami.

Pengertian Integrasi Nasional, Pahami Konsep, Syarat, Dan Faktor Pendorongnya

Berikut ini yang bukan termasuk kegunaan infaq adalah, berikut yang bukan termasuk jenis iklan elektronik adalah, berikut yang bukan termasuk komponen bargainser adalah, perangkat berikut ini yang bukan termasuk perangkat jaringan adalah, berikut yang bukan termasuk rasul ulul azmi adalah, berikut yang bukan termasuk perangkat keras hardware adalah, berikut yang bukan termasuk 8 golongan penerima zakat adalah, berikut ini yang bukan termasuk orang berhak menerima zakat adalah, berikut yang bukan termasuk dalam strategi desain proses produksi adalah, berikut ini yang bukan termasuk kebutuhan primer adalah, berikut ini yang bukan termasuk infaq sunnah adalah infaq, berikut yang bukan termasuk teknologi informasi dan komunikasi modern adalah