Apa Manfaat Yang Dapat Dipetik Dari Ikrar Sumpah Pemuda – Ada 5 aspek yang menarik untuk dikaji Pemikiran Integralis Bhinnek Tunggal Ik dalam prakteknya Integrasi masyarakat menjadi dasar integrasi nasional Relevansi integrasi masyarakat Interaksi sosial dalam masyarakat majemuk

Di negara berkembang seperti Indonesia, dengan latar belakang budaya, suku, etnis, dan agama yang beragam, integrasi nasional merupakan persoalan politik yang sangat kompleks. Besarnya potensi disintegrasi di Indonesia memerlukan pemahaman yang mendalam tentang pentingnya integrasi nasional dari seluruh komponen bangsa. Pemahaman ini diperlukan agar setiap elemen bangsa merasakan perlunya integrasi nasional. Soekarno Soepomo mengemukakan konsep negara integral. Konsep negara integralis, yang kemudian disepakati sebagai negara kesatuan. Gagasan ini didasarkan pada gagasan bahwa negara ideal adalah kesatuan.

Apa Manfaat Yang Dapat Dipetik Dari Ikrar Sumpah Pemuda

3 Bentuk negara kesatuan mungkin sesuai dengan ideologi negara agama dan termasuk bentuk negara federal. Menurut Logemann, gagasan negara kesatuan pada hakekatnya adalah negara organik. Soepomo memberi nama negara organik ini integralis. Makna organik dapat dijelaskan dengan mempertimbangkan negara sebagai organ integral dari tubuh. Jika organ digabungkan menjadi satu kesatuan, organ fungsional juga baik. Kesamaan organisme yang terkait dengan konsep negara berarti bahwa negara harus kuat dan utuh secara keseluruhan. Unsur-unsur negara tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Karena kalau dipecah-pecah, apalagi dibagi-bagi, maka hancurlah keseluruhannya. Konsep integralis diperlukan atas dasar pertimbangan sebagai berikut: Konsep integralis diperlukan untuk mengusir penjajah dari tanah Indonesia karena potensi rakyat harus dihimpun untuk membangun bersama.

Media Indonesia 08 01 2018 08012018022533 By Oppah

Konsep Bhinneka Tunggal Ika memang berbeda-beda, tetapi satu, sebenarnya inilah dasar utama keharmonisan sosial masyarakat Indonesia. Beragama tapi bersatu, negara Indonesia mengakui dan memajukan keberagaman dalam bangsa dan dalam negara dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Struktur ini sudah ada sebelum bangsa Indonesia mengambil Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

5 Kebhinekaan ini harus dimaknai sebagai kebutuhan untuk mengembangkan dan melestarikan tanpa merusak pelindung persatuan dan kesatuan yang diciptakan oleh para pemuda dan pelopor kemerdekaan. Perbedaan tidak boleh dijadikan sebagai potensi pembentukan dan pengembangan budaya bangsa yang konstruktif, sehat dan dinamis. Dari Sabang sampai Merauke, budaya daerah sangat beragam, tidak hanya berbeda, bahkan ada yang saling bertentangan, budayanya sangat beragam, sehingga para pemimpin bangsa selalu berbeda untuk duduk bersama dalam struktur politik dan negara. mendamaikan pemikiran yang berbeda, aliran etnis dan agama. Demikian pula, pembuatan kebijakan harus mempertimbangkan keragaman yang ada di masyarakat.

Baca Juga  Pada Tahap Select Your Location Posisi Indonesia Memiliki Kode

Pada masa orde baru, penerapan cakrawala budaya nusantara dalam televisi Republik Indonesia disosialisasikan kepada seluruh elemen bangsa. Pemerintah Indonesia telah membangun taman mini Indonesia yang indah. Imbalan yang paling nyata dalam menciptakan dan memelihara budaya dan potensi setiap daerah yang sangat beragam adalah pemberian otonomi yang luas dan bertanggung jawab kepada setiap daerah otonom di Indonesia. Otonomi yang seluas-luasnya berarti setiap daerah otonom diberi kebebasan dan keleluasaan untuk menggali dan mengembangkan potensi daerah dan kebudayaannya sesuai dengan kondisi, potensi, aspirasi dan kepentingan masyarakat setempat dalam kerangka kesatuan. negara.

Masyarakat terbentuk dari interaksi sosial. Kebutuhan material dan spiritual seseorang dapat dipenuhi melalui interaksi sosial. Hubungan sosial yang negatif ditentukan oleh kehadiran pihak yang dirugikan dalam hubungan sosial dan pihak yang merasa dirugikan oleh pihak yang berhubungan dengannya. Hubungan sosial yang negatif menimbulkan konflik dalam masyarakat. Kita tidak boleh membiarkan meluasnya kontradiksi dalam masyarakat, karena hal ini dapat merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Surakarta: Oktober 2018

Salah satu cara untuk mengatasi konflik adalah dengan berkompromi. Kompromi adalah kemampuan pihak yang bertikai untuk mengurangi tuntutannya dan menyesuaikan tuntutan pihak lawan sehingga tercapai kesepakatan bersama antara pihak yang bertikai.

Masyarakat homogen, tradisional dan pedesaan. Kolaborasi dan gotong royong Pekerjaan relatif sama, diversifikasi usaha kurang dan spesialisasi kurang. Banyak waktu luang. Sistem hukum terutama hukum pidana. Kohesi sosial dalam masyarakat organik dibedakan dengan 3 ciri: Spesialisasi tenaga kerja Masyarakatnya homogen, dinamis dan maju (kota) Sistem hukumnya banyak menggunakan hukum perdata (hukum para pihak).

Integrasi masyarakat ditandai dengan hubungan sosial yang menguntungkan. Kolaborasi antar pemangku kepentingan menciptakan sinergi yang menguntungkan pemangku kepentingan. Jika integrasi masyarakat tercipta, otomatis integrasi nasional terjadi. James J. Coleman dan Carl J. Rosberg melihat integrasi politik sebagai bagian dari integrasi nasional. Menurut mereka, integrasi nasional memiliki dua bentuk: vertikal (elitis-massa) dan horizontal (teritorial). Menurut dua ahli, istilah “integrasi politik” bersifat vertikal. Integrasi politik bertujuan untuk menjembatani kesenjangan yang mungkin ada antara elit dan massa untuk mengembangkan proses politik yang terintegrasi dan masyarakat politik yang partisipatif.

11 Integrasi teritorial bertujuan untuk mengurangi kesinambungan dan ketegangan budaya regional dalam proses penciptaan masyarakat politik yang homogen. Menurut Weiner, masalah integrasi nasional tidak hanya mencakup persoalan teritorial dan perbedaan pendapat di kalangan elite massa, tetapi juga lebih luas. Luasnya masalah yang dicakup oleh konsep integrasi tidak terbatas. Masalah dapat tumbuh dalam sebuah rantai: memecahkan masalah bahkan dapat menyebabkan masalah integrasi. Weiner secara implisit memasukkan kategori bentuk atau jenis integrasi, yaitu integrasi politik. Jadi integrasi nasional setara dengan Coleman dan Rosberg. Claude Aquet dengan tegas menolak istilah “nasional” dan lebih memilih istilah “integrasi politik”.

Baca Juga  Contoh Dari Pengakuan Hak Adalah

Harian Nasional By Harian Nasional

12 Menurut Ake, istilah ‘bangsa’ yang merupakan akar kata ‘bangsa’ biasanya mengacu pada kelompok bangsa yang sangat erat. Karl Deutsch menekankan aspek komunikasi sosial. Jadi, suatu bangsa terbentuk bila memiliki satu bahasa, dan terjalin komunikasi sosial antar anggotanya. Sulit membayangkan suatu daerah bisa disebut bangsa tanpa bahasa. Hans Cohen lebih fokus pada sudut kemauan. Hal inilah yang melahirkan teori kontrak sosial dalam perkembangan pembangunan negara. Kontrak sosial timbul dari kesadaran akan persetujuan anggota masyarakat untuk membentuk negara.

Hayes menekankan dasar budaya. Menurutnya, kesamaan budaya memperkuat suatu masyarakat untuk membentuk suatu bangsa. Karena suatu bangsa adalah masyarakat manusia yang tunggal. Meski ada sisi elitis dan massa dalam masalah integrasi politik. Namun dalam kondisi konflik, hubungan antara pusat dan daerah dapat menimbulkan fragmentasi. Dalam konteks kebangsaan, sulit membedakan antara elit dan massa. Karena pusat tidak bisa disebut elit, dan massa tidak bisa disebut daerah. Karena yang disebut massa dalam konteks kebangsaan bisa jadi adalah elit di daerahnya. Menurut Nazariddin Syamsuddin, integrasi politik adalah proses integrasi yang mengandung bobot politik, oleh karena itu proses ini bersifat politis. Integrasi politik dapat mencakup ranah vertikal, yaitu integrasi antara elit dan massa, atau bisa juga horizontal, yaitu bertujuan untuk menghilangkan perbedaan teritorial.

Bagaimana menundukkan dan menundukkan orang pada persyaratan negara. Ini menyangkut hubungan antara pemerintah dan yang dikuasai. Apa konsensus normatif yang mengatur perilaku politik masyarakat. Ini lebih merupakan bimbingan antara rekan senegaranya. Ini tentang perilaku politik yang diperlukan agar sistem politik berfungsi dengan baik. Ada dua strategi untuk mengatasi kedua masalah tersebut: Bhinneka Tunggal Ika (Bhinneka Tunggal Ika). Seperti yang ditunjukkan Weiner, asimilasi adalah transformasi budaya etnis dominan suatu negara menjadi budaya nasional. Dalam hal ini, identitas minoritas tersubordinasi pada budaya etnis yang dominan. Strategi Bhinneka Tunggal Ika adalah membangun loyalitas kebangsaan tanpa merusak budaya kelompok minoritas.

Baca Juga  Apa Yang Dimaksud Dengan

Interaksi sosial mutlak terjadi dalam masyarakat. Tanpa komunikasi, tidak ada masyarakat. Interaksi sosial merupakan hal yang wajar, bahkan menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan setiap orang. Interaksi sosial merupakan bagian integral dari kehidupan bermasyarakat. Kelangsungan hidup dalam masyarakat sangat ditentukan oleh dukungan sosial dari masyarakat sekitar. Dukungan diperoleh melalui interaksi sosial dengan orang lain. Interaksi sosial dimulai dari keluarga, lingkungan sosial hingga masyarakat yang kompleks dan beragam. Melalui interaksi sosial, kebutuhan seseorang dapat dipenuhi oleh orang lain. Pemuasan kebutuhan manusia dapat dicapai melalui kerjasama dan pertukaran informasi, barang dan jasa.

La Usda Sleman 1 2021 Worksheet

Pertukaran langsung. Pertukaran bunga untuk barang dan jasa tidak langsung. Semakin maju suatu masyarakat, semakin kompleks dan beragam interaksi sosial yang terjadi. Kompleksitas masyarakat sangat beragam. Di satu sisi, kompleksitas dapat mendorong terjadinya interaksi sosial yang saling menguntungkan dan menciptakan keharmonisan sosial dalam masyarakat. Di sisi lain, hal itu dapat menimbulkan konflik kepentingan di masyarakat. Dalam masyarakat majemuk, konflik kepentingan mudah muncul karena banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh setiap orang dalam masyarakat. Langkah-langkah yang diterapkan tidak hanya berbeda, tetapi juga kontradiktif dalam banyak hal.

Memahami perbedaan Toleransi terhadap perbedaan Menghormati anggota masyarakat lainnya. Evaluasi interaksi sosial juga harus ditransfer ke penggunaan ruang publik. Ruang publik adalah tempat yang bisa kita bagikan dengan orang lain di sekitar kita. Saat menggunakan ruang publik, setiap orang wajib menghargai dan menghormati orang-orang di sekitarnya. Setiap orang bebas melakukan apa yang diinginkannya, selama apa yang dilakukannya tidak melanggar kebebasan orang lain. Saat menggunakan tempat umum, setiap orang harus menahan diri untuk tidak menunda kesenangan atau keinginan pribadi mereka jika orang lain dapat terganggu oleh kesenangan atau keinginan subjektif mereka. Kemampuan seseorang untuk tidak mengikuti kesenangan atau keinginan pribadi atau subyektif karena menghormati orang lain yang menggunakan ruang publik.

18 Kehidupan demokrasi dalam masyarakat majemuk pada hakekatnya adalah mewujudkan saling pengertian antar manusia, toleransi terhadap perbedaan dan saling menghargai antar sesama. Ketika setiap orang memahami, bertoleransi dan menghormati orang lain dalam hubungan sosial, maka kehidupan sosial dalam masyarakat majemuk akan berjalan dengan harmonis. Integrasi nasional adalah penyatuan berbagai bagian masyarakat menjadi satu kesatuan yang utuh.

Makna ikrar sumpah pemuda, apa makna dari sumpah pemuda, apa tujuan sumpah pemuda, apa itu sumpah pemuda, siapakah yang menyusun ikrar sumpah pemuda, teks ikrar sumpah pemuda, bagaimana bunyi ikrar sumpah pemuda, ikrar sumpah pemuda, tuliskan ikrar sumpah pemuda, bunyi ikrar sumpah pemuda, sebutkan bunyi ikrar sumpah pemuda, apa manfaat yang dapat dipetik dalam mempelajari sejarah