Kondisi Geografis Vietnam – Negara ini merdeka pada tanggal 2 September 1945 dengan luas wilayah 331.210 km2 yang terdiri dari daratan 310.070 km2 dan perairan 21.140 km2. Di wilayah ini jumlah penduduknya mencapai 96.462.106 juta jiwa (sensus 2019).

Dari situs resmi Kementerian Luar Negeri, Vietnam memiliki 54 suku bangsa di wilayahnya.

Kondisi Geografis Vietnam

Suku Kinh merupakan suku mayoritas yang mencakup 86% penduduk Vietnam dan tinggal di dataran rendah dan delta sungai, sedangkan 53 suku lainnya tersebar di dataran tinggi.

Kondisi Geografis Dan Kehidupan Sosial Budaya Negara Asia Tenggara Tugas Arva

Kelompok etnis berikut di Vietnam: Chut, Kinh Itau Viet (mayoritas), Muong, Tho. Po Yi, Ke, Lao, Lu, Nung, San Sai, Dai, Thai, Ba Na, Prao, Prao-Wan Qi, So Ro, Ko, Ko Ho, Ko Tu, Ji Dring, Kelinci, Kang, Khmer, Ko Mu , Ma, Mang, Manong, O Du, Ro Mum, Ta Oi, Sin Pio, Cham, Chu Roo, Ide, Jia Rai, Ragiai, Hoa, Ngai, San Dieu, Kong, Ha Nhi, Lo Lo, Phu La dan Si La.

Vietnam adalah negara agraris di Asia Tenggara, tersebar berbentuk S di sepanjang pantai timur Semenanjung Indochina.

Posisi Vietnam yang berbatasan dengan Tiongkok, Laos, dan Kamboja sangat mempengaruhi kebijakan luar negerinya, termasuk pendekatannya yang mengarah ke barat untuk mendominasi negara-negara tetangganya, dan keamanan Vietnam selalu terikat pada ketiga negara tersebut.

Dataran tinggi utara Vietnam dapat dibagi menjadi dua wilayah berbeda, yaitu wilayah utara Sungai Hang dan pegunungan di selatan Sungai Hang hingga negara tetangga Laos.

Negara Vietnam: O O O O

Sungai Hong membentuk lembah yang dalam dan relatif lebar yang membentang lurus dari barat laut ke tenggara dari perbatasan Tiongkok hingga tepi delta.

Sedangkan pesisir timur laut Vietnam memiliki ratusan pulau yang sebagian besar terbuat dari batu kapur. Pegunungan Swan berada di pantai Vietnam tengah. Beberapa puncak mencapai ketinggian 1.800 meter.

Di sebelah selatan terdapat dataran yang jauh lebih luas yaitu Delta Sungai Mekong. Sungai Mekong berasal dari Dataran Tinggi Tibet.

Baca Juga  Usaha Yang Dapat Dilakukan Untuk Mencegah Terjadinya Pemanasan Global Adalah

Kondisi tanah yang subur Sebagian besar penduduk Vietnam bekerja keras di bidang pertanian. Jagung, kentang, teh, dan tembakau merupakan makanan pokok negara ini.Di peta dunia, Vietnam terletak di benua Asia atau Asia Tenggara dengan ibu kota Hanoi. Luas wilayah Vietnam sekitar 331.210,00 km2 dimana 6,38% (21.140,00 km2) berupa perairan dan 310.070,00 km2 berupa daratan.

Potensi Sumber Daya Alam Negara Negara Asean

Gambar peta Vietnam lengkap di bawah ini dalam resolusi kecil, silakan klik gambar tersebut untuk melihat peta Vietnam lebih jelas. Untuk informasi rinci tentang peta lain berdasarkan benua dan negara, lihat Peta dunia.

Vietnam Kota-kota penting di Vietnam mencakup banyak kota penting dan besar seperti Bac Lieu, Ca Mau, Cam Pha, Cam Ranh, Can Tho, Da Lat, Da Nang, Bien Hoa, Binh, Buon My Thaut, Hai Phong, Hai Phong, Hanoi , Ho. Kota Chi Minh, Hong Gai, Dong Hoi, Kia Dinh, Ha Dinh, Nam Dinh, Nha Trang, Ninh Binh, Hue, Long Juen, My Tho, Choc Trang, Vinh, Thai Nguyen, Thanh Ho, Phan Rong, Qui Nong, Rach Gia, Thuy Hoa dan Vung Tau.

Lokasi strategis di Vietnam antara lain Pegunungan Annam Cordillera, Sungai Koh Chien, Kwa Tsang Be Hop, Da (Sungai Hitam), Bendungan Ngoc Ngoc, Gunung Phan Si Ban, Teluk Thailand, Teluk Tonkin, Sungai Hao Giang, Ho Lac Tien, Sungai Hang (Merah), Laut Cina Selatan, Tien Giang (Sungai Mekong), Vung Cam Ranh, Vung Rach Gia, Vung Van Phong, Vung Da Nang dan Vung Chuan Tai.

Permasalahan Lingkungan Hidup di Vietnam Vietnam mempunyai banyak permasalahan lingkungan seperti penggundulan hutan dan degradasi lahan yang disebabkan oleh penggundulan hutan dan pembukaan lahan pertanian. Permasalahan air, termasuk penangkapan ikan yang berlebihan, mengancam kehidupan laut Vietnam. Selain itu, pencemaran air tanah dan pencemaran air mengurangi pasokan air minum.

Vaksinasi Covid 19 Dengan Undian Hadiah Sapi Di Thailand

Sumber Daya Alam Vietnam Vietnam memiliki banyak sumber daya bahan bakar, beberapa di antaranya adalah batu bara, cadangan minyak dan gas lepas pantai, dan pembangkit listrik tenaga air. Negara ini memiliki berbagai sumber daya alam seperti fosfat, kromit, mangan, dan bauksit dalam bentuk mineral.

Ikuti kami untuk mendapatkan tip dan informasi terbaik tentang geologi, pertambangan, geologi, dan ilmu bumi lainnya. Halo apa kabar mu hari ini? Pernahkah Anda mendengar atau membaca tentang ASEAN? Penasaran dengan situasi negara-negara di ASEAN? Mari kita membaca esai geografi kelas 8 di bawah ini dan mempelajarinya lebih lanjut!

Baca Juga  Tahap Pertama Sebelum Berolahraga Di Dalam Air Adalah Berlatih

Tahukah Anda bahwa ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand? ASEAN adalah organisasi yang terdiri dari negara-negara Asia Tenggara. ASEAN didirikan oleh lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand.

Baguslah, negara kita termasuk negara yang mapan. Setelah berdirinya lima negara bergabung, antara lain Laos, Myanmar, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Vietnam.

Pengaruh Kondisi Geografis Terhadap Potensi Ekonomi Negara Anggota Asean

Sebagian besar negara ASEAN mempunyai luas laut sebesar 5.060.100 km² dan luas daratan ± 4.817.000 km². Berdasarkan letak astronomisnya, kawasan ASEAN terletak pada 28º LU – 11º LS dan 93º BT – 141º BT, sehingga sebagian besar negara di ASEAN terletak dekat dengan garis khatulistiwa dan beriklim tropis.

Sedangkan jika dilihat dari letak geografisnya, ASEAN terletak di antara dua samudera yaitu Hindia dan Pasifik, serta dua benua yaitu Asia dan Australia. Nah tahukah kamu kalau negara-negara di ASEAN punya pola geografis yang unik, yuk kita bahas!

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan terletak di garis khatulistiwa. Indonesia mempunyai pola relief yang beragam dan dilintasi oleh dua pusaran, yaitu pusaran Pasifik dan Mediterania. Selain itu, Indonesia dikelilingi oleh tiga lempeng besar dunia yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik. Hal ini membuat Indonesia lebih rentan mengalami letusan gunung berapi, gempa bumi, dan tsunami.

Malaysia memiliki dua wilayah utama, Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Wilayah Malaysia Barat dikelilingi oleh formasi pegunungan. Sedangkan Malaysia Timur umumnya sempit dan berawa, dengan sungai yang sempit dan berombak. Malaysia terletak di Lempeng Eurasia, namun tidak berada di batas lempeng, sehingga terlindung dari bencana geologi.

Dampak Positif Dan Negatif Dari Kondisi Geografis Indonesia, Materi Ips

Tahukah Anda bahwa DKI Singapura mencakup sekitar 664 km2 Provinsi Jakarta? Singapura berbatasan dengan Malaysia di utara, Selat Singapura di selatan, serta Laut Timur dan Barat Indonesia. Bentang alam Singapura pada umumnya relatif datar. Namun di beberapa tempat Anda bisa menemukan pegunungan, hutan hujan tropis, dan rawa-rawa di sekitar pantai. Wilayah ini terlindungi dari bencana geologi karena tidak berada pada batas lempeng.

Filipina adalah negara kepulauan. Luzon dan Mindanao adalah dua pulau terbesar di sana. Filipina juga memiliki banyak gunung berapi aktif. Negara ini dikelilingi oleh Lingkar Pasifik dan terletak di antara Lempeng Eurasia dan Lempeng Filipina. Oleh karena itu, gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi kemungkinan besar akan terjadi di Filipina.

Baca Juga  Pelampiasan Artinya

Topografi Thailand terdiri dari bentang alam dengan sungai di tengah, dataran tinggi di timur laut, hutan, perbukitan dan pegunungan di utara, serta banyak pegunungan di selatan. Pusat aktivitas di negara ini biasanya berada di dataran rendah sepanjang Sungai São Freya. Thailand terletak di Lempeng Eurasia namun dekat dengan Samudera Hindia sehingga rentan terhadap tsunami dan gempa bumi.

Laos terletak di lempeng Eurasia. Di sebelah barat berbatasan dengan Thailand dan Myanmar, di sebelah utara berbatasan dengan Tiongkok dan Vietnam, di sebelah timur berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja bagian selatan. Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memasuki wilayahnya melalui laut, sehingga dijuluki “negara yang terkurung daratan”. Sebagian besar wilayah Laos bergunung-gunung dan wilayah lainnya tinggi.

Poverty Alleviation In Vietnam

Myanmar dibentuk oleh dua barisan pegunungan di barat dan patahan dorong di timur. Keduanya berjejer dari utara hingga selatan. Pegunungan bagian barat meliputi Perbukitan Letha yang berhutan lebat, Perbukitan Chin, dan Perbukitan Arakan Yoma. Myanmar terletak di Lempeng Eurasia dan berbatasan langsung dengan Lempeng Hindia. Hal ini membuat negara ini rentan terhadap gempa bumi dan tsunami di Samudera Hindia.

Laos terletak di Lempeng Eurasia. Berbatasan dengan Laos di utara, Vietnam di timur dan selatan, serta Thailand di barat dan utara. Wilayah Kamboja berbentuk seperti piring. Di bagian tengahnya terdapat dataran luas yang lebat, sedangkan tepinya dibentuk oleh rangkaian perbukitan. Negara ini terletak di Daerah Aliran Sungai Mekong (DAS). Sejauh ini, Sungai Mekong merupakan sungai terpenting di negara ini.

Brunei terdiri dari dua wilayah berbeda, Barat dan Timur. Wilayah barat merupakan dataran rendah dan berawa, sedangkan wilayah timur merupakan pegunungan. Di sebelah selatan, barat, dan timur negara ini dibatasi oleh Malaysia Timur yaitu Sarawak, dan di sebelah utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

Secara geografis, Vietnam terdiri dari lima wilayah: Dataran Tinggi Utara, Delta Sungai Merah, Pegunungan Annamite yang menghubungkan Vietnam Utara dan Vietnam Selatan, garis pantai sempit antara Pegunungan Annamite dan Laut Cina Selatan, dan Delta Sungai Mekong. Vietnam Selatan.

Negara Vietnam: Ibu Kota, Letak Geografis, Dan Kondisi Alamnya

Bagaimana, konyol jika tidak mengetahui letak astronomis dan letak geografis negara-negara di ASEAN. Kedengarannya hal itu sedang terjadi, bukan? Hehehe… Nah, kalau kamu ingin tahu lebih jauh tentang keadaan geografis negara-negara ASEAN, kamu bisa belajar melalui aplikasi Ruangbelajar. Video dan variasi soalnya banyak banget kualitasnya lho. Ayo unduh sekarang!

Mukhminan, Andang Mulyani, M. Nurzaban dkk

Kondisi geografis jawa, kondisi geografis laos, kondisi geografis inggris, kondisi geografis jakarta, kondisi geografis jawa barat, kondisi geografis belanda, kondisi geografis thailand, kondisi geografis mesir, arti kondisi geografis, kondisi geografis china, geografis vietnam, kondisi geografis